close

Doa Akhir Tahun Islam & Doa Tahun Baru Islam Yang Bisa Kamu Amalkan

Doa Akhir Tahun Islam & Doa Tahun Baru Islam Yang Bisa Kamu Amalkan | Tahun Islam Hijriyah sebentar lagi akan berakhir dan berganti tahun yang baru. Sama halnya dengan tahun masehi saat mendekati akhir tahun, kita tentu akan bersedih karena tahun ini akan berakhir namun masih banyak sifat dalam diri kita yang belum kita benahi dan target yang belum kita capai. Dan juga akan menyambut tahun baru dengan suka ria dengan harapan diri kita akan lebih baik di masa mendatang.

 

Doa Akhir Tahun Islam & Doa Tahun Baru Islam 1 Muharram

 

Sebagai umat muslim yang beriman tentunya kita ingin mengakhiri tahun islam dengan hal yang baik seperti doa dan menyambutnya tahun baru dengan doa yang baik pula. Berikut doa akhir tahun islam dan doa awal tahun islam yang bisa kita amalkan.


A. Doa Akhir Tahun Islam


اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

 

Bahasa Arab : Allahumma ma amiltu min amalin fi hadzihissanati ma nahaitanianhu, wa lam atub minhu, wa halumta fiha alayya bi fadhlika ba'da qudrotika ala uqubati, wa da autani ilat taubati min ba'di jaro ati ala mashiyatika. Fa inni astaghfiruka, faghfirlî wa ma amiltu fiha mimma tardho, wa wa attani alaihits tsawaba, fa as aluka an tataqabbala minni wa la taqtho' roja'i minka ya karim."


Artinya: Wahai Tuhanku, diriku memohon ampunan atas segala perbuatan di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara diriku belum bertaubat, perbuatan diriku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu sementara Kau mampu menyiksa diriku, & perbuatan dosa yang Kau perintahkan untuk taubat sementara diriku melakukannya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya diriku memohon ampun kepada-Mu, ampunilah diriku. Wahai Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatan diriku yang Kau ridhai pada tahun ini dan perbuatan diriku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah mempupuskan harapan diriku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa di atas bisa kamu baca saat menjelang akhir tahun islam. Biasanya di baca sebelum shalat Ashar karena pergantian hari dalam islam adalah sesudah shalat Ashar.


B. Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram


اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ


Bahasa Arab : Allahumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ala fadhlikal azhimi wa karimi judikal muawwal. Hadza amun jadidun qad aqbal. Asalukal ishmata fihi minas syaithani wa auliya ih, wal auna 'ala hadzihin nafsil ammarati bis su i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikrom.


Artinya: Wahai Tuhanku, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. atas segala karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru kini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari rayuan iblis & para walinya di tahun ini. Aku jua mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi hawa nafsu yang mana kerap mendorongku berperilaku jahat. Pada-Mu, aku memohon bimbingan agar kegiatan sehari-hariku mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran & Kemuliaan.

Doa di atas di baca sesudah sohat Ashar karena pergantian hari dalam islam sendiri ialah sesudah sholat Ashar.

Demikian Artikel Doa Akhir Tahun Islam & Doa Tahun Baru Islam Yang Bisa Kamu Amalkan. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url