close

10 Cara Agar Jualan Online Agar Jualan Laris Untuk Pemula

10 Cara Agar Jualan Online Agar Jualan Laris Untuk Pemula | Di zaman sekarang semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan online shopping. Semuanya tersedia lengkap, mulai dari pakaian, perhiasan, makanan dan bahkan perabotan rumah.

Dengan adanya online shoppping maka tersedia juga peluang bagi kita untuk berjualan secara online. Namun berjualan online bukanlah hal yang mudah di karenakan banyaknya pesaing.

 

10 Cara Agar Jualan Online Agar Jualan Laris Untuk Pemula Di Shopee, Facebook, Whatsapp

 

Oleh karenanya di sini saya akan membagikan 10 cara agar jualan online laris yang bisa kamu terapkan di facebook, shopee, tokopedia, whatsapp dan marketplace lainnya. Simak caranya di bawah ini ;


1. Cari Tahu Apa Sih Nilai Jual Produkmu

Sebelum menjual produk kamu secara online sebaiknya terlebih dahulu cari kelebihan atau nilai jual produkmu. Seperti harganya terjangkau, memiliki kualitas yang lebih baik di banding produk lainnya, awet atau tidak mudah rusak, dan lainnya.

Agar kamu lebih paham mengenai nilai jual produk maka berikut ini beberapa contoh produk mendunia dengan kelebihannya masing-masing :


Starbucks ━ Menjual produk minuman kopi dengan kualitas premium

Zappos ━ Regulasi penukaran barang yang ramah

FedEx ━ Garansi paket dkiriman dalam semalam

Domino’s Pizza ━ Gratis pizza jika tak sampai dalam 30 menit


Dengan memahami nilai jual yang ada dalam produk kita maka kita akan dengan mudah memasarkannya di pasaran terutama pasar online.


2. Bangun Toko Online Milikmu

Mengapa harus membangun toko online kita sendiri ? Bukannya sudah ada marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, JDid dan beberapa marketplace lainnya. Marketplace tersebut memanglah mudah dalam penggunaannya namun tahukah kamu bahwa sudah banyak penjual yang terdaftar di dalamnya.

Hal ini akan membuat persaingan semakin berat & sulit kecuali jika kamu memiliki modal lebih dalam mengiklankan produk yang akan kamu jual. Dan dengan berjualan di marketplace kamu tidak akan memiliki kesempatan membangun brand awareness.

Jika kamu berniat membangun brand kamu agar di kenal sebaiknya membangun situs atau toko online milik kamu sendiri.

 

3. Pelajari dan Pahami Data

Informasi adalah hal yang penting terutama dalam berjualan. Mempelajari data yang berkaitan bisnis terutama penjualan serta data promosi adalah hal yang penting untuk di pelajari.

 

4. Pakai Strategi Content Marketing

Content marketing ialah teknik pemasaran yang menggunakan konten sebagai media pemasaran. Konten yang di buat haruslah konten relevan, memiliki manfaat & mampu menarik audiens dalam jumlah besar & jangka waktu yang panjang.

Semakin bagus konten yang di buat, maka semakin besar kemungkinan bisnis atau produk kamu ditemukan atau di jangkau calon pelanggan lewat Google. Hal ini berarti akan semakin besar juga kemungkinan kamu menjual produk kamu.

Content marketing bisa kamu terapkan pada situs / toko onlinemu dengan membuat konten yang bermanfaat dan berlandaskan SEO. Jika kamu tidak paham SEO maka kamu dapat browsing di internet atau youtube untuk mempelajarinya.

 

5. Aktif Di Berbagai Medsos

Walaupun sudah memiliki situs atau blog sendiri namun jangan hanya terpaku pada hal itu saja. Kamu bisa menggunakan alternatif lainnya untuk memasarkan produk kamu, seperti menggunakan media sosial.

Berdasarkan fakta 95% pengguna medsos dengan umur antara 18-34 tahun mengikuti akun sosial media atau bisnis & sebanyak 93% pengguna menjadikan sosial media sebagai cara untuk berkomunikasi dengan cuostumer service suatu brand.

 

6. Gunakan Strategi Email Marketing

Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan maka sebaiknya kamu mencoba strategi email marketing. Karena berdasarkan fakta bahwa 60% pelanggan lama akan membeli produk kamu kembali.

Sementara hanya 15% kemungkinan untuk menjual produk ke pelanggan baru. Singkatnya kamu akan mendapatkan lebih banyak profit atau cuan dari pelanggan lama ketimbang pelanggan yang baru. 

Lalu bagaimana sih caranya ? pertama kamu hanya perlu mengatur landing page untuk mengumpulkan data kontak pelanggan. Kemudian membuat newsletter atau konten yang akan dikirimkan pada mereka setiap harinya. Untuk membuat Landing Page atau Newsletter cara lengkapnya bisa kamu lihat di Youtube atau browsing di internet.


7. Manfaatkan Influencer

Percayalah bahwa perkataan seseeorang bisa sangat berpengaruh pada sebuah bisnis atau produk yang di jual. Itulah alasan mengapa para pebisnis rela membayar artis, selebgram, youtuber dan lainnnya untuk mereview positif bisnis mereka.

Jika kamu memiliki budget lebih tiada salahnya menggunakan influencer atau mikro influencer untuk mempromosikan bisnis atau produk kamu. Karena dengan cara ini secara cepat bisnis kamu akan di kenal banyak orang & di percayai orang.

 

8. Iklankan Produk ataupun Bisnis Kamu Lewat Facebook, Youtube, dan Instagram

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengiklankan produk kamu melalui media sosial untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli & agar akun kamu semakin di kenal. Dengan cara ini kamu bisa meningkatkan target pasar kamu ke seluruh wilayah di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Untuk cara beriklannya sendiri kamu bisa lebih mendalaminya dengan mempelajari tutorial beriklan yang banyak bertebaran di internet.

 

9. Promo

Siapa sih yang tidak menyukai promo ? Tentunya tidak ada seorangpun yang tidak menyukai promo. Apalagi ketika usaha milikmu baru saja di buka, tentunya kamu butuh suatu cara untuk menarik pelanggan ke tokomu untuk membeli barang kamu bukan? Nah promosi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk hal ini.

Berdasarkan fakta bahwa sekitar 85 persen orang mengunjugi usaha atau toko baru di karenakan promosi yang mereka tawarkan. Namun kamu perlu perhatikan bahwa promo kamu tidak hanya bisa menarik pembeli sesaat saja namun juga bisa membuat mereka menjadi pelanggan tetap kamu.

 

10. Buat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Yang terakhir yaitu buatlah deskripsi yang unik dan menarik. Untuk hal ini kamu perlu teknik copywritting. Apa itu copywriting ? Copywriting yaitu sebuah teknik dalam merangkai kata yang memiliki tujuan mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan yang di inginkan, dalam kasus kita berarti agar pembaca membeli produk kita.

Dalam copywriting kamu harus jeli dalam merangkai kata dan memilih kata sesuai target konsumen kamu. Misalkan target konsumen kamu adalah kaum remaja maka kamu haruslah menggunakan bahasa anak muda atau bahasa yang keren dan santai. Usahakan juga untuk menyusun kata secara natural dan mudah di pahami.


Demikian artikel 10 Cara Agar Jualan Online Agar Jualan Laris Untuk Pemula. Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url