close

7 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat & Secara Alami

7 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat & Secara Alami | Tingginya tingkat kadar kolesterol yang ada pada tubuh seseorang dapat menyebabkan si pengidap mengalami gangguan kesehatan yang serius. Gangguan kesehatan tersebut antara lain : tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung & penyakit arteri perifier. Ada banyak penyebab seseorang bisa memiliki kadar kolesterol tinggi.  Beberapa penyebab tersebut akan di jelaskan secara rinci pada artikel ini.


cara menurunkan kolesterol, cara menurunkan kolesterol tanpa obat, cara menurunkan kolesterol tinggi, cara menurunkan kolesterol dengan cepat


Beberapa Penyebab Tingginya Kolesterol Seseorang


  • Pola Makan Yang Kurang Sehat

    Orang yang memiliki gaya pola makan yang kurang sehat faktanya cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi pada tubuhnya. Terutama bagi mereka yang hobi makanan-makanan instan atau cepat saji setiap harinya sebagai pengganti makan pagi, siang ataupun malam.

     

  • Jarang Beraktivitas

    Banyak ahli medis yang berkata bahwa kurangnya aktivitas seseorang dapat membuat jumlah kolesterol tubuhnya akan bertumpuk. Akibatnya orang tersebut akan menderita penyakit yang berhubungan dengan penumpukan kolesterol di tubuh seperti : penyakit tekanan darah tinggi, jantung, stroke dan penyakit arteri perifier

     

  • Malas Olahraga

    Mungkin kamu berpikir bahwa orang yang aktif beraktifitas tidak akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi namun faktanya hal yang kamu pikirkan tersebut adalah hal yang salah. Mereka yang aktif beraktifitas namun jarang berolahraga bisa memiliki kolesterol yang tinggi. Hal ini di sebabkan karena kegemukan akibat malas berolahraga dan kurangnya kolesterol baik dalam tubuh.


  • Makan Berlebihan

    Makan terlalu berlebihan bisa membuat seseorang menderita obesitas. Obesitas merupakan salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol pada tubuh seseorang. 

 

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Untuk menurunkan kolesterol secara alami & tanpa harus minum obat, kamu dapat melakukan beberapa cara di bawah ini :

 

1. Sebisa Mungkin Hindari Makanan Yang Mengandung Lemak Jenuh

Makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng keripik dan sebagainya, mengandung lemak jenuh. Apabila di konsumsi terlalu banyak maka dapat menyebabkan kadar LDL ataupun kolesterol jahat dalam tubuh menjadi tinggi. Oleh karenanya jika kamu ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh maka sebaiknya hindari segala jenis makanan yang mengandung lemak jenuh seperti makanan cepat saji, margarin, minyak nabati dan cemilan roti seperti donat, kue kering dan juga kue basah.

Sebisa mungkin hindarilah jenis makanan yang mengandung lemak jenuh seperti yang telah di sebutkan di atas. Ganti dengan mengkonsumsi jenis makanan yang rendah lemak seperti ikan, susu low fat, ayam, tahu, tempe dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Dan hindari juga jenis makanan yang di masak dengan cara di goreng atau di bakar. Lebih baik memakan makanan yang di masak dengan cara di rebus ataupun di kukus.


2. Semi Vegetarian

Maksud semi vegetarian di sini ialah mengubah pola makan dengan memperbanyak mengkonsumsi buah & sayuran. Dengan menjadi semi vegetarian maka jumlah kolesterol dalam tubuh bisa di turunkan dengan cepat. Kamu juga bisa mengkonsumsi 1 atau 2 siung bawang perharinya untuk menurunkan kolesterol. Bawang putih mampu menurunkan kolesterol LDL & Triglesida hingga 20mg / dl berdasarkan sebuah penelitian. 

Jika kamu bosan karena makan buah & sayuran setiap harinya maka kamu bisa meminumnya dalam bentuk jus. Seperti mengubah jeruk nipis sebagai jus. Selain bawang putih, 500 ml infused water jeruk nipis juga mampu menurunkan kolesterol pada tubuh.

 

3. Berhentilah Merokok

Zat kimia pada rokok ternyata bisa mempengaruhi kadar HDl pada tubuh. Zat kimia tersebut akan menurunkan jumlah kolesterol baik / HDL & mempengaruhi pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah serta meningkatnya resiko perokok tersebut terkena penyakit jantung koroner.

Oleh karenanya sangat di sarankan bagi seseorang dengan kolesterol tinggi untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan tubuh.

 

4. Konsumsi Jenis Makanan Yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Selain menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh maka selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh mengandung HDL atau kolesterol baik. Zat ini berfungsi melarutkan LDL atau kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh.

Contoh makanan dengan lemak tak jenuh adalah minyak zaitun, alpukat, ikan salmon. Perbanyaklah mengkonsumi jenis makanan yang mengandung lemak jenuh untuk menurunkan kolesterol tubuh serta memperkaya tubuh akan kolesterol baik.


5. Hindari Stress & Cukup Tidur

Faktor lain yang dapat mempengaruhi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh ialah stress & kurang tidur. Keduamya mampu mempengaruhi peningkatan jumlah LDL pada tubuh serta mempengaruhi tubuh kita dalam mempertahankan jumlah HDL. 

Demi menurunkan kolesterol pada tubuh maka usahakanlah untuk cukup tidur & hindari stress berat.
 
 

6. Mengkonsumsi Probiotik

Menurut penelitian dari University of McGill di Kanada bahwa dengan mengkonsumsi dua dosis prebiotik setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut peneliti, bakteri baik pada probiotik menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan memecah molekul asam empedu


7. Rajin Olahraga

Tingginya kolesterol dalam tubuh bisa di sebabkan oleh kurangnya aktivitas bergerak dan masalah kegemukan ( obesitas ). Dengan berolahraga maka tubuh akan aktif bergerak dan terhindar dari obesitas. Tak hanya itu olahraga juga mampu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh dan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Manfaat lain dari olahraga yaitu kita bisa menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

Cara di atas merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami & sesuai menurut dokter. Namun jika cara di atas tidak berhasil maka ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter agar bisa menemukan metode untuk menurukan kolesterol yang sehat, efektif & cocok bagi kamu.

Demikian artikel 7 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat & Secara Alami. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url