Ingin Tahu 10 Cara Mudah Merawat Kucing ? Begini Caranya !

Ingin Tahu 10 Cara Mudah Merawat Kucing ? Begini Caranya ! - Siapa sih yang tak kenal dengan hewan yang satu ini. Wajahnya yang lucu dan perilakunya yang begitu menggemaskan membuat ia banyak di sukai serta di jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Untuk kamu yang baru saja memulai memelihara si meong pastinya kamu ingin tahu donk bagaimanakah cara merawat kucing untuk pemula. Oleh karenanya disini riz akan membahas bagaimanakah cara merawat kucing dengan baik untuk pemula.

10 Cara Merawat Kucing


Cara Merawat Kucing

Dalam merawat kucing ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar meong kamu bisa tumbuh sehat & ceria. Beberapa hal tersebut antara lain :

 

Beri Makan Dengan Teratur

Pastikan memberi makan kucing dengan teratur yaitu dengan memberi makan 3 kali sehari. Memberikan makanan secara teratur bagi mereka bisa membuat si meong tidak terkena penyakit gangguan pada lambung seperti muntah, mual & nafsu makan berkurang dll. Selain itu pemberian makan secara teratur membuat si meong menjadi lebih ramah, ceria & jinak serta sehat.

Namun pastikan untuk tak memberi cemilan dengan porsi terlalu berlebihan dikarenakan hal ini bisa menyebabkan si meong mengalami obesitas ( kegemukan ). & pastikan jua makanan yang di berikan berupa makanan telah matang ( bukan makanan mentah ), memiliki nutrisi cukup & bukan jenis makanan berbahaya bagi mereka.

 

Mandikan Kucingmu

Memandikan merupakan sebuah cara menjaga kesehatan si meong. Semua jenis ras kucing baik dari ras anggora, persia, maupun kampung perlu dimandikan. Untuk meong kampung saya biasa memandikan mereka setiap 2 minggu sekali atau sebulan sekali tergantung seberapa kotor & apakah mereka sudah tak berbau sedap.

Sementara untuk jenis kucing ras seperti anggora & persia saya biasa memandikan mereka sekali seminggu. Saat memandikan hendaklah menggunakan shampoo khusus untuk kucing. Penggunaan produk shampo kucing adalah agar kulit dan bulu terjaga dari bakteri, kutu jamur & penyakit-penyakit lainnya.

 

Menyisir Bulu

Sesudah memandikan si meong keringkan bulunya dengan hair dyer atau handuk. Setelah bulunya mengering, sisir lah bulu mereka dengan sisir kutu. Kenapa saya menggunakan sisir kutu untuk menyisir mereka ? karena berdasarkan pengalaman saya bahwa dengan menyisir bulu kucing dengan sisir ini bisa mengangkat jamur maupun kutu dan kotoran yang masih tersisa di bulu kucing.

Namun ini hanya saran saja mau atau tidaknya kamu mengikutinya itu terserah pada kamu, atau bahkan kamu bisa menyisir dengan sisir biasa saja atau sisir khusus kucing.

 

Jangan Memberikan Kucing Makanan Anjing

Jika kamu juga memelihara seekor anjing di rumah mungkin kucing kamu juga terkadang memakan makanan sisa anjing kamu. Mungkin jika hanya sesekali kucingmu memakan makanan anjing maka hal ini bukanlah masalah. Namun apabila kamu membiasakan memberi kucing makanan anjing setiap harinya maka meong kamu kelak akan mengalami malnutrisi.

Hal ini dikarenakan perbedaan kandungan nutrisi antara jenis makanan kucing & anjing. Pada makanan anjing tidak terdapat taurin, vit a serta beberapa nutrisi lain yang di butuhkan kucing untuk tumbuh kembangnya. Setelah kamu mengetahuinya maka ada baiknya kamu tidak memberi kucing kamu makanan anjing.

 

Jangan Memberikan Kucing Sembarangan Makanan

Perhatikan jenis makanan yang akan kamu berikan pada meong kamu. Jangan asal memberi makanan walaupun si meong menyukai makanan tersebut. Karena pasalnya ada beberapa makanan yang mungkin sehat dan enak bagi manusia namun bagi si meong justru merupakan makanan sangat berbahaya bagi tubuh mereka. Beberapa jenis makanan yang berbahaya untuk kucing yaitu :

  • Ikan & Daging Mentah

  • Susu Sapi

  • Cokelat

  • Bawang

  • Telur Yang Masih Mentah

  • Ragi

  • Anggur & Kismis

  • Hati

  • Ikan Tuna

  • Makanan Anjing

  • Alpukat & Tomat


Untuk penjelasan lengkap kenapa makanan di atas berbahaya bagi kucing bisa kamu simak pada artikel 11 Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Kucing & Makanan Berbahaya Untuk Kucing.


Biarkan Kucing Kamu Bermain Diluar

Dengan kucing bermain, mereka sebenarnya sedang melatih otot-otot tubuh mereka seperti berolahraga. Dan biarkan kucing kamu memakan rumput - rumputan ketika mereka bermain di halaman rumahmu. Ketika kucing memakan rumput & kemudian muntah hal ini adalah hal wajar & bukan gejala penyakit. Kucing memakan rumput-rumputan dengan tujuan mengeluarkan bahan yang tidak dapat dicerna tubuh seperti bulu rambut dan makanan lainnya serta untuk menghilangkan sembelit.

Untuk kucing ras ( persia, anggora dll ) sendiri saat mereka tengah bermain di luar awasilah mereka agar tidak sembarang menggigit benda-benda diluar rumah & menjaga agar mereka tidak di curi orang lain.


Ajarkan Mereka Perilaku Yang Benar

Ajarkan si meong perilaku yang benar seperti buang air kecil & buang air besar di tempat yang sudah disediakan. Dimana tempat ia makan maupun tempat ia tidur. Cara agar bisa memberitahukan atau mengajarkan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan salah ataupun benar hanyalah dengan cara memberi hukuman ataupun hadiah. Untuk hukuman & hadiah akan dibahas dibawah ini.

 

Beri Hukuman Pada Perilaku Buruknya & Beri Reward Pada Sikap Baiknya

Saat kucing melakukan kesalahan cara termudah agar ia sadar bahwa apa yang ia lakukan salah hanyalah dengan memberi hukuman. Contohnya jika ia akan kencing sembarangan cukup usir dengan suara seperti berkata hussh. Kemudian jika ia masih tetap akan kecing sembarangan perciki ia dengan air kemudian saat ia kabur bawa ia ke tempat dimana ia diperbolehkah untuk kencing. Lakukan hal ini terus menerus sampai ia mengerti mana perilaku yang benar.

Biasanya sih cara ini butuh waktu sebulanan sampai mereka bisa benar - benar mengerti mana perilaku yang benar. Jika ia bersikap baik padamu maka berilah ia hadiah berupa sedikit cemilan. Cara inilah yang akan membuat si meong lebih mudah mengingat mana yang benar & salah.


Lakukan Vaksinasi

Sama halnya seperti kita manusia, kucing sendiri juga butuh melakukan vaksinasi. Tindakan ini diperlukan demi membuat tubuh kucing tetap sehat & imun terhadap jenis penyakit-penyakit tertentu. Vaksin bisa dikatakan juga sebagai investasi jangka panjang demi kesehatan kucing & demi mencegah kematian.


Jika Ada Masalah Segera Konsultasi Ke Dokter

Apabila si meong terlihat tidak sehat & mengalami gejala-gejala seperti terkena penyakit tertentu maka segeralah membawanya ke dokter hewan terdekat. Konsultasikan lah pada mereka kondisi terkini kucing kamu agar segera mendapatkan solusi & penanganan dari mereka. Saat si meong mengalami gejala seperti terkena penyakit jangan mengabaikannya karena jikalau kamu abai maka bisa jadi penyakitnya makin parah & beresiko kematian.

Setelah kamu mengetahui cara mudah merawat kucing kini kamu telah siap untuk merawat kucing kamu. Demikian tulisan saya ini, semoga tulisan saya bisa bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url