close

11 Cara Menghemat Uang Secara Simple Agar Kamu Cepat Kaya

11 Cara Menghemat Uang Secara Simple Agar Kamu Cepat Kaya | Apakah kamu merasa dirimu sangat boros ? Jika iya maka mungkin saja sifat boros ini adalah akibat dari kebiasaan sepele yang tidak kita sadari. Tanpa disadari setiap harinya kita menghabiskan uang untuk hal-hal yang tak berguna ataupun menggunakan uang secara tidak terencana akibatnya kita menghabiskan uang secara berlebihan. Hal ini harus dihindari karena jikalau dibiarkan terus-terusan akan berdampak buruk pada kondisi keuangan kita.

11 Cara Menghemat Uang Jajan Secara Simple

Karena itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara menghemat uang. Sebenarnya banyak cara untuk menghemat uang, mulai dari menghemat uang jajan pribadi ataupun menghemat keuangan keluarga. Untuk bisa mulai hemat kita harus mempunyai niat yang sungguh-sungguh. Dengan berhemat kita akan memiliki tabungan masa depan dan memiliki dana cadangan untuk kebutuhan darurat. Dan dengan berhemat kita juga bisa melatih diri kita untuk menggunakan uang secara bijak.

Di sini saya akan membagikan cara menghemat uang secara cara simpel agar kamu cepat kaya. Berikut cara menghemat uang yang Kenangan Anggora telah rangkum : 

 

1. Rencanakan Pengeluaran Harian

Merencanakan pengeluaran harian merupakan salah satu cara berhemat. Rencanakanlah jumlah pengeluaran tetap yang akan dikeluarkan tiap harinya. Kemudian bawalah uang sesuai pengeluaran harianmu, Jangan membawa uang melebihi pengeluaran harianmu.

Dengan cara ini dirimu akan berpikir dua kali ketika berniat menghabiskan uang jajanmu saat kamu berada di luar rumah. 

 

2. Saat Keluar Rumah Bawa Uang Cash Secukupnya

Saat hendak keluar rumah bawalah uang cash secukupnya di dalam dompet kamu. Nantinya saat kamu tergiur untuk berbelanja suatu barang Maka niatmu untuk membelinya akan menghilang seketika di karenakan uang cash di dompetmu tidaklah cukup.

Jikalaupun kamu memiliki kartu kredit di dompetmu, kamu nantinya akan malas bolak-balik untuk mengambilnya dan kembali lagi menuju toko tersebut. Dengan begini dirimu menjadi tidak boros dan bisa lebih menghemat uang jajan kamu. 

 

3. Selalu Utamakan Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus kamu utamakan terlebih dahulu. Karena itu disaat kamu berpikir menghabiskan uangmu untuk hal selain kebutuhan pokok maka urungkanlah niat tersebut. Bukan berarti kamu tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan uangmu pada kebutuhan tersier ( Kedua ). 

Hanya saja kebutuhan tersier sendiri bisa kamu penuhi dengan mengatur jadwal pembelian kebutuhan tersebut secara berkala, misalkan tiap 2 bulan sekali ataupun tiap 3 bulan sekali.

 

4. Catatlah Pengeluaran Harianmu Kemudian Evaluasi

Mencatat pengeluaran harian membuatmu bisa mengetahui apa saja yang yang kamu beli dan di mana kamu mengghabiskan uangmu. Setelah kamu mencatatnya maka kamu akan mengetahui Apakah barang yang tadinya kamu beli benar-benar kamu butuhkan ataukah termasuk pemborosan. Kamu juga dapat mengetahui tempat di mana kamu cenderung menghabiskan banyak uang.

Setelah mengetahui hal-hal tersebut maka kamu dapat menekan pengeluaranmu dengan cara memikirkan ulang barang yang harusnya kamu beli dan menghindari tempat-tempat di mana kamu menghabiskan banyak uangmu. 

 

5. Saat Bertransaksi Hendaklah Menggunakan Uang Tunai Saja.

Biasakanlah untuk bertransaksi dengan menggunakan uang tunai. Jangan membiasakan menggunakan kartu kredit atau pun menggunakan e-money saat bertransaksi. Memang menggunakan kartu kredit ataupun e-money bisa lebih memudahkan bertransaksi serta memiliki banyak keuntungan lainnya. Namun terkadang keuntungan tersebut seperti diskon, promo serta cashback membuat seorang menjadi lebih agresif untuk membelanjakan uangnya.

Dan lebih parahnya lagi jikalau kamu tak mampu mengontrol diri kamu maka bisa jadi kamu menghabiskan seluruh uangmu atau bahkan membuat kamu terlilit hutang akibat penggunaan kartu kredit yang berlebihan. Oleh karena itu marilah biasakan untuk bertransaksi dengan menggunakan uang tunai saja. 

 

6. Atur pola makan Dan Berolahraga Secara Rutin

Dengan mengatur pola makan dan rajin berolahraga secara rutin akan membuat jiwa dan tubuh kita menjadi sehat dan kuat. Dengan begitu kita tak akan mudah sakit. Jika kita sehat maka kita tak perlu menghabiskan uang untuk biaya berobat.

Bayangkan berapa banyak uang yang bisa kita hemat karena tak perlu berobat ke dokter ataupun ke rumah sakit. Tak hanya itu dengan berolahraga secara rutin akan memperpanjang umur dan membuat kita awet muda. 

 

7. Sarapan Di rumah Serta Membawa Bekal

Sebelum pergi kerja ataupun melakukan aktivitas di luar rumah ada baiknya sarapan atau makan terlebih dahulu. Dan juga jangan lupa untuk mempersiapkan bekal untuk di bawa. Dengan sarapan dan membawa bekal maka kamu telah menghemat uang sekitar 30 ribuan sehari. Jika kamu kalikan 30 ribu dikali 30 hari maka uang yang berhasil kamu hemat adalah sekitar Rp 900.000 selama sebulan. 

 

8. Menggunakan Transportasi Umum

Mungkin dibenakmu menggunakan transportasi umum adalah sebuah pemborosan. Kamu pasti berpikir bahwa bukannya lebih baik menggunakan kendaraan pribadi? Karena menggunakan kendaraan pribadi lebih menghemat keuangan.

Kamu salah, saat kita menggunakan transportasi umum maka kita tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar kendaraan. Penggunaan bahan bakar kendaraan bisa dibilang lebih boros di daerah perkotaan terutama kota besar.

Hal itu dikarenakan jalur yang harus kamu ambil jadi terlalu panjang dan kamu juga bisa terkena macet. Sedangkan jika kita menggunakan transportasi umum maka jalan yang kita ambil merupakan rute terpendek, menghemat waktu serta menghemat waktu perjalanan kita.


9. Sesuaikan Pergaulanmu

Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup yang sederhana. Janganlah kamu bergaul dengan mereka yang memiliki gaya hidup yang tinggi karena orang-orang jenis ini cenderung banyak menghabiskan uangnya.

Karena jikalau kamu berteman dengan mereka, takutnya kamu akan menjadi boros seperti mereka. Seperti kata pepatah temanmu adalah cerminan dirimu. 

 

10. Belilah Barang Berkualitas Tinggi

Membeli barang dengan kualitas tinggi nyatanya bisa menghemat uang kamu. Karena barang berkualitas tinggi tidak gampang rusak sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan ataupun untuk mengganti barang tersebut dengan barang yang baru. Jadi sebelum membeli barang pastikan barang yang beli adalah barang serta berkualitas tinggi. 

 

11. Berinvestasilah Atau Menabung

Daripada menghabiskan uangmu secara boros pada hal yang tak berguna maka lebih baik uang tersebut ditabung ataupun investasikan. Kamu dapat memilih jenis tabungan dan investasi sesuai selera kamu. Di zaman sekarang ini banyak sekali jenis investasi dan tabungan yang bisa kamu pilih. Seperti tabungan konvensional, berjangka, tabungan anak, haji, giro, dan investasi.

Sementara jenis investasi antara lain investasi emas, prestasi tanah, properti, saham dan lain sebagainya. Dengan berinvestasi ataupun menabung maka kamu bisa berhemat sekaligus menata masa depanmu.


Penutup

Untuk bisa berhemat dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh bukanlah niat yang setengah-setengah. Banyak cara berhemat yang bisa kita lakukan contohnya adalah beberapa cara diatas . Berhemat bisa membantu kita melatih diri untuk menggunakan uang secara bijak. Berhemat juga bisa membuat kita mampu menata masa depan kita serta keluarga kita.  Tips di atas bisa digunakan untuk menghemat uang uang jajan bulanan pribadi, uang gaji serta uang belanja.

Demikian artikel 11 Cara Menghemat Uang Secara Simple Agar Kamu Cepat Kaya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url