close

9 Cara Merawat HP Agar Tidak Lemot & Awet

9 Cara Merawat HP Agar Tidak Lemot & Awet - Smartphone saat ini sudah menjadi alat komunikasi utama bagi masyarakat. Mulai dari remaja, dewasa bahkan orang tuapun menggunakan smartphone sebagai alat untuk berkomunikasi dalam keseharian mereka.  Untuk itu sebagai pemilik handphone sebaiknya kita mengetahui cara merawat handphone android agar tidak lemot dan dengan benar. Hal ini kita lakukan demi menjaga smartphone milik kita agar tetap awet & tidak gampang rusak.

Karena jika handphone yang kita miliki mengalami kerusakan maka mau tak mau kita harus membawanya ke tempat servis hp serta harus mengeluarkan biaya yang lumayan untuk perbaikan handphone. Apalagi dengan semakin berkembangnya tekhnologi & fitur-fitur baru pada handphone maka akan menyebabkan mahalnya harga sparepart serta upah servis apabila handphone mengalami kerusakan. Tak hanya itu jika kita merawat hp dengan baik maka banyak manfaat yang akan kita terima nantinya.


Apa Saja Cara Merawat Hp Android Yang Bisa Kita Lakukan Agar Hp Android tidak Lemot & Awet?


Memasang Pelindung HP & Anti Gores Hp

Salah satu cara merawat hp adalah dengan cara memasang kasing pelindung untuk body hp yang mana bisa terbuat dari silikon, alumunium, plastik fiber atau polycarbonate. Serta jangan lupa juga memasang anti gores atau tempered glass untuk smartphone kamu. Dengan memasang kedua pelindung tersebut akan membuat mesin ataupun layar sentuh hp akan lumayan aman jika terjatuh.

Lantas apa hubungannya kedua hal tersebut dengan hp lemot.Tentu saja berhubungan karena jika mesin hp ataupun layar mengalami benturan bisa menyebabkan kerusakan pada mesin ataupun layar smartphone. Mesin yang rusak bisa menyebabkan pemprosesan data handphone akan lambat, hal ini akan membuat handphone ngelag ataupun lemot.

Sedangkan apabila layar sentuh rusak maka terkadang akan menyebabkan ghost touching ( layar menyentuh-nyentuh sendiri ). Ghost touching bisa menyebabkan smartphone tidak merespon sentuhan pengguna karena diakibatkan smartphone terus menerus menerima perintah input dari layar sehingga mengakibatkan hp lemot & kadang kala smartphone menyentuh-nyentuh layar dengan sendirinya.


Tidak Sembarangan Instal Aplikasi DI Handphone

Agar hp kita tidak lemot usahakan tidak asal menginstal sembarang aplikasi pada smartphone atau handphone kita. Installah aplikasi yang benar-benar kita butuhkan saja. Apalagi jika handphone kamu adalah hp dengan type memory internal rendah seperti 1gb atau 2 gb serta berkapasitas ram di bawah 3gb. Terlalu banyak menginstal aplikasi di hp akan membuat penyimpanan internal hp kepenuhan. Jika intenal hp terlalu kepenuhan akan membuat loading hp menjadi lamban ( lemot ).

Dan parahnya jika dibiarkan terus-menerus kepenuhan & muncul notifikasi memory storage full ( memory hp penuh ) maka bisa-bisa handphone menjadi bootlop atau kemungkinan terparahnya adalah mati total.


Tidak Bermain Game Terlalu Lama

Bermain game di handphone boleh-boleh saja asalkan bermainnya tidak terlalu lama & tidak sampai hp menjadi  panas. Namun sering diantara kita bermain hp dalam jangka waktu yang lama & tak tanggung-tanggung game yang dimainkan adalah game berat sejenis ghensin impact, dragon raja, black desert mobile serta game - game yang lain yang mana sangat membebani ram & prosesor.

Jika hp kamu adalah type smartphone yang dikhususkan untuk gaming ataupun smartphone kamu adalah smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni maka bermain game berat mungkin tak akan terlalu mempengaruhi smartphone kamu.

Bermain game terlalu lama apalagi memainkan game berat di handphone bisa merusak handphone kamu. Kerusakan tersebut antara lain :

  • Baterai menjadi kembung atau soak

  • Emmc menjadi lemah

  • Hp menjadi bootloop

  • Cpu  smartphone rusak 

  • Power smartphone rusak 

  • Touchscreen atau layar sentuh ghost touching atau no respon


Jangan Memakai HP Sambil Mencharging Baterai

Memakai hp sambil dicharging sebenarnya tidak begitu disarankan & tak baik bagi smartphone. Tindakan ini bisa menyebabkan baterai tidak awet, baterai menjadi kembung & bisa menyebabkan kerusakan pada konektor usb ic charger bahkan area power. Kerusakan yang paling sering akibat dari memakai hp sambil mencharging adalah kerusakan pada baterai.

Baterai menjadi mudah habis walaupun baru beberapa saat di pakai. Jadi usahakan mencharging baterai dahulu sampai penuh kemudian barulah dipakai agar hp awet & tidak mudah rusak.

 

Hapus Data Aplikasi

Jika penyimpanan pada smartphone penuh maka akan mengakibatkan smartphone menjadi lemot dan fatalnya bisa merusak memory hp. Maka hapuslah data serta cache pada aplikasi yang memiliki data serta cache yang cukup berat diantaranya : Aplikasi youtube, instagram, browser dll. Kamu dapat menghapusnya dengan memilih kelola aplikasi kemudian pilih aplikasi yang datanya ingin kamu hapus. Selanjutnya pilih hapus data atau hapus cache aplikasi.

Untuk hapus data aplikasi sendiri jangan asal digunakan terutama pada aplikasi seperti whatssapp karena bisa menyebabkan video, dokumen serta gambar yang dikirim kenalan ke hp kita hilang total. Jadi gunakan fitur hapus data sebijak mungkin.

Untuk hapus cache sendiri kamu bisa menggunakannya pada aplikasi apapun & tanpa perlu khawatir data kamu terhapus.


Backup Data Ke Laptop Ataupun Pc

Bagi kamu yang memiliki laptop ataupun PC di rumah maka sebaiknya kamu gunakan untuk membackup data smartphone kamu. Dengan membackup data ke laptop ataupun pc bisa membuat memory smartphone kamu menjadi lega & loading smartphone menjadi cepat.

Tindakan ini juga bisa menjaga memory internal hp  ( emmc ) tetap sehat serta menambah jangka umur emmc smartphone.


Hapus File Yang Tidak Dibutuhkan

Usahakanlah untuk menghapus file yang tidak dibutuhkan ataupun jarang digunakan. File-file tersebut bisa berupa Video, Gambar, Musik, Dokumen. Jika kamu tak ingin menghapus file tersebut kamu bisa membackupnya seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Dengan terhapusnya file yang tak dibutuhkan ataupun jarang digunakan akan menambah ruang kosong pada memory internal & loading handphone pun akan terasa semakin cepat.

 

Hindari Multitasking Yang Berlebihan

Melakukan multitasking ( membuka beberapa aplikasi sekaligus ) secara berlebihan bisa menyebabkan handphone menggunakan banyak memory ram. penggunaan ram yang terlalu tinggi bisa memperlambat loading handphone. Jadi usahakan untuk menutup atau close aplikasi lain sebelum membuka aplikasi yang baru.

Pada orang tua seringkali handphone mereka menjadi lambat ataupun lemot karena mereka secara tak sengaja melakukan multitasking secara berlebihan. Penyebab  utamanya adalah dikarenakan ketidaktahuan mereka mengenai smartphone ataupun karena mereka abai. Tapi rata-rata dari mereka mengaku bahwa mereka tidaklah tahu bahwa multitasking pada smartphone bisa menyebabkan hp menjadi lemot.


Hindari Root Ataupun Mengoprak-Oprek Smartphone

Memang banyak manfaat melakukan root salah satunya kita diberi kebebasan untuk memasang apk apapun pada handphone, bebas mengkustomize handphone,  bebas menguninstal aplikasi bawaan handphone, cusrom, blokir iklan dll. Namun tahukah kamu dengan me-root handphonemu maka kamu akan kehilangan garansi, hp lebih rentan terkena virus, rentan pencurian data, & salah oprek hp kamu bisa bootlop atau malah matot.

Jadi sebaiknya hindari me-root ataupun mengoprak-oprek hp kamu jikalau kamu masih ingin hp kamu aman digunakan & agar awet.


Kesimpulan

Dengan merawat handphone maka akan membuatnya tidak lemot & awet atau tidak gampang rusak.  Merawat handphone bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kamu bisa melakukan beberapa cara yang telah saya jelaskan di atas yaitu 9 cara merawat hp android dengan benar agar hp tidak lemot serta awet. Cara di atas juga bisa kamu terapkan pada semua jenis hp android seperti samsung, xiaomi, oppo vivo maupun merk lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url