close

Cara Memakai Sumpit Yang Benar Ala Korea

Cara Memakai Sumpit Yang Benar Ala Korea | Jika tidak terbiasa memegang sumpit dengan cara yang benar, memahaminya bisa jadi rumit. Namun jikalau ingin menikmati makanan Korea atau Jepang sepenuhnya, memegang sumpit adalah hal pertama yang harus kamu kuasai!


Cara Memakai Sumpit Yang Benar, Cara Memakai Sumpit Ala Korea

 

Di artikel kali ini Riz akan mencoba memperkenalkan bagaimana sih cara memakai sumpit yang benar untuk memakan makanan ala korea atau jepang dengan mudah dan benar. Cara ini cocok bagi kamu yang masih pemula atau awam dalam memegang sumpit. Namun sebelum masuk ke tutorialnya ada baiknya kita sedikit membahas mengenai sumpit untuk menambah wawasan.


Apa Sih Sumpit Itu ?

Di Jepang, makan dengan memakai sumpit disebut 'hashi' dalam bahasa Jepang. Hampir semua makanan di makan memakai sepasang sumpit. Sumpit tak hanya digunakan saat makan nasi & lauk, tetapi juga mie, seperti soba dan udon.

Hal ini juga sama dengan di korea & China. Sumpit di gunakan sebagai alat makan utama namun yang membedakan hanyalah sumpit korea terbuat dari logam sementara sumpit china terbuat dari bambu. Tapi akhir akhir ini sumpit bambu di gantikan dengan melamin karena mudah di bersihkan & bisa di gunakan berulang kali.


Etika Sumpit di Jepang

Jangan letakkan sumpit di tepi mangkuk, ini dikenal sebagai "watashi-bashi." Tidak boleh menggunakan sumpit untuk menarik piring ke arah kamu, yang disebut “yose-bashi”.

Di Jepang memberikan makanan dari sumpit ke sumpit & membiarkannya tersangkut di semangkuk nasi adalah hal buruk, karena kedua tindakan ini terkait dengan kebiasaan pemakaman


Etika Sumpit di Korea

Di Korea ada beberapa etika yang mesti di perhatikan yaitu pastikan orang tertua di meja makan mengangkat sumpit serta sendok dahulu, kemudian barulah diikuti yang lain.

Memakan semua nasi yang di sajikan, memakan nasi sampai habis merupakan bentuk hormat terhadap mereka yang memberikan sajian tersebut. Dan saat memakan tidak boleh sambil memegang mangkuk.


Cara Memegang Sumpit dan Memindahkannya

Begini cara memegang sumpit yang benar serta simpel ala korea atau jepang :



1. Letakkan salah satu sumpit antara jari telunjuk & ibu jari, seimbangkanlah di jari manis seperti yang biasa dilakukan saat menulis dengan pena.

2. Letakkan sumpit satunya lagi di pangkal antara ibu jari dan jari telunjuk, sehingga menyentuh sisi jari manis.

3. Gunakan ibu jari, telunjuk & jari tengah untuk menggenggam sumpit kedua dengan erat.

4. Jari telunjuk & jari tengah untuk gerakan pengangkatan.

5. Gunakan jari telunjuk & tengah untuk menutup sumpit di atas makanan.

 

Beberapa Poin Penting Saat Memegang Sumpit :

  1. Pegang sumpit sekitar sepertiganya.

  2. Sumpit harus ditopang oleh jari manis dan jari kelingking.

  3. Posisi sumpit harus pas. 

     

Trik Memakai Sumpit

Saat menggerakkan sumpit, hal yang perlu diperhatikan adalah sumpit bagian atas yang harus bergerak, sedangkan bagian bawah harus tetap diam.


Demikian artikel Cara Memakai Sumpit Yang Benar. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url