Pengertian Gaya Hidup Modern, Ciri-cirinya Dan Contoh Penerapannya Pada Masyarakat

Zaman & teknologi yang terus berkembang hingga saat ini menyebabkan dampak yang begitu besar pada masyarakat yang menyebabkan adanya perubahan gaya hidup di masyarakat. Perubahan gaya hidup tersebut di mulai dari gaya hidup tradisional, semi modern dan kini masyarakat cenderung menerapkan gaya hidup modern. Walaupun begitu gaya hidup tradisional tetaplah di terapkan sebagai warisan serta di terapkan pada budaya, ritual, acara-acara sakral dalam suatu wilayah, masyarakat ataupun keluarga.

Pengertian Gaya Hidup Modern, Ciri-Ciri Gaya Hidup Modern Dan Contoh Penerapannya Pada Masyarakat

Lektor Kepala Sosiologi & Hukum Adat di Fakultas Hukum UI ( Soerjono Soekanto ) menyebutkan bahwa pengertian gaya hidup modern adalah perubahan perilaku sosial pada masyarakat yang mana perilaku tersebut sebelumnya telah teratur & terencana.

Sementara sosilog dari amerika Wilbert E. Moore menjelaskan bahwa  proses modernisasi ialah perubahan seluruh cakupan tradisional & pra-modern pada ruang lingkup teknologi & organisasi sosial terhadap susunan ekonomi serta politik yang menjadi ciri dari negara-negara barat yang stabil.

Secara sederhana pengertian gaya hidup modern adalah perilaku gaya hidup pada masyarakat yang cenderung lebih mengikuti tren serta hidup dengan menggunakan atau di dampingi dengan teknologi-teknologi terkini yang sangat canggih.

Berikut ciri gaya hidup modern dan contohnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.


Ciri-Ciri Masyarakat Dengan Gaya Hidup Modern

Masyarakat modern terutama yang tinggal di daerah perkotaan lebih menerapkan gaya hidup modern akibat dari modernisasi karena lengkapnya teknologi & fasilitas yang ada. Ciri-ciri masyarakat moder antara lain :

 

Memiliki Pemikiran Yang Lebih Terbuka

Masyarakat memiliki pemikiran yang lebih terbuka akan segala hal. Baik dari segi kehidupan bermasyarakat, politik, budaya teknologi dan berbagai aspek lainnya dalam kehidupan. Hal ini membuat masyarakat lebih mudah menerima dan menyeleksi budaya baru maupun budaya asing ( budaya dari negara lain ) yang masuk.


Selalu Mengikuti Perkembangan Zaman

Mengikuti setiap perkembangan zaman adalah hal yang biasa di lakukan masyarakat dengan gaya hidup modern. Mulai dari mengikuti tren, teknologi, sosial, politik dan yang lainnya, hal ini di lakukan semata-mata demi meningkatan kualitas diri dan hidup serta karena adanya tuntutan pekerjaan.


Mampu Menggunakan Teknologi Yang Maju

Masyarakat tidak gaptek dan mampu menggunakan teknologi yang maju. Hal ini dikarenakan efek dari lingkungan sosial, lingkungan kerja dan fasilitas yang ada di kota-kota modern.

 

Mempunyai Rencana Akan Masa Depan

Masyarakat modern selalu menyiapkan rencana akan keberlangsungan hidupnya pada masa mendatang. Dan hal-hal yang terkait dengan masa depan selalu di rencanakan dengan matang & di persiapkan secara dini. Dengan merencanakan dan mepersiapkan masa depan mereka yakin akan kemajuan serta kemudahan yang akan di dapatkan di masa depan.


Adanya Perbedaan Status Sosial

Perbedaan status sosial yang menentukan dalam masyarakat modern ialah ekonomi & gaya hidup seseorang. Seseorang di katakan memiliki status sosial yang tinggi apabila ekonominya berkecukupan dan memiliki gaya hidup yang mewah. Adanya perbedaan status sosial ini memberikan dampak positif berupa meningkatkan semangat masyarakat dalam bekerja demi mendapatkan sebuah status yang tinggi. Namun juga memiliki dampak buruk yakni membuat seseorang bisa melakukan berbagai cara bahkan cara yang salah sekalipun demi mendapatkan status sosial yang ia inginkan.

 

Hubungan Sosial Akibat Keterikatan Akan Suatu Hal

Interaksi sosial yang terjadi biasanya akibat dari keterikatan pada suatu hal yang sama, seperti bersekolah di kelas yang sama, belajar di universitas yang sama, teman satu kerja. Saat mereka pindah dari satu tempat atau dari satu pekerjaan ke yang lainnya maka hubungan sosial tersebut akan berkurang bahkan tidak berhubungan sama sekali.


Cenderung Berpikir & Melihat Serta Menerima Suatu Hal Secara Objektif

Masyarakat modern lebih melihat, berpikir dan menerima suatu hal-hal dengan menggunakan sudut pandang yang lebih objektif.


Mengutamakan Pendidikan

Masyarakat modern selalu mengutamakan pendidikan. Tak jarang banyak orang tua di perkotaan yang berupaya menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Semakin tinggi pendidikan maka semakin bagus masa depan mereka, begitulah yang mereka pikirkan.

Pemikiran tersebut merupakan hal yang wajar karena saat ini banyak sekali pekerjaan yang hanya membutuhkan orang-orang yang berpendidikan serta memiliki skill. Tak hanya itu untuk bisa mendapatkan promosi serta mencapai karir yang lebih tinggi, seseorang haruslah memiliki gelar pendidikan tertentu.

 

Selalu Mengejar Prestasi

Mengejar prestasi adalah hal yang di lakukan masyarakat modern demi meningkatkan kemakmuran ekonomi. Semakin banyak prestasi yang di raih maka semakin tinggi kemungkinan kenaikan jabatan. Demi meraih prestasi masyarakat modern akan berusaha terus maju dan selalu memotivasi diri mereka sendiri.

 

Berani Berbicara

Jika merasa ada suatu hal yang mereka nilai melanggar maka mereka tidak akan ragu untuk menegur ataupun menentang hal tersebut. Perilaku ini merupakan perilaku yang selalu di miliki masyarakat modern.


Memakai Pakaian Yang Trendy

Gaya berpakaian masyarakat modern selalu berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman dan tren fashion. Dengan berpakaian yang trendy akan meningkatkan kharisma serta penampilan dan menunjukkan tingkatan status mereka pada masyarakat lainnya.


Masyarakat Heterogen

Masyarakat modern ialah masyarakat heterogen yaitu terdiri dari berbagai suku, ras, agama, budaya dan berbagai bahasa tanpa merendahkan ataupun membedakan satu sama lainnya. Mereka hidup dalam lingkungan yang sama dan saling menghargai serta saling tolong-menolong satu sama lain tanpa memandang adanya perbedaan antara satu sama lain.


Contoh Bentuk Gaya Hidup Masyarakat Modern

Berikut beberapa contoh bentuk gaya hidup modern pada masyarakat : 


Padat Penduduk & Mobilitas Tinggi

Masyarakat modern lebih memilih untuk tinggal di sebuah tempat yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi seperti daerah perkotaan. Dan aktivitas perkotaan tersebut biasanya juga memiliki mobilitas yang tinggi akibat aktivitas penduduk kota yang aktif setiap harinya, baik itu aktivitas belajar, bekerja dan aktivitas-aktivitas lainnya.


Serba Instan

Gaya hidup masyarakat modern lebih menginginkan segala sesuatunya dapat di kerjakan dengan cepat dan efektif. Memakan makanan instan atau makan di warung makan serta restauran, menggunakan jasa laundry, menaiki kereta api, serta berbelanja online merupakan beberapa contoh kehidupan yang serba instan yang ada pada masyarakat modern


Status Sosial Merupakan Hal Yang Penting

Dalam berhubungan sosial mereka menganggap status sosial adalah hal yang penting. Oleh karenanya mereka senang menggunakan kendaraan, aksesories, & barang-barang dengan brand yang terkenal.

 

Merayakan Momen Yang Dianggap Penting Dalam Kehidupan

Merayakan momen-momen yang penting merupakan hal yang biasa masyarakat modern lakukan. Seperti merayakan hari ulang tahun, wisuda, pernikahan, ritual keagamaan dan momen-momen lainnya yang mereka anggap penting.

 

Disiplin & Bertanggung Jawab

Negara maju dan modern biasanya masyarakatnya di tuntut untuk memiliki sifat disiplin & bertanggung jawab. Sikap disiplin & bertanggung jawab ini merupakan hasil pengajaran turun temurun dari keluarga serta di dukung oleh hukuman tegas dari lingkungan sekitar mereka tinggal ataupun dari lingkungan kerja.


Teknologi

Penggunaan teknologi maju merupakan hal yang lumrah pada masyarakat, terutama penggunaan teknologi komunikasi. Penggunaan teknologi komunikasi tak hanya di terapkan untuk berkomunikasi saja namun di gunakan untuk belajar, mencari informasi terbaru, sumber berita, mendukung pekerjaan, promosi, penjualan dan hal-hal lainnya.


Berkumpul Di Tempat-Tempat Tertentu

Saat senggang ataupun saat adanya perayaan maupun festival masyarakat modern lebih suka berkumpul d tempat-tempat tertentu seperti balai kota, kafe, restoran dan tempat-tempat lainnya hanya untuk menghabiskan waktu mereka.


Demikian artikel mengenai Pengertian Gaya Hidup Modern, Ciri-cirinya Dan Contoh Penerapannya Pada Masyarakat. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url