close

Penyakit Disleksia - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Penyakit Disleksia - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya | Apa sih arti disleksia itu ? Disleksia adalah merupakan suatu penyakit yang menyebabkan penderita kesulitan dalam mempelajari sesuatu. Hal ini biasanya di tandai dengan sulit membaca, menulis dan mengeja.

 

Penyakit Disleksia - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

 

Disleksia bisa di golongkan sebagi gangguan pada saraf di bagian otak yang bertugas dalam pemprosesan bahasa akibatnya penderita akan kesulitan dalam mengindentifikasikan kata yang diucapkan & mengubahnya ke bentuk tulisan.

Gangguan disleksia bisa dialami oleh anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun.  Sampai saat ini disleksia belum di ketahui penyebab utamanya namun para ahli menduga bahwa gangguan ini dikarenakan kelainan genetik yang berpengaruh terhadap kerja otak dalam berbahasa & menulis,

Namun walaupun penderita mengalami kesulitan belajar akibat gangguan ini tetapi gangguan ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap kecerdasan penderitanya.


Penyebab Disleksia

Kondisi kelainan ini di duga berhubungan dengan kelainan genetik  yang berpengaruh terhadap kerja otak dalam berbahasa & menulis. Berikut Sejumlah faktor pemicu kelainan genetik tersebut :

  • Anggota keluarga yang memiliki riwayat disleksia contohnya ayah, ibu atau kakek dan nenek.

  • Pada saat dalam kandungan bayi terpapar alkohol, nikotin, napza, atau adanya infeksi pada masa kehamilan.

  • Bayi terlahir prematur atau  memiliki berat badan rendah saat di lahirkan.


Gejala Disleksia

Gejala pada disleksia di bagi atas 2 berdasarkan waktu munculnya, yaitu :

1. Gejala Disleksia Saat Anak-Anak

  • Lambat dalam belajar terutama belajar berbahasa seperti menyebutkan nama-nama, bunyi huruf abjad & mengucapkan kata yang sulit.

  • Kesulitan dalam berinteraksi seperti menjawab pertanyaan.

  • Kesulitan untuk bicara di bandingkan dengan anak yang sama usianya

  • Sering salah menulis, contoh : saat disurug menulis bar ia menulis par. Hal ini karena ia salah dalam membedakan bunyi hurup B dengan P.


2. Disleksia Pada Orang Dewasa & Remaja

Pada kasus orang dewasa & remaja, disleksia kerap kali membuat si penderita sulit dalam membaca, menulis. Akibatnya mereka cenderung menghindar atas aktivitas yang erat hubungannya dengan kegiatan membaca & menulis.


Penanganan Disleksia

Disleksia mungkin adalah penyakit yang tidak bisa di sembuhkan namun kemampuan penderita dapat di tingkatkan jika mendapatkan penanganan sejak dini. Metode yang terbukti efektif yakni menggunakan metode fonik dalam meningkatkan kemampuan identiikasi & pemprosesan suara.

 

Komplikasi Disleksia

Beberapa gangguan yang bisa terjadi akibat disleksia yaitu :

  • Sulit berinteraksi

  • Sulit belajar

  • Gangguan Emosi

  • Menutup diri

  • Sulit mendapat pekerjaan


Pencegahan Disleksia

Sampai saat ini belum ditemukan cara mencegah kelainan ini. Namun penderita disleksia di haruskan mengikuti konseling pranikah sebelum merencanakan kehamilan agar seberapa besar risiko anak mengidap kelainan ini bisa di ketahui. 

 

Kapan harus ke dokter

Di saat anak mengalami hambatan perkembangan atau kesulitan di saat membaca & menulis. Di saat anak mengalami tanda gejala  disleksia seperti yang telah di jelaskan di atas maka ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter yang terdekat. Karena apabila hal ini di biarkan terjadi maka saat ia dewasa kesulitannya dalam membaca & menulis akan terus berlanjut.

Walaupun disleksia merupakan penyakit yang tidak bisa di sembuhkan namun deteksi & penanganan sejak awal mungkin bisa membantu meningkatkan kemampun si penderita. 

Demikan artikel Penyakit Disleksia - Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url