close

6 Cara Menurunkan Kolesterol Pada Ibu Hamil. Terbukti Efektif !

6 Cara Menurunkan Kolesterol Pada Ibu Hamil | Masalah kolesterol tinggi tak hanya bisa di alami orang biasa namun masalah kesehatan yang satu ini juga bisa terjadi pada ibu yang sedang hamil. Tingginya kolesterol pada sang ibu bisa mengganggu kesehatan ibu dan anak yang sedang di kandung. Jika sang ibu memiliki kadar kolesterol yang tinggi sebaiknya segera mengatasinya. Karena menjaga kesehatan adalah hal yang mutlak bagi seorang ibu yang sedang hamil dan nantinya akan melakukan persalinan.

 

6 Cara Menurunkan Kolesterol Pada Ibu Hamil Secara Alami


Dampak Kesehatan Yang Bisa Terjadi Ibu Hamil Dengan Kolesterol Tinggi

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu hamil ada baiknya kita mengetahui apa saja sih dampak kesehatan akibat tingginya kolesterol pada ibu hamil. Berikut beberapa dampaknya pada kesehatan ibu dan bayi :


Anak Akan Mengidap Hipertensi Ketika Dewasa

Anak yang terlahir dari ibu yang memiliki riwayat kolesterol tinggi sebelum hamil maupun saat hamil ketika tumbuh dewasa maka anak tersebut akan beresiko menjadi pengidap hipertensi.

 

Penyempitan Pembuluh Darah Arteri

Menyempitnya pembuluh darah arteri akan menghambat aliran darah. Terhambatnya aliran darah nantinya akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang serius, contohnya stroke, jantung koroner, penyakit arteri perifier dan gangguan kesehatan lainnya pada janin & sang ibu.


Masalah Kesehatan Pada Janin

Tingginya kolesterol dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin. Hal ini akibat dari tingginya kolesterol yang memicu penyakit hipertensi yang mempengaruhi kehamilan.

 

6 Cara Menurunkan Kolesterol Pada Ibu Hamil

Untuk menghindari dampak kesehatan yang serius pada calon bayi akibat tingginya LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini :

 

1. Hindari Lemak Jenuh

Biasanya lemak jenuh paling banyak terdapat pada jenis makanan yang berminyak, makanan cepat saji & makanan junk food. Jadi untuk ibu yang gemar makan berminyak serta gorengan, kue basah, kue kering, donat, dan makanan yang mengandung margarin sebaiknya kurangi atau hindari makanan jenis ini demi kesehatan sang buah hati.

Sebagai ganti dari jenis makanan di atas kamu bisa makan makanan yang rendah lemak seperti Ayam, tahu, tempe ikan dan jenis susu rendah lemak. Serta hindari juga memasak makanan dengan cara di goreng atau di bakar. Masaklah makanan dengan cara merebus atau mengukusnya untuk menghindari penggunaan minyak yang dapat memicu meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

 

2. Minum-Minuman Tertentu

Dengan meminum jenis minuman tertentu di percaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Beberapa jenis minuman tersebut antara lain :

  • Air Putih

    Ibu hamil disarankan minum 8 gelas air putih sehar. Banyak minum air putih juga efektif untuk menurunkan asam urat pada ibu hamil.

  • Jeruk Nipis

    500 ml infused water jeruk nipis di percaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Tak hanya itu Vit C yang terkandung pada jeruk nipis baik bagi janin pada trisemester pertama.

  • Minyak Zaitun

    Selain mampu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Kandungan Vit B pada minyak zaitun ternyata sangat baik bagi saraf tubuh. Untuk menurunkan kolesterol ibu hanya perlu meminumnya setiap harinya.

  • Teh Hitam

    Berdasarkan sebuah penelitian ibu hamil yang meminum teh hitam ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuhnya sampai sekar 10 %.  Namun teh hitam sendiri harus di konsumsi secukupnya agar tidak menyebabkan dehidrasi.

 

3. Rajin Olahraga Ringan

Kolesterol tinggi dalam tubuh bisa di akibatkan karena kurangnya aktivitas ataupun olahraga. Oleh karenanya penting bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga. Selain untuk menurunkan kolesterol, olahraga dapat menurunkan asam urat pada ibu hamil serta baik bagi kesehatan juga perkembangan si bayi dalam kandungan. Namun olahraga yang bisa ibu lakukan hanyalah jenis olahraga ringan. Beberapa olahraga ringan yang bisa ibu hamil lakukan antara lain :

  • Berjalan Kaki

  • Berenang

  • Yoga

  • Pilates

  • Senam Untuk Ibu Hamil

  • Senam Kegel

  • Senam

  • Zumba


4. Perbanyak Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Ikan Salmon, Alpukat dan minyak zaitun adalah beberapa contoh jenis makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan dengan lemak tak jenuh mengandung HDL atau yang biasa di sebut kolesterol baik. HDL berfungsi untuk melarutkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Rajin mengkonsumsi makanan jenis ini akan memperkaya jumlah kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Namun tak semua makanan yang mengandung lemak jenuh baik bagi ibu dan bayi, contohnya ikan tuna. Apabila ikan tuna di konsumsi secara berlebihan maka akan membahayakan ibu & bayi. Jadi sebelum memakan sesuatu pastikan terlebih dahulu apakah makanan tersebut aman atau tidak bagi ibu dan bayi yang di kandung apabila di konsumsi.

 

5. Hindari Stress & Cukuplah Tidur

Bagi para ibu yang sedang hamil sebaiknya hindari stress & cukuplah tidur. Karena kurang tidur & stress bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh serta mempengaruhi kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

 

6. Berhentilah Merokok

Untuk ibu yang hobi merokok sebaiknya berhenti merokok. Selain karena memberi dampak buruk bagi tubuh dan perkembangan janin, merokok juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menurunkan jumlah kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Berhentilah merokok mulai sekarang demi kesehatan calon buah hati

 

Cara di atas merupakan cara menurunkan kolesterol pada ibu hamil secara alami & aman. Namun jikakalau ibu merasa beberapa cara di atas tidaklah berhasil maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan terdekat agar bisa menemukan metode untuk menurukan kolesterol yang sehat, efektif serta cocok bagi ibu.

Demikian artikel 6 Cara Menurunkan Kolesterol Pada Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url