close

7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas

7 Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas | Persoalan baterai yang sangat lambat terisi bisa di alami semua merk ponsel tanpa terkecuali terutama pada hp xiaomi. Lambatnya pengisian baterai akan membuat pengguna pusing dan tentunya akan mengalami kerepotan karena ponsel sulit di gunakan dan baterai menjadi gampang habis.


Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas, Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas


Banyak hal yang mungkin bisa menjadi penyebab lambatnya proses pengisian baterai pada ponsel. Mulai dari komponen yang bermasalah, software yang error dan baterai yang mulai rusak dan lain sebagainya. 

Bagi kamu yang sedang mengalami hp xiaomi lambat ngecas kamu bisa mencari tahu yang mana sih penyebab dari hal tersebut  dan bagaimana cara mengatasinya. Kamu dapat mengetahuinya dengan menyimak penjelasannya berikut ini.

 

Penyebab & Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas

Beberapa penyebab dari lambatnya proses charging pada ponsel antara lain :


1. Kualitas Alat Charging

Ada harga ada kualitas, begitulah kata sebuah pepatah. Semakin murah harga sebuah alat charging maka semakin buruk kualitasnya dan sebaliknya. Itulah alasan mengapa alat charging yang mendekati kualitas original di jual di kisaran harga 100 ribuan ke atas, sementara kualitas KW di jual dengan harga kisaran 15-30 ribuan.

Namun bukan berarti semua alat charging dengan harga di atas kisaran 100 ribuan memiliki kualitas bagus karena bisa jadi penjual tidak jujur. Untuk menghindari penipuan maka sebaiknya kamu memilih toko dengan penjual yang reputasinya terpercaya di kota kamu.

Jika ponsel kamu lambat ngecas maka cobalah untuk mengganti alat charging ponsel kamu.


2. Alat Charging Tidak Cocok

Cobalah periksa alat charging yang support dengan ponsel kamu dengan browsing di internet. Karena banyak kasus lambatnya pengisian baterai saat ngecas akibat dari alat charging yang tidak cocok dengan ponsel pengguna.

Contohnya baterai ponsel kamu mendukung charging dengan output 5V 3A sementara kamu menggunakan alat charging dengan output 5V 1A. Tentu saja hal ini akan membuat pengisian baterai di ponsel kamu menjadi lambat.

Cara mengatasinya cukup dengan mengganti dengan alat charging yang sesuai .


3. Kualitas Kabel Charger

Mungkin terdengar sepele namun kabel charger juga mempengaruhi seberapa cepat pengisian baterai. Pernah dahulu ketika saya membeli kabel charger dengan harga murah meriah namun saat di pakai, pengisian baterai pada ponsel sangat lambat padahal sebelum di ganti pengisian baterai terbilang normal.

Ternyata setelah saya cek, kabel charging tersebut tidak support fast charging dan tidak support Fitur USB Transfer data. Alhasil terpaksa saya mengganti kembali kabel charging dengan kabel baru.

Jika kamu mengalami hal serupa maka tiada salahnya mencoba mengganti kembali kabel dengan kabel baru yang support fast charging dan support Fitur USB Transfer data.


4. Kalibrasi Baterai Ponsel 

Fungsi kalibrasi baterai yaitu mengoptimalkan kembali pembacaan prosentase baterai yang ada di sistem ponsel dengan baterai sendiri. Jika kalibrasi baterai tidak sesuai maka akan menyebabkan seolah baterai lambat ngecas. 

Untuk mengatasi hal ini kamu dapat kalibrasi manual tanpa memakai aplikasi yaitu :

  • Habiskan baterai ponsel hingga layar mati.

  • Lalu cas ponsel sampai penuh dalam keadaan ponsel mati

  • Nyalakan ponsel dan pakai atau biarkan baterai kembali habis dan mati dengan sendirinya

  • Ulangi kembali pengisian batera dalam keadaan ponsel mati

  • Lakukan 3 sampai 5 kali berturut-turut

Selain cara di atas kamu dapat menggunakan aplikasi pengkalibrasi baterai seperti aplikasi Power Battery app, Easy Battery Callibration dan lainnya yang bisa kamu download di playstore


5. Baterai Rusak 

Untuk jenis baterai ponsel type tanam. Seringkali lambatnya pengisian baterai akibat mulai rusaknya baterai atau turunnya kualitas baterai.

Untuk mengatasi hal ini cukup bawa ponsel ke teknisi terdekat untuk melakukan penggantian baterai.

 

6. Sistem Mengalami Error Atau Terkena Virus

Sistem ponsel yang mengalami kerusakan error atau terkena virus terkadang menyebabkan baterai lambat terisi dan penggunaan baterai boros.

Untuk mengatasi hal ini cukup pilih reset pengaturan pabrik atau instal ulang ponsel. Perlu di ingat sebelum melakukan reset pabrik sebaiknya backup data penting yang ada di ponsel agar tidak hilang.


7. Kerusakan Pada Komponen Ponsel

Kerusakan pada ic charging, kapasitor rusak, kapasitor short atau ic power mulai rusak biasanya merupakan pemicu utama dari permasalahan pengisian baterai yang lambat. Biasanya jenis kerusakan ini di tandai dengan mudahnya ponsel panas dan cepatnya baterai habis padahal tidak di gunakan bermain game atau menjalankan aplikasi berat lainnya.

Tidak ada cara lain mengatasi hal ini selain membawanya ke teknisi ahli untuk segera mendapatkan perbaikan.

Itulah Penjelasan beberapa 7 Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas. Semoga artikel ini bermanfaat.


Tags : Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas, Seputar Handphone, Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Lambat Ngecas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url