close

9 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui

9 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui | Seiring bertambahnya umur seseorang maka semakin jarang ia untuk tertawa. Berdasarkan sebuah penelitian dilapangan bahwa orang dewasa hanya tertawa sekitar 20 kali sehari. Sementara anak- anak bisa tertawa sampai lebih dari 300 kali sehari. Berkurangnya jumlah tertawa pada orang dewasa di karenakan saat mereka beranjak dewasa mereka telah mengetahui realita hidup & mau tak mau mereka harus menjalani kehidupan secara serius. Hal ini menyebabkan mereka jadi lebih jarang untuk tertawa.

manfaat tertawa, manfaat tertawa bagi kesehatan, manfaat tertawa untuk kesehatan, manfaat tertawa bagi tubuh

 
Tertawa sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kita salah satu contohnya ialah membuat tubuh serta pikiran yang lelah menjadi lebih baik dari sebelumnya akibat pengaruh hormon endorfin yang di lepaskan oleh tubuh pada saat tertawa. 

 

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Selain dari contoh di atas, tertawa sendiri memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan yang kenangan anggora telah rangkum :


1. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Saat kita tertawa di saat itu tubuh mengeluarkan hormon yang memiliki kemampuan meningkatkan ketahanan serta anti bodi tubuh. Meningkatnya ketahanan serta anti bodi pada tubuh maka akan menjadikan tubuh semakin sehat & kuat terhadap serangan berbagai macam jenis virus serta bakteri yang menyebabkan berbagai macam penyakit.


2. Meredam Stress, Kecemasan & Rasa Takut

Cobalah untuk banyak tertawa ketika kamu mengalami kecemasan, stress, & ketakutan. Tertawa di percaya mampu meredam ke 3 jenis emosi ini serta meringankan pikiran. Berkurangnya atau hilangnya ke tiga jenis emosi ini di sebabkan berkurangnya hormon pemicu emosi ini & peningkatan hormon endorfin yang di produksi.

 

3. Memperpanjang Umur

Sebuah studi mengungkapan bahwa orang yang banyak tertawa dan punya selera humor yang bagus lebih memiliki umur yang lebih panjang di bandingkan dengan orang yang jarang tertawa dan punya selera humor buruk.

Sebisa mungkin perbanyaklah tertawa setiap harinya agar umur panjang. Namun jangan tertawa secara berlebihan karena bisa-bisa orang lain menganggap kamu yang aneh-aneh.

 

4. Memberi Manfaat Baik Bagi Tubuh & Jantung

Dengan banyak tertawa maka secara tak sadar tubuh kamu telah meningkatkan kinerja sel pembuluh darah serta memperlancar aliran darah dalam tubuh. Dengan meningkatnya kinerja sel pembuluh darah serta lancarnya darah yang mengalir ke seluruh bagian tubuh dapat memperbaik kesehatan tiap-tiap organ bagian tubuh terutama organ jantung.

Dengan tertawa kamu mendapat dua manfaat sekaligus dan hal ini tentunya akan sangat berdampak besar bagi kesehatan tubuh.

 

 5. Menghilangkan Ketegangan Pada Tubuh

Ketegangan yang ada pada tubuh bisa di hilangkan dengan tertawa. Setelah tertawa ketegangan tubuh akan menghilang lalu tubuh akan menjadi lebih rileks.

 

6. Membuat Pikiran Lebih Positif & Bahagia 

Pikiran akan menjadi lebih positif dan bahagia ketika kita tertawa. Karena dengan tertawa hormon endorfin akan di lepaskan. Hormon ini membuat pikiran menjadi lebih postif & bahagia. Hormon endorfin juga berfungsi menghilangkan rasa sakit & penting untuk menjaga kesehatan mental.


7. Mengurangi Kalori Tubuh

Saat tertawa beberapa otot dalam tubuh akan bergerak seperti seolah sedang melakukan olahraga yang ringan. Otot-otot tersebut antara lain otot diafragma, perut & bahu. Jika tertawa selama 20 menit sehari bisa membakar sekitar 45 kalori maka selama setahun total kalori yang dapat di bakar yakni sekitar 1kg sampai 2kg. 

 

8. Membuat Wajah Lebih Awet Muda

Tertawa dapat membuat wajah kamu terlihat muda. Karena dengan tertawa otot pada wajah banyak bergerak yang menyebabkan otot wajah menjadi kencang. Tertawa juga melepaskan hormon endorfin yang membuat tubuh bahagia, hal ini tentunya akan membuat tubuh sehat dan wajah terlihat lebih muda.

Dengan tersenyum dan tertawa membuat seseorang tampak terlihat lebih muda dibandingkan umur yang sebenarnya serta membuat seseorang lebih cantik dan lebih terlihat menawan.

 

9. Melatih Otak

Di saat seseorang melemparkan sebuah joke ataupun candaan maka di saat itulah bagian otak yang berfungsi untuk mempelajari sesuatu akan aktif untuk mencerna joke ataupun candaan yang di lemparkan oleh teman kita tadi. Di saat otak berusaha mencerna joke ataupun candaan tadi, otak seolah sama seperti melakukan latihan untuk menjawab sebuah kuis. 

 

Cara Agar Bisa Banyak Tertawa

Tertawa merupakan kebutuhan alami bagi tubuh. Manusia mulai tertawa semenjak kecil hingga beranjak dewasa. Jika kamu merasa akhir-akhir ini kamu jarang tertawa maka kamu dapat melakukan beberapa cara berikut untuk bisa lebih banyak tertawa :

 

Menonton Film Ataupun Acara Komedi

Cara ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk membuat seseorang bisa lebih banyak tertawa. Carilah film ataupun acara komedi yang menurut kamu sesuai dengan jenis selera humor kamu. Jangan menonton film ataupun acara komedi yang tak sesuai jenis selera humormu karena bukannya tertawa nantinya kamu malah hanya merasa bosan.

Jadi sesuaikan film ataupun acara komedi yang sesuai dengan jenis selera humormu agar kamu terhibur dan membuat kamu bisa lebih banyak tertawa.


Bergaul Dengan Orang Yang Senang Bercanda

Orang yang senang bercanda biasanya sering melemparkan candaan-candaan lucu & senang melakukan hal menyenangkan. Dengan bergaul serta berada di sekitar mereka dapat membuat kamu menjadi lebih banyak tertawa karena candaan-candaan yang mereka lemparkan.

Tapi ingatlah untuk bercanda pada batas yang normal & jangan sampai candaan-candaan tersebut menyakiti hati orang lain.


Bermain Game Yang Bisa Membuat Kamu Tertawa

Pilihlah game yang menurut kamu bisa memancing kamu untuk banyak tertawa jika di mainkan. Jika kamu tidak menemukan game yang mampu membuat kamu tertawa maka mainkanlah sebuah game dengan mengubah cara bermainnya ( gameplay ). Sebagai contoh : bermain game battle royal atau game lainnya dengan tujuan ngetroll atau ngeprank teman mabarmu. Hal ini tentunya akan memancing banyak gelak tawa serta meningkatkan hubungan pertemananmu dengan mereka.

Jangan memainkan game yang hanya membuat kamu kesal dan emosi karena hal ini tentunya tak baik untuk kesehatan mentalmu dan juga tubuhmu.


Penutup

Tertawa merupakan kebutuhan alami bagi tubuh manusia. Manusia mulai tertawa semenjak kecil hingga beranjak dewasa. Namun di saat dewasa manusia mulai lupa untuk banyak tertawa karena realitas hidup yang menuntut seseorang untuk lebih serius dalam menjalani hidup dan kehidupannya. Saat seseorang mulai lupa untuk banyak tertawa maka mereka sebenarnya merugi. Merugi dari sisi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Mereka tak merasakan beberapa manfaat tertawa seperti yang telah banyak di jelaskan di atas. Demi bisa lebih banyak tertawa maka kita bisa melakukan upaya-upaya untuk memancing agar kita bisa lebih banyak untuk tertawa.


Demikian artikel 9 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url