11 Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Kucing & Makanan Berbahaya Untuk Kucing

11 Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Kucing & Makanan Berbahaya Untuk Kucing - Kucing merupakan salah satu makhluk ciptaan tuhan yang sangat imut dan biasa dijadikan beberapa orang sebagai hewan peliharaan. Sebagai majikan ataupun sebagai seorang pecinta kucing sebaiknya kita mengetahui beberapa makanan yang tidak boleh untuk kucing & makanan berbahaya untuk kucing.  Hal ini demi menjaga kesehatan si meong tersayang agar mereka tidak jatuh sakit.

11 Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Kucing & Makanan Berbahaya Untuk Kucing


Tentunya kita tidak inginkan jikalau melihat si meong tersayang murung & berdiam diri seharian karena terkena penyakit. Nah untuk itu disini Kenangan Anggora akan membahas apa saja sih jenis makanan yang tidak boleh bagi kucing & makanan berbahaya untuk kucing.


Makanan Yang Tidak Boleh Bagi Kucing & Makanan Berbahaya Bagi Kucing

 

Ikan & Daging Mentah

Makanan yang belum dimasak alias mentah pastinya mengandung bakteri & parasite. Jika mikro organisme berbahaya ini masuk masuk ke tubuh manusia bisa membuat manusia jatuh sakit apalagi jikalau mereka masuk ke tubuh si meong maka ia pun juga bisa jatuh sakit. Tak hanya itu memberi si meong makanan yang masih mentah dapat membuat mereka cacingan.

Dahulu beberapa meong milik riz sempat mengalami tubuh yang kurus namun nafsu makan mereka sangat kuat. Meong milik riz ini kurus bukan karena tidak diberi makan tetapi karena mereka mengalami cacingan. Riz baru sadar setelah beberapa dari mereka mati & salah satu dari mereka saat buang air besar terdapat cacing di kotoran mereka. Akhirnya setelah sadar mereka cacingan,  riz pun memberikan obat cacing pada mereka dan akhirnya mereka sembuh. Setelah kejadian ini, riz tidak pernah lagi memberikan makanan mentah pada mereka.


Susu Sapi

Susu sapi sangat disukai oleh kucing namun kenyataannya susu sapi bisa jadi makanan berbahaya bagi mereka jikalau diberikan dalam porsi yang berlebihan. Karena susu sendiri mengandung laktosa yang sulit diproses oleh pencernaan kucing. Jikalau diberikan secara berlebihan akan membuat mereka terkena diare alias mencret-mencret.

Jikalau kamu masih nekat ingin tetap memberi si meong minum air susu maka kamu perlu mencampur susu dengan air panas kemudian berikan secukupnya saja & jangan terlalu sering memberikannya.


Cokelat

Siapa sih yang tidak tahu makanan yang satu ini, selain enak makanan ini juga sangat digemari semua usia. Tetapi tahukah kamu bahwa jenis makanan yang satu ini tergolong makanan yang berbahaya bagi kucing. Makanan ini berbahaya karena mengandung zat theobromine. Zat ini dapat memicu banyak gannguan pada si meong yakni, masalah jantung, terjadinya tremor otot, suhu meningkat drastis secara mendadak & kejang-kejang. Jadi sebaiknya jangan memberikan makanan ini pada si meong jikalau kamu tak ingin meong kamu penyakitan.


Bawang

Segala makanan yang mengandung bawang sebaiknya jangan diberikan pada kucing. Karena pasalnya buah yang satu ini bagaikan racun bagi mereka karena mengandung zat penghancur darah merah . Zat ini akan menghancurkan trombosit dan membuat kucing terkena penyakit Anemia.

Memberikan bawang mentah pada si empuss juga bisa membuatnya mual kemudian muntah-muntah.


Telur Yang Masih Mentah

Jika menemukan telur mentah yang tersisa pada cangkang kulit telur, si meong seringkali menjilatinya & memainkannya. Bagi orang awam hal ini adalah hal yang menarik perhatian dan terkadang membuat tertawa. Namun sebenarnya telur mentah yang di jilati meong sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

Telur yang masih mentah di dalamnya banyak sekali terkandung bakteri terutama salmonella yang mana dapat membuat kucing terkena diare, demam, feses berdarah dll. Selain itu telur juga mengandung zat avidin yang mampu menghilangkan kemampuan kucing mencerna Vit B serta biotin.


Ragi

Mungkin bagi pecinta kucing tak asing dengan jenis makanan yang satu ini. Karena banyak sekali tutorial yang bertebaran di internet tentang cara mencegah kucing hamil dengan cara yang satu ini namun kenyataannya tidak demikian. Pemberian ragi pada kucing betina dapat menyebabkan rahim si kucing menjadi bengkak & bernanah. Serta pemberian ragi pada meong yang sedang hamil dapat membuat janin si empuss cacat atau keguguran


Anggur & Kismis

ASPA ( Pusat Pengendalian Hewan ) menyarankan untuk tidak memberikan jenis makanan ini secara berlebihan pada hewan yang kita pelihara. Karena pemberian anggur & kismis pada hewan peliharaan bisa memicu terjadinya penyakit gagal ginjal. Gangguan ini sempat ditemukan pada anjing.

Untuk kucing belum ditemukan fakta bahwa hal ini bisa terjadi namun sebaiknya kita menghindari pemberian jenis makanan ini bagi kucing tersayang demi menjaga kesehatan mereka.


Hati

Jangan memberikan si meong hati. Hal ini di karenakan memiliki potensi penyebab kelainan tulang serta penyakit osteporosis pada kucing.

 

Ikan Tuna

Ikan Tuna Memiliki kandungan merkuri yang sangat tinggi. Zat ini tergolong mudah terbakar didalam pencernaan kucing yang menyebabkan gangguan pada pencernaan & perut kucing. Walaupun si meong menyukainya sebaiknya jangan diberikan padanya.


Makanan Anjing

Saat kamu memelihara anjing & kucing secara bersamaan, seringkali si meong memakan makanan anjing. Memang hal ini jikalau tak sering terjadi tidak akan mengganggu kesehatan si kucing. Namun jika hal ini dibiarkan & di biasakan setiap harinya maka akan menyebabkan kucing menderita kekurangan nutrisi.

Kekurangan nutrisi ini disebabkan karena pada makanan anjing tidak tersedia beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan kucing seperti : Taurin, Vit A, Vit B & assam arakidonat.


Alpukat & Tomat

Buah tomat & alpukat adalah makanan yang menyehatkan bagi kita manusia. Tapi hal itu tidak berlaku bagi si meong. 2 Buah ini mengandung zat yang bagi si meong adalah zat beracun contohnya adalah zat persin.

Memberikan buah-buah ini bisa membuat si meong mengalami gangguan pencernaan seperti muntah muntah dan bahkan diare serta pembesaran pupil mata kucing. Setelah kamu mengetahui hal ini maka sebaiknya hindari pemberian kedua buah ini pada meong kamu.

Nah demikian artikel makanan yang tidak boleh untuk kucing & makanan yang berbahaya untuk kucing. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url