close

Begini Cara Mencegah & Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah

Begini Cara Mencegah & Mengatasi Bau Mulut Dengan Mudah | Bau tak sedap pada mulut adalah sesuatu yang sangat mengganggu baik bagi diri kita sendiri ataupun bagi orang lain. Bau tak sedap dari mulut membuat orang yang berbicara dengan kita terganggu serta merasa tak nyaman, akibatnya pembicaraan menjadi kurang berkualitas. Mulut yang bau juga dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Bau mulut atau disebut halitosis ( istilah medis ) bisa terjadi pada siapa saja.

 

Penyebab utama yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut seseorang ialah tidak menjaga kebersihan mulut dan jarang menggosok gigi. Namun tak jarang bau tak sedap pada mulut juga muncul akibat adanya penyakit, plak dan mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu.

Disini Kenangan Anggora akan membahas mengenai cara menghilangkan masalah bau mulut. Simak penjelasannya di bawah ini :

 

Cara Menghindari Bau Tak Sedap Pada Mulut

Untuk menghindari bau tak sedap pada mulut kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

 

1. Rajinlah Menggosok Gigi

Rajinlah menggosok gigi minimal dua sampai tiga kali sehari. Disarankan untuk menyikat gigi setelah selesai makan. Untuk jenis pasta gigi gunakanlah jenis pasta gigi yang mengandung zat fluoride. Saat sedang menyikat gigi, sikatlah gigi dengan cara yang baik dan benar serta jangan lupakan untuk meyikat lidah di saat kita sedang menggosok gigi.

 

2. Mengganti Sikat Gigi Setiap 2 Bulan

Sikat gigi yang sudah lama dipakai biasanya bulu-bulunya mulai rusak dan tidak rapat, ini akan menyebabkan gigi yang disikat menjadi kurang bersih. Jadi sebaiknya gantilah sikat gigi minimal 2 bulan sekali.

 

3. Periksa Pola Makanmu

Orang yang sering makan makanan instan atau junk food biasanya cenderung memiliki bau yang tidak sedap pada mulutnya jika mereka jarang menggosok gigi. Hal ini di karenakan makanan-makanan tersebut mengandung zat kimia yang apabila mengendap lama akan menyebabkan mulut menjadi bau. Periksalah pola makanmu kemudian perbaikilah agar kamu terhindar dari jenis makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.


4. Berhentilah Merokok & Minum Minuman Beralkohol

Orang yang sering merokok seringkali mulutnya berbau tidak sedap. Bau tidak sedap ini disebabkan bau dari tembakau. Begitu juga orang yang sering minum minuman alkohol, mulut mereka akan menimbulkan bau tak sedap akibat dari bau alkohol tersebut Hentikanlah kebiasaan buruk tersebut agar mulut kamu tidak berbau tak sedap.

 

5. Rutin Memeriksakan Gigi Ke Dokter Gigi

Kadangkala bau mulut bisa diakibatkan karena penyakit penyakit tertentu atau plank pada gigi. Namun walaupun gigi tidak sedang sakit ada baiknya kita tetap rutin memeriksakan gigi kita ke dokter gigi terdekat. 

 

Cara Menghilangkan Masalah Bau Pada Mulut

Walaupun sudah berusaha menghindari penyebab-penyebab timbunya bau tak sedap pada mulut namun bau mulut tersebut tetap saja muncul pada mulut kita. Untuk mengatasi hal ini kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini: 

 

1. Berkumur Dengan Pencuci Mulut ( Mouthwash )

Dengan menggunakan produk pencuci mulut atau mouthwash kamu bisa menghilangkan bau yang tidak sedap pada mulut dengan seketika. Caranya cukup berkumur dengan mouthwash selama 1 menit. Setelah berkumur-kumur maka mouthwash akan bekerja secara menyeluruh untuk membersihkan kotoran dan bau mulut dengan cepat. Hasilnya mulut kamu akan bersih dan nafas menjadi harum dan segar. 

 

2. Mengunyah Permen Atau Permen Karet

Apabila kamu tidak sempat menyikat gigi ataupun menggunakan produk mouthwash maka kamu bisa menggunakan permen ataupun permen karet sebagai alternatif untuk menghilangkan bau yang tak sedap pada mulut. Kamu juga dapat menggunakan permen karet ataupun permen untuk membuat mulut kamu menjadi harum seketika disaat kamu hendak melakukan pertemuan penting dengan orang lain.

Gunakan permen ataupun permen karet dengan rasa mint atau xylitol. Zat mint & xylitol lebih efektif menghilangkan bau mulut sekaligus memberikan sensasi yang segar dan dingin pada nafas. 

 

3. Perbanyak Meminum Air Putih

Dengan meminum banyak air putih akan menjaga mulut tetap lembab dan tidak kering. Mulut yang kering bisa menyebabkan mulut menjadi mengeluarkan bau tidak sedap. Air juga mampu menghilangkan sisa makanan pada mulut dan juga bakteri 

 

4. Meminum Susu

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan meminum susu mampu menghilangkan bau mulut akibat memakan makanan yang memiliki bau yang menyengat. 

 

5. Mengunyah Daun Sirih

Daun yang satu ini seringkali digunakan terutama oleh kakek dan nenek kita dengan cara dikunyah. Daun sirih juga sering dipakai sebagai obat herbal alami. Salah satu fungsi dari daun ini sendiri ialah memiliki zat yang mampu melawan bakteri & radang yang ada pada gigi dan mulut serta dapat mengatasi bau mulut. 

 

6. Memakan Buah Jeruk

Selain kaya akan Vit C buah yang satu ini juga dapat meningkatkan fungsi produksi air liur pada mulut. Dengan maksimalnya produksi air liur pada mulut Maka bakteri penyebab bau mulut akan terbuang dari dalam mulut.

 

7. Minum Yogurt

Kandungan probiotik yang terkandung pada yogurt di percaya mampu melawan faktor penyebab bau mulut di mulut. Tak hanya itu probiotik juga mampu menekan jumlah hidrogen sulfida yang ada pada mulut. Hal ini tentunya akan menghilangkan bau tak sedap pada mulut.

Disarankan untuk meminum yogurt yang tidak memiliki kandungan gula ataupun pilihan rasa ( tidak memiliki rasa ).

 

8. Hindari Makanan Ataupun Minuman Yang Menyebabkan Bau Mulut

Banyak contoh makanan yang dapat menyebabkan bau pada mulut salah satunya adalah jengkol. Makanan ini mungkin bagi beberapa orang merupakan makanan yang lezat namun bisa menyebabkan bau pada mulut apabila dikonsumsi. Jika kamu tidak ingin bau mulut menjadi tak sedap maka alangkah baiknya jika menghindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan munculnya bau tak sedap pada mulut. 

 

9. Gunakanlah Baking Soda atau Soda Kue Untuk Berkumur

Selain menggunakan mouthwash kamu juga dapat menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau pada mulutmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa soda kue terbukti efektif membunuh bakteri yang menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

Cara menggunakannya yaitu dengan melarutkan 2 sendok soda kue & garam dapur ke dalam air hangat kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut hingga 1 menit. Dengan rutin berkumur mampu membersihkan sisa makanan yang ada pada permukaan gigi dan juga plak pada gigi serta menghilangkan bau mulut. 

 

10. Menggunakan Daun Saga

Daun saga terbukti mampu membunuh bakteri bau mulut serta mengatasi masalah kerusakan gigi & gusi. Daun Saga juga dapat mengurangi radang di gusi serta mulut. Tak hanya itu daun ini juga mampu mengatasi masalah sariawan.

 

11. Menggunakan Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis maka yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan 6 sendok jeruk nipis & garam secukupnya dengan air hangat. Lalu berkumurlah dengan air hangat tersebut selama 1 menitan.

 

Penutup

Bau mulut bisa membuat diri sendiri tidak nyaman. Bau mulut ini juga sangat mengganggu bagi kita & juga orang lain yang ada di sekitar kita. Bau mulut juga tak jarang membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Ada berbagai macam penyebab bau mulut salah satunya adalah jarang menggosok gigi. Untuk mengatasi bau mulut ini kamu dapat menggunakan 11 cara menghilangkan bau mulut secara alami diatas. Cara di atas juga dapat di gunakan untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang.

Demikian artikel Begini Cara Mencegah & Mengatasi Bau Mulut Dengan Mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url