close

7 Sunnah Sebelum & Sesudah Sholat Jumat Yang Kamu Bisa Lakukan

7 Sunnah Sebelum & Sesudah Sholat Jumat Yang Kamu Bisa Lakukan | Hari jum'at merupakan hari yang suci bagi umat islam. Di hari ini di haramkan bagi kita untuk berpuasa & sebagai umat muslim wajib bagi seorang pria muslim untuk melaksanakan sholat jum'at di masjid. Sebelum melaksanakan dan sesudah melaksanakan sholat jumat sebenarnya ada beberapa sunnah yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala.


7 Sunnah Sebelum Sholat Jumat & Sunnah Sesudah Sholat Jumat

 

Apa saja sih sunnah-sunnah tersebut. Berikut beberapa sunnah yang Anggora rangkum dari berbagai sumber.


Memakai Parfum Non Alkohol & Pakaian Yang Terbaik

Sebelum pergi berangkat ke mesjid sebaiknya kita memakai pakaian terbaik yang kita miliki dan tentunya menutup aurat serta jangan lupa untuk memakai parfum juga. Tapi ingat untuk memakai parfum yang bersifat non alkohol untuk menghilangkan was-was kita akibat adanya perbedaan pendapat pendapat antara beberapa ulama mengenai parfum beralkohol, ada yang melarang ada pula yang memperbolehkan penggunaannya.

Nabi muhamad sendiri selalu mencontohkan memakai pakaian khusus di hari jumat dan memerintahkan sahabatnya untuk melakukannya juga.

Hal ini juga di dasarkan Hadis dari periwayat Ibnu Hibban & Al hakim di bawah ini :

 

Barang siapa yang mandi pada hari jumat & memakai pakaian terbaik yang di milikinya, memakai harum-haruman jika ada, lalu kemudian pergi untuk melakukan sholat jumat & di sana ia tidak melangkahi bahu manusia kemudian ia mengerjakan sholat sunnah, lalu jika imam datang ia diam sampai selesai sholat jumat maka perbuatan itu akan menghapuskan dosanya antara jumat itu & jumat sebelumnya.

 

Potong Kuku & Mencukur Kumis

Ada baiknya sebelum kita melaksanakan sholat jumat kita membersihkan diri kita dengan mandi, potong kuku serta mencukur kumis. Hal ini agar kita penampilan kita rapi dan bersih serta untuk melakukan sunnah seperti yang di jelaskan pada hadis riwayar AL Haibagi & At Thabrani di bawah ini :


"Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam bersabda : Potong kuku & mencukur kumis pada hari jum'at sebelum beliau pergi sholat jum'at.

 

Membaca Surat Al-Kahfi

Banyak riwayat yang menyebutkan pembacaan surat Al-quran pada hari jumat atau malam jumat sebagai amalan utama namun yang paling kuat adalah surat Al-Kahfi. Hal ini berbeda sekali di bandingkan dengan apa yang ada di masyarakat Indonesia yang terbiasa membaca surat Yasin pada hari jumat.

Hal ini sebagaiman di jelaskan dalam riwayat abu saied dan berdasarkan hadis riwayat Al Hakim :


Rasulullah Sallallahu 'alaihi wasallam bersabda : Barang siapa yang membaca surat alkahfi pada hari jumat lantas cahaya kan menyinarinya di antara 2 jumat.

 

Memperbanyak Bersholawat Atas Nabi

Sholawat merupakan bentuk kecintaan yang paling sederhana atas nabi besar Muhammad Sallalahu Aalaihi Wasallam. Sholat juga merupakan sunnah yang bisa kita lakukan pada hari jumat, berikut hadis yang menjelaskan tentang hal tersebut :

 

Maka perbanyak  lah ( sholawat ) kepada-ku pada hari ( jumat ) ini, sesungguh-nya sholawat kalian kan ditampakkan kepadaku” ( Dari Hadis Riwayat Abu Daud Nomor 1047 : Sahih ).

 

Bersegera Menuju Masjid

Rasulullah bersabda :

Di hari jum’at pada setiap pintu mesjid terdapat beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir untuk sholat jumat sesuai dengan kualitas kedudukannya. Apabila imam data atau naik mimbar lantas para malaikat itu kemudian menutup lembaran catatan itu lalu mereka bersiap mendengarkan khutbah. Perumpamaan orang yang datangnya lebih awal layaknya orang yang berqurban 1 ekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti orang yang qurban sapi, & orang datang berikutnya seperti orang yang  qurban kambing, & orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedeqah ayam, orang yang datang berikutnya ( kelompok yang terakhir ) seperti orang yang bersedekah sebutir telur.” ( Hadis Riwayat Bukhori : 929 & Muslim : 850 ).

 

Berdasarkan hadis dia atas di anjurkan untuk bersegera menuju masjid pada hari jumat & hendaknya kita datang lebih awal agar mendapatkan pahala serta bisa menyimak khutbah dengan baik dari awal hingga akhir.

 

Sholat Sunnah Ketika Sebelum Khotib Naik Mimbar

Mungkin ada beberapa dari kita yang saat jumatan di mesjid kita melakukan sholat sunnah ketika imam sedang berkhutbah. Hal ini merupakan hal yang salah karena pada saat imam sedang berkhutbah sebaiknya kita duduk & diam mendengarkan khutbah hingga selesai. 

 

Barang siapa mandi lalu datang untuk sholat Jumat, kemudian ia sholat semampunya & ia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, setelah itu sholat bersama imam maka kan diampuni dosanya mulai jumat ini sampai jumat berikutnya ditambah 3 hari. ( Hadis Riwayat Muslim ).

 

Jika kamu ingin melakukan sholat sunnah sebaiknya di lakukan ketika imam sedang tidak berkhutbah ataupun setelah sholat jumat di laksanakan.

 

Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat

Setelah sholat jumat kamu bisa melakukan sholat sunnah hal ini di dasarkan hadis di bawah ini :


Rasulullah bersabda : Apabila kamu sekalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat. Amr menambahkan pada riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata,  Apabila engkau tergesa-gesa karena suatu hal, maka sholat lah 2 rakaat di masjid & 2 rakaat ketika engkau akan pulang. ( Hadis Riwayat Muslim & Tirmidzi ).

 

Demikian  7 Sunnah Sebelum & Sesudah Sholat Jumat Yang Kamu Bisa Lakukan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url