close

8 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan

8 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan | Cemas merupakan salah satu emosi yang di miliki manusia. Rasa cemas biasanya muncul di saat seseorang mengalami kekhawatiran akan suatu hal. Cemas juga bisa terjadi apabila seseorang mengalami stress. Rasa cemas sering di alami semua orang dan merupakan hal wajar jika seseorang tengah merasakannya. Namun apabila cemas tersebut terlalu berlebihan maka emosi yang satu ini bisa di kategorikan sebagai penyakit mental yang dapat mengganggu kesehatan kita.


Cemas berlebihan merupakan penyakit mental. Cemas berlebihan biasanya di tandai dengan perasaan gugup, ketakutan, dan terlalu cemas. Apabila di biarkan maka emosi ini bisa menggangu kehidupan keseharian orang tersebut dan bahkan menjadi gejala fisik serta merubah perilaku si pengidap.


Penyebab Gangguan Cemas Berlebih

Beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang dapat menderita rasa cemas berlebih antara lain :

  • Trauma atau bullying dimasa lalu

  • Keluarga yang memiliki riwayat gangguan kecemasan

  • Pernah mengkonsumsi obat terlarang serta kecanduan minuman keras

  • Mengalami kerusakan pada saraf

  • Menderita penyakit yang membutuhkan pengobatan jangka panjang seperti penyakit Arthritis


Gejala Gangguan Cemas Berlebih

Gejala cemas berlebih biasanya dapat di kenali dengan melihat beberapa kondisi di bawah ini :

  • Sulit dalam berkonsentrasi

  • Kesulitan serta takut dalam membuat keputusan

  • Selalu berpikiran buruk akan suatu hal terutama yang berkaitan dengan perencanaan

  • Selalu memikirkan solusi ketika suatu rencana akan berakhir buruk, padahal belum tentu hal buruk tersebut terjadi

  • Merasa cemas serta terlalu khawatir akan suatu hal


8 Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Untuk mengatasi  rasa cemas berlebih kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini :


1. Meminta Bantuan Dan Dukungan Dari Keluarga Atau Orang Terdekat

Orang yang mengalami rasa cemas dan takut berlebih biasanya akan cenderung menjauh dari masyarakat. Namun sebenarnya untuk mengatasi kondisi ini si pengidap seharusnya mendapatkan dukungan dari keluarga ataupun orang terdekatnya. Saat anda menderita gangguan ini maka sebaiknya utarakan perasaan anda pada keluarga ataupun orang-orang terdekat anda.


2. Cukup Tidur

Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada otak dan gangguan kesehatan lainnya, termasuk gangguan kecemasan. Agar seseorang dapat menghilangkan rasa cemas berlebih maka mereka harus memiliki kualitas tidur yang baik dan tidur yang cukup. Di sarankan untuk tidur minimal 7 jam dalam sehari.


3. Hilangkan Pikiran Negatif & Usahakan Untuk Selalu Berpikir Positif

Penyebab utama dari rasa cemas berlebih ialah pikiran-pikiran negatif. Saat kita merasa cemas akan suatu hal maka pikiran-pikiran negatif ini akan datang dan membuat kecemasan menjadi semakin meningkat. Untuk itu saat merasa cemas berusahalah untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut dan gantilah dengan pemikiran-pemikiran yang lebih positif



4. Lakukan Hal Yang Kamu Sukai

Melakukan hal yang di sukai bisa menghilangkan rasa cemas dalam diri seseorang. Kamu dapat melakukan apapun yang kamu sukai seperti : menonton film, bermain game, berenang, berolahraga, membaca buku, bernyanyi dan aktivitas-aktivitas lainnya yang kamu sukai.

Dengan melakukan aktivitas ini mampu menghilangkan pikiran-pikiran negatif dalam diri yang mampu memicu rasa cemas berlebih.


5. Cobalah hal-hal yang baru

Cobalah untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan. Saat mencoba hal baru kamu akan mendapatkan pengalaman berharga dan juga rasa senang akibat dari produksi hormon dofamin saat diri di tantang untuk melakukan hal-hal yang baru.


6. Kurangi Konsumsi Kafein

Mengurangi konsumsi kafein di percaya dapat mengurangi rasa cemas pada diri seseorang. Kafein biasanya sering terdapat pada kopi dan beberapa minuman lainnya. Jika kamu adalah penggemar berat kopi maka sebaiknya kamu mengetahui batas toleransi kafein tubuhmu.

Untuk mengetahuinya cukup mudah, yaitu saat kamu minum beberapa gelas kopi dan kamu mulai merasa cemas maka jumlah gelas terakhir yang kamu minum itulah batas toleransi kafeinmu.


7. Makan-Makanan Sehat & Minum Vitamin

Makanlah makanan yang menyehatkan dan barengi dengan konsumsi vitamin jika diperlukan. Hindari sebisa mungkin memakan makanan instan atau junk food karena makanan jenis ini kurang menyehatkan dan tidak mengandung cukup nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Menerapkan pola makan sehat tak hanya mampu menyehatkan badan tetapi juga bisa membantu mengatasi rasa cemas berlebih pada diri seseorang. 

Kurang Vit B bisa memicu depresi yang merupakan salah satu penyebab cemas berlebih. Untuk mengatasinya kamu dapat mengkonsumsi vit b yang banyak di jual di apotik terdekat.


8. Rajin Olahraga 

Dengan berolahraga secara teratur dapat menghilangkan depresi yang merupakan penyebab utama rasa cemas berlebih. Berolahraga juga bisa membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin yang mana mampu membuat diri menjadi senang, bahagia dan mengurangi rasa sakit pada tubuh.

Tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Lakukanlah olahraga yang ringan yang mampu membuat kamu berkeringat dan bisa di lakukan setiap harinya tanpa mengganggu jadwal kerjamu serta aktifitas harianmu.

Cara - cara di atas dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas berlebihan pada  diri sendiri ataupun orang lain dan akibat asam lambung. Namun jika beberapa cara di atas ternyata  tidak mampu menghilangkan rasa cemas berlebih tersebut maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter atau pisikiater terdekat. Hal ini di lakukan agar kondisi tersebut tidak semakin parah & segera bisa mendapatkan pengobatan yang tepat agar si pengidap bisa segera sembuh.

Demikian artikel 8 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • celotehnur54
    celotehnur54 8 August 2021 at 03:18

    Bagi saya nomor 5 paling utama. Yang lain mendukung. Terima kasih telah berbagi, Mas.

Add Comment
comment url