close

Fungsi Google Search Console

Fungsi Google Search Console | Fungsi dari search console memungkinkan kita tahu akan keyword populer, performa web kita baik itu di diperangkat desktop & mobile, jumlah link eksternal & internal,disavow backlink, trafik website dll. Search Console adalah alat yang sangat penting untuk pemilik web atau admin. Alat ini disediakan oleh pihak google secara gratisan untuk membantu web master dalam mengoptimalkan websitenya pada mesin pencari.

 

Fungsi Google Search Console

 

Fungsi Google Search Console

 

Beberapa Fungsi Penggunan Google Search Console Antara Lain :

 

Submit Sitemap

Dengan men-submit sitemap kita maka secara automatis url baru dari artikel kita akan secara otomatis terindex dalam mesin pencari milik google. Sitemap memiliki fungsi seperti buku kumpulan alamat url pada sebuah website. Bagi Search Console sitemap dapat di gunakan untuk mengetahui secara rinci mengenai url lama dan terbaru pada website kita. Namun hal itu hanya bisa berfungsi jika kita telah submit sitemap kita di Search Console. Setelah kita telah mensubmit sitemap kita maka secara automatis url terbaru akan di-inspeksi & terindeks secara sendirinya.

 

Menghapus Postingan Yang Telah Terindex Di Google

Ada kalanya saat kita menghapus artikel di website kita namun pada pencarian, artikel tersebut masih muncul dan menyebabkan page not found atau halaman tidak di temukan. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat menghapus indexnya pada search engine dengan menggunakan Google Console Search. Setelah di hapus nantinya halaman tersebut akan selamanya hilang dari pencarian google.

 

Mengidentifikasi Kinerja Website

Alat ini juga dapat digunakan oleh kita sebagai webmaster untuk melihat kinerja website yang kita kelola. Adanya tool ini membuat kita bisa melihat keyword apakah yang sedang populer, melihat jumlah visitor, mengetahui jumlah cakupan link ( baik internal maupun eksternal ) bahkan backlink dan melakukan disavow backlink, & masih banyak lainnya.

 

Menginspeksi URL

Saat kita memiliki sebuah artikel yang baru saja di publish di sebuah website namun artikel kita tersebut sangat lama terindex pada search engine. Kita dapat menggunakan fitur inspeksi untuk mempercepat pengindeksannya.

Bukankah sudah ada sitemap yang dapat mengindex seluruh postingan secara otomatis? memang benar namun kadang kala sitemap bisa saja error sehingga tak bisa melakukan index secara otomatis. Jika demikian maka salah satu solusinya hanyalah menginpeksi url secara manual agar postingan baru bisa terindex dengan cepat.

 

Mengetahui Internal dan Eksternal Link

Menggunakan fungsi link pada Search Console membuat kita bisa mengetahui link internal & eksternal yang mengarah ke web kita Juga backlink yang menuju website kita. Fitur ini juga sangat membantu kita menolak backlink buruk yang masuk ke web. Karena spam backlink dapat memiliki dampak negatif pada website kita.

Contoh dampak negatif backlink buruk dapat berupa pinalty, sandbox ataupun deindex yang dilakukan google pada pemilik link. Dengan adanya fungsi menolak link atau disavow link maka website kita akan terlindungi dari backlink berkualitas buruk.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url