close

Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt Pada Google Adsense

Saat membuka artikel ini mungkin kamu tengah berhadapan dengan masalah berupa notifikasi "Penghasilan beresiko. kamu harus memperbaiki masalah ads.txt untuk menghindari dampak serius bagi pendapatan kamu" , seperti pada contoh gambar yang berada di bawah ?

Demi dapat mengatasi masalah yang satu ini kamu dapat mengikuti cara mengatasi masalah ads.text adsense di artikel ini. Namun sebelum menuju ke cara mengatasinya ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal mengenai ads.txt demi sekedar menambah pengetahuan kamu.

Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt Pada Google Adsense


Apakah Ads.txt itu?

Ads.txt singkatan dari authorized digital seller merupakan buatan IAB TechLab yang memiliki fungsi mengontrol penjualan inventariz iklan agar dapat di jual hanya melalui seller official alias resmi ( contoh adsense ). Dengan memasang file Ads.txt maka kamu mempunyai pengontrolan absolut atas situs kamu untuk memfilter siapa saja yang punya hak beriklan di situsmu serta menghindari penipuan inventariz palsu terhadap publisher ( pengiklan ).


Bagaimanakah Cara Ads.txt Bekerja ? 

Saat file ini dibuat ataupun di pasang disitusmu maka ads.text akan mengindentifikasi inventariz iklan palsu. Hal ini akan membuat pembelanjaan pengiklan teralihkan atau terhindarkan dari yang palsu menuju kepada kamu.


Kenapa Ads.txt diperlukan ?

Ads.txt berfungsi sebagai alat identifikasi inventaris iklan palsu yang mana hal ini akan menjaga kenyamanan, keamanan & keuangan sang publisher iklan. Tak hanya itu dengan terhindarnya publisher terkena penipuan inventariz palsu maka semakin banyak pengiklan yang kelak beriklan di situs penyedia iklan adsense, salah satunya adalah kamu. Ads.txt juga berfungsi mendeteksi apakah ada kesalahan perayapan sehingga kalkulasi pembayaran iklan oleh google bisa tepat sasaran & tidak adanya kesalahan serta meminimalkan kesalahan.

 

Kapan biasanya permasalahan ads.txt ini terjadi ?

Masalah ini biasa terjadi beberapa hari setelah kita memasang kode otomatis adsense di bawah < /head >. Pada saat setelah memasang kode otomatis adsense ini mungkin bagi pemula seperti saya hanya asal pasang saja tanpa tahu kita jua diharuskan membuat ads.txt adsense. Akibat kita yang tak tahu harus pasang kode ads.txt inilah memicu munculnya error "penghasilan beresiko. Kamu harus memperbaiki masalah ini demi menghindari dampak pada pendapatan". Setelah menerima notifikasi maka seluruh iklan yang sebelumnya tampil akan blank alias menghilang. Tetapi tenang saja setelah masalah ini terselesaikan maka iklan adsense kamu nantinya akan tampil lagi


Siapa Sajakah Yang Bisa Mengalami Hal Ini ?

Siapapun bisa mengalami hal ini. Namun hal ini biasanya terjadi bagi blogger yang baru saja keterima adsense. Hal ini dikarenakan orang awam ataupun para pemula adsense kurang wawasan mengenai apa saja yang harus dilakukan setelah diterima adsense ? Dan buntutnya masalah error ini pun muncul pada dashboard adsense mereka.

Nah sesudah mengetahui sedikit mengenai ads.txt adsense selanjutnya kita akan mencoba mengatasi masalah ads.txt pada adsense melalui cara-cara berikut :


Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt

Silahkan terlebih dahulu masuk dashboard google adsensemu. Kemudian ikuti beberapa langkah dibawah ini :

  • Pada Peringatan "penghasilan anda beresiko" disana tertera 2 buah pilihan yakni : Perbaiki Sekarang & Pelajari Lebih Lanjut.

  • Kliklah tulisan Perbaiki Sekarang untuk memperbaiki kemudian pilih download.

  • Letakkan file Ads.txt yang telah terdownload tadi ke direktory root situsmu. root situs ialah folder yang terdapat sesudah domain pertama ( contoh: namablog.id/ads.txt ) .

  • Selanjutnya silahkan meunggu sampai 24 jam. Perbaikan ini secara otomatis akan dikerjakan oleh pihak google.


Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt di Wordpress

Silahkan masuk dahulu ke dashboard adsense kamu. Kemudian ikuti beberapa langkah dibawah ini :


  • Pada Peringatan "penghasilan anda beresiko" di sana tertera 2 buah pilihan yakni : Perbaiki Sekarang & Pelajari.

  • Kliklah tulisan Perbaiki kemudian pilih Salin Kode. Maka kode akan tersalin secara otomatis.

  • Instal Plugin Ads.txt pada wordpress kamu kemudian pastekan kode yang kamu salin ( copy ) ke plugin ads.txt kemudian pilih Simpan.

  • Kemudian tunggu hingga 24 jam. Perbaikan masalah ini akan dilakukan secara otomatis oleh pihak google.


Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt di Blogspot

Silahkan masuk dahulu ke dashboard adsense kamu. Kemudian ikuti lbeberapa langkah dibawah ini :


  • Di notifikasi "penghasilan anda beresiko" disana tertera 2 buah pilihan yakni : Perbaiki Sekarang & Pelajari.

  • Klik pada tulisan Perbaiki Sekarang kemudian pilih SALIN KODE. Maka kode akan tersalin secara otomatis.

  • Kemudian masuk ke dashboard pada blogger kamu lalu pilih setelan.

  • Pada kolom Monetisasi aktifkan pengaturan ads.text kustom, tekan tombol disamping textnya.

    Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt di Blogspot


  • Kemudian kliklah tulisan Ads.txt Custom lalu paste-kan kode yang telah dicopy kemudian untuk menyimpan pengaturan tinggal pilih tulisan Simpan.

    Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt di Blogspot

    Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt di Blogspot


  • Hasilnya nantinya akan menjadi seperti ini

Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt di Blogspot


 

Kemudian tunggu hingga 24 jam. Perbaikan masalah nantinya dilakukan secara automatis oleh pihak google.

 

Masalah Ads.txt Tetap Muncul Setelah Ads.txt dipasang Di Blogspot Ataupun Wordpress

Seperti penjelasan saya di atas bahwa sesudah memasang ads.txt blogspot ataupun wordpress yang harus kamu lakukan hanyalah menunggu sampai 24 jam. Setelah 24 jam maka error ini akan diperbaiki otomatis oleh google setelah melakukan crawl. Kemudian error mengenai ini nantinya akan hilang sendiri dari dashboard adsense kamu.


Notifikasi Ads.txt bermasalah tetap tak hilang sesudah 24 jam

Setelah menunggu sampai 24 jam ataupun sehari semalam namun error tetap muncul di adsensemu. Maka yang harus dilakukan hanyalah sabar menunggu lagi 24 jam. jika setelah 2 hari tidak hilang jua maka kamu terus harus sabar lagi menunggu hingga mingguan, beberapa minggu, bulanan atau bahkan beberapa bulan.

Saya serius mengatakan hal barusan, bukanlah bercanda. Karena ada beberapa kasus yang terjadi pada blogger senior maupun kawan kawan blogger lainnya yang mana notifikasi error ini tidak hilang juga walaupun mereka telah menunggu 24 jam. Ada beberapa di antara mereka yang mengaku bahwa notifikasi error ini barulah hilang setelah beberapa minggu hingga di atas satu bulan.

Intinya sesudah memasang ads.txt kamu tak usah khawatir lagi tentang error ini karena nantinya ia akan hilang sendiri.


Mengapa Iklan Saya Tidak Tampil Setelah Memasang Ads.txt

Iklan tidak akan di tampilkan disitus kamu jikalau notifikasi error belum menghilang di beranda adsense kamu. Jadi pastikan bahwa error telah hilang agar iklan kembali muncul disitus webmu. Bagaimana jikalau notifikasi error telah hilang namun iklan tak muncul juga ? jawabannya sebenarnya sangat sederhana yaitu kamu hanya harus menunggu setengah sampai sejam agar iklan tampil kembali di situs kamu.

Namun ada kalanya terdapat beberapa kasus bahwa error ini tak hilang namun iklan tetap muncul.


Kesimpulan

Masalah ads.txt pada google adsense terjadi jika seorang blogger lupa memasang atau tidak tahu bahwa harus memasang ads.txt pada situs mereka setelah mereka memasang kode adsense disitus mereka. Jikalau masalah ini tidak segera di selesaikan maka akan menyebabkan iklan adsense terus - terusan tak tampil alias blank. Sesudah memasang ads.txt di situsmu yang harus kamu lakukan hanyalah menunggu & tidak usah khawatir karena berapa lamapun waktunya nantinya error ini akan hilang sendiri dari beranda adsense kamu.

Demikian artikel Cara Mudah Mengatasi Masalah Ads.Txt Pada Google Adsense. Semoga artikel saya ini bermanfaat dan menambah ilmu bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url