close

Cara Menghilangkan Nama Blog Pada Judul Di Penelusuran

Sebagai seorang blogger tentunya kita menginginkan agar artikel di blog kita bisa masuk ke page one walapun hanya pada peringkat 2 ataupun 3. Karena walaupun begitu menduduki peringkat tersebut bisa dibilang adalah pencapaian yang luar biasa. Namun untuk mencapai hal tersebut tentunya kita harus bekerja keras & juga berusaha mengoptimalkan blog kita.

Pengoptimalan yang kita lakukan tersebut tidak hanya terbatas pada seo saja namun kita juga melakukan banyak hal seperti memasang banyak backlink, optimasi template, optimasi page speed, optimasi tampilan mobile friendly & masih banyak lainnya yang tentunya kita lakukan demi mencapai hasil yang optimal.


Judul Blog Dan Hubungannya Dengan SEO

Judul pada sebuah blog merupakan salah satu bagian dari SEO. Sebuah judul merupakan salah satu indikator yang menentukan apakah pengunjung akan mengunjungi situs web kita dengan mengkliknya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang cenderung akan membaca sebuah artikel di saat ia membaca judul & menemukan bahwa judul tersebut menarik ataupun sesuai dengan apa yang saat ini ia cari. 

Namun walaupun begitu sangat tidak disarankan menulis sebuah judul yang tidak relevan dengan isi artikel atau istilah kerennya disebut judul clickbait. Karena hal ini hanya akan membuat situs kita mendapatkan penilaian buruk yang menyebabkan turunnya DA maupun PA situs kita dan membuat pengunjung tidak tertarik untuk mengunjungi kembali situs & enggan berlama-lama pada situs kita.

Bagi kamu yang tak tahu apa itu DA maupun PA maka di sini saya akan menjelaskan sekilas serta ringkas. DA ialah singkatan dari domain authority atau secara simpel bisa diartikan sebagai indikator situs terpercaya. PA ialah page authority atau secara simpel bisa diartikan sebagai indikator halaman apakah terpecaya atau tidak. Semakin tinggi DA maupun PA situs kita maka akan semakin bagus di mata google.


Pengaturan Default Judul Blogspot Pada Mesin Penelusuran

 

Seperti yang tampak pada gambar di atas bahwa pengaturan default judul blogspot pada mesin penelusuran ialah judul kemudian nama blog. Dari penampakan gambar diatas jelas terlihat bahwa judul terpotong dikarenakan adanya nama blog. Hal ini tentunya tidak bagus secara SEO & akan mengurangi potensi artikel tersebut akan di klik oleh pengunjung.

Jika judul tak terpotong oleh nama blog maka akan lebih baik secara SEO & tentunya akan lebih menarik & membuat calon pengunjung tertarik untuk mengklik artikel tersebut.

 

Bagaimana Cara Menghilangkan Nama Blog Blogspot Pada Mesin Penelusuran

Untuk menghilangkan nama blog kita pada judul saat di cari lewat mesin penelusuran google maka kamu dapat mengikuti cara dibawah ini :


  • Masuk ke dashboard blogger kamu

  • Pilih thema

  • kemudian pilih Edit HTML

  • Carilah Kode berikut <title><data:blog.pageTitle/></title> untuk memudahkan pencarian tekan tombol ctrl+f kemudian ketikkan kode tadi. Atau kamu dapat juga mencari kodenya secara manual yang biasanya terdapat dibawah tag < head >. Lihat pada gambar dibawah untuk lebih jelasnya :


  • Setelah menemukan kode yang akan kita ubah maka selanjutnya kita tinggal memblok seluruh kode tersebut & menghapusnya. kemudian ketikkan kode di bawah ini pada kode yang telah kita hapus sebelumnya. Ketikkan atau masukkkan kode ini :

 

<b:if cond='data:blog.pageType== &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

 

  • Setelah dimasukkan hasilnya akan menjadi seperti ini :

 

  • Lanjut klik simpan untuk menyimpan pengaturan yang telah kita buat.


Tampilan Judul Sesudah Menggunakan Kode

Setelah melakukan pengubahan kode seperti cara yang telah saya jelaskan di atas maka beginilah hasil dari tampilan judul blog milik saya.


 

Perubahan ini barulah akan terjadi setelah kode di atas diterapkan kemudian menunggu hingga 24 jam ( sehari ) ataupun lebih dari sehari.


Mengapa Cara Diatas Tidak Berhasil ?

Setelah menerapkan cara diatas namun judul artikel kamu pada mesin penelusuran tetap masih memakai judul blog. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal yakni : 


Kamu Salah Menghapus Kode 

Kode yang kamu hapus mungkin salah. Periksa ulang kode jika terdapat kesalahan silahkan diperbaiki kemudian simpan pengaturan. 


Kode Yang Kamu Masukkan Salah

Ada kode yang kurang ataupun berlebih sehingga menyebabkan kode terdeteksi sebagai kode salah di html. Perbaiki kesalahan kode kemudian simpan kembali pengaturan.


Kamu Salah Mengubah Kode

Kesalahan pengubahan kode bisa juga menyebabkan judul blog tidak hilang. Periksa kembali kode yang kamu masukkan kemudian jika sudah diperbaiki lanjut dengan mengklik simpan. 


Kamu Salah Menempatkan Kode

Periksa penempatan kode. Bisa jadi kamu khilaf sehingga kamu salah meletakkan kodenya. Hapus kode tersebut kemudian pindahkan ke lokasi yang benar. Setelah diperbaiki jangan lupa untuk menyimpan pengaturannya dengan mengklik simpan. 


Kamu Lupa Mengklik Simpan

Kadangkala akibat kita terlalu buru-buru & kurang fokus membuat kita lupa mengklik tulisan simpan. Hal ini akan membuat kode yang tadinya kita buat tidak akan diterapkan pada blog sehingga nama blog pada judul artikel di penelusuran tetap ada alias tidak menghilang.


Error Ataupun Bug Pada Blogger Kamu

Penyebab yang satu ini biasanya jarang terjadi namun tidak menutup kemungkinan bahwa error ataupun bug ini dapat terjadi. Solusi atas permasalahan ini hanyalah menunggu sampai pihak google melakukan perbaikan pada error maupun bug blogger.

Error ataupun bug ini bisa jua disebabkan program browser milik kamu. Kamu dapat menggunakan browser lain untuk memastikan apakah bug atau error ini berasal dari browser milik kamu.


Kamu Tidak Menunggu Hingga 24 jam Atau Menunggu Sampai Crawl Selanjutnya Yang Dilakukan google

Mungkin setelah menerapkan kode kemudian kamu langsung melihat apakah judul artikel kamu pada mesin penelusuran tidak lagi mengikutsertakan nama blog. Tapi setelah melihat hasilnya masih sama seperti sebelumnya maka kamu menganggap bahwa kode di atas tidaklah bekerja.

Kode ini memang tak akan langsung bekerja secepat itu. Ia akan bekerja setelah 24 jam ataupun lebih tergantung seberapa cepat crawl di lakukan oleh google.


Sampai Kapankah Judul, Baru Akan Berubah ?

Agar judul bisa benar-benar berubah setidaknya membutuhkan waktu 24 jam atau sehari semalam. Namun tak jarang juga waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari 24 jam atau bahkan menunggu sampai google melakukan web crawl selanjutnya.

Setelah memasukkan kode di atas seharusnya kamu tak perlu lagi khawatir bahwa kodemu tidak akan berubah. Sabarlah menunggu karena nantinya judul artikel blogmu di penelusuran akan berubah dengan sendirinya setelah google melakukan crawl.


Kesimpulan

Judul ialah salah satu bagian penting pada SEO. Judul yang menarik akan mendatangkan lebih banyak pengunjung. Oleh karenanya kita perlu menghilangkan nama blog pada tampilan judul artikel di mesin penelusuran, Menghilangkannya bisa menggunakan cara di atas kemudian kita hanya perlu menunggu selama 24 jam ataupun lebih.

Setelah menggunakan kode di atas kita harus sabar menunggu untuk melihat hasilnya  & kita tak perlu khawatir jika hasilnya belum muncul. Selama telah merubah kode diatas cepat ataupun lambat tampilan judul tersebut akan berubah dengan sendirinya.

Demikian artikel Cara Menghilangkan Nama Blog Pada Judul Di Penelusuran semoga bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url