close

9 Cara Berpikir Positif Dalam Situasi Apapun

9 Cara Berpikir Positif Dalam Situasi Apapun | Ketika menghadapi situasi yang menyebabkan kita di bawah tekanan, rasa ketakutan, kekhawatiran dan amarah tak jarang kita mendapati diri kita terhanyut dalam pikiran-pikiran negatif. Pada situasi ini kita membutuhkan cara berpikir positif untuk memerangi pikiran pikiran negatif tersebut. Karena jika di biarkan, pikiran-pikiran negatif ini dapat berpengaruh buruk pada mental & fisik. Pengaruh-pengaruh buruk tersebut bisa berupa stress, frustasi, was-was berlebih, tempramental dsb.

cara berpikir positif, cara berpikir positif dalam islam,cara berpikir positif dan dewasa

Pada artikel ini kenangan anggora akan membahas sedikit mengenai pemikiran negatif sebelum masuk ke topik utama ( Cara Berpikir Positif Dalam Situasi Apapun ). 

 

Apa Yang Dimaksud Dengan Pikiran Negatif

Secara sederhana pikiran negatif bisa di artikan sebagai pikiran buruk akan diri sendiri, orang lain, masyarakat, ataupun masa depan. Pikiran buruk ini sendiri cenderung menuju hal-hal negatif di banding hal-hal positif. Serta dapat mempengaruhi mental & tubuh si pengguna pikiran negatif.

 

Kenapa Pikiran Ini Bisa Muncul

Pikiran buruk atau negatif ini cenderung muncul di saat seseorang ada dalam situasi yang tak di inginkannya & membuatnya tidak nyaman. Contohnya saat seseorang tengah berjalan sendirian di malam hari maka di saat tersebut akan muncul pikiran bahwa tempat yang tengah ia telusuri ialah jalan angker, rawan begal dll. Nah jenis pemikiran inilah yang bisa di sebut pemikiran negatif

 

Dimanakah Jenis Pikiran Ini Bisa Muncul ?

Pemikiran ini dapat muncul pada sembarang tempat & waktu ( tak mengenal tempat & waktu ). Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa pikiran negatif selalu muncul di saat seseorang berada dalam situasi yang tidak di inginkannya serta membuatnya nyaman.

 

Mengapa Manusia Memiliki Pemikiran Negatif ?

Sebenarnya pemikiran negatif  tidak selamanya buruk. Memiliki pemikiran negatif sendiri terkadang memiliki manfaat baik bagi kita. Contohnya saat kamu melihat cuaca mendung maka kamu takut nantinya akan turun hujan ketika sedang mengendarai motor menuju kantor. Akhirnya kamu memutuskan untuk membawa jas hujan agar saat turun hujan kamu tidak lagi khawatir terkena hujan.

 

Siapa Sajakah Yang Cenderung Terkena Pikiran Negatif

Pemikiran negatif lebih sering terjadi pada mereka yang telah mampu berpikir dengan baik yaitu pada remaja, orang dewasa, & orang tua. Pemikiran ini bisa memberik dampak yang baik namun jika tak mampu terkontrol bisa memberikan dampak buruk. Dampak buruknya antara lain :
  • Mampu membuat seseorang tak berani mengambil keputusan

  • Tak mampu melangkah maju

  • Minder

  • Mengurangi rasa kepercayaan diri.

 

Bagaimanakah Cara Agar Berpikir Positif Dalam Situasi Apapun ?

Berikut beberapa cara berpikir positif yang benar & dewasa yang dapat kamu lakukan dalam situasi apapun :


1. Beristirahatlah Dengan Cukup

Saat tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup maka akan berdampak pada pikiran kita. Kurang istirahat dapat membuat otak menjadi kurang fokus. Hal ini akan membuat kita susah untuk berpikiran jernih serta & mengontrol pikiran negatif. Kurangnya tidur ternyata juga mempengaruhi peningkatan rasa cemas serta khawatir pada pikiran. Karena itu penting bagi kita untuk beristirahat dengan cukup demi bisa berpikiran jernih serta positif.

 

2. Berpikir Positif Pada Orang Lain

Kadang kala kita bisa berpikiran negatif di akibatkan prasangka kita terhadap orang lain. Mungkin berprasangka buruk terhadap orang asing ataupun orang yang baru kita kenal adalah hal yang lumrah atau wajar. Namun untuk orang yang sudah sangat lama kita kenal maka berpikiran negatif terhadapnya adalah hal yang tidak baik.

Untuk menghilangkan prasangka-prasangka negatif yang ada di pikiran kita tentang orang lain tersebut maka kita bisa menghilangkannya dengan cara mengingat jasa serta kebaikan-kebaikannya kepada kita ataupun terhadap sesamanya.

Berpikiran negatif terhadap orang lain boleh saja dan tiada yang melarangnya namun pikiran negatif tersebut haruslah di dasarkan atas bukti yang kongkrit & bukan berdasarkan perkataan orang lain. Karena jikalau hanya berdasarkan perkataan orang lain maka tak hanya berpikir negatif namun kita juga telah melakukan fitnah terhadap orang tersebut jika hal buruk yang di tuduhkan tidaklah benar.


3. Tanamkan Sifat Bersyukur

Tanamkan sifat bersyukur dalam hati kita. Syukuri semua hal yang kita miliki sekarang serta jangan selalu membandingkan yang kita miliki dengan orang lain. Hal ini justru akan membuat diri menjadi dengki, iri & tak senang melihat orang lain senang.

Tak hanya itu pikiran kita pun menjadi galau ketika melihat banyaknya kekurangan pada diri kita apabila dibandingkan dengan yang di miliki orang lain. Kepercayaan diripun akan terus terkikis sehingga membuat kita menjadi minder serta merendah karena selalu merasa kita kekurang dibandingkan orang lain.


4. Lawan Pikiran Negatifmu Dengan Berpikir Positif

Ketika kamu di landa bermacam-macam pikiran negatif maka lawanlah pikiran-pikiran tersebut dengan berpikir positif. Contohnya seorang gugup saat ia akan menyanyi di atas panggung maka karena gugup ia pun akan berpikir "Aku tidak akan bisa bernyanyi dengan baik". Demi melawan pikiran negatif tersebut ia harus mengubah pikiran negatif tadi menjadi positif yaitu "Aku pasti bisa bernyanyi dengan baik".


5. Ambil Hikmahnya

Dalam menghadapi masalah ataupun musibah janganlah berlarut-larut dalam kesedihan & pikiran-pikiran negatif. Sudahi kesedihan, rasa kesal & amarahmu lalu ambillah hikmah dari masalah yang telah di hadapi. Hal ini akan mampu membantu kita agar bisa berpikir positif & membantu kita bangkit dari keterpurukan.

 

6. Jangan Mendramalisir Keadaan 

Pada saat kehidupan seseorang ada di puncak keterpurukan. Tak jarang ia merasa bahwa ialah orang yang paling sial & sangat tidak beruntung di dunia ini. Mungkin kenyataannya memang buruk namun di luar sana masih banyak orang yang lebih sial & kurang beruntung di bandingkan kita. Jadi berhentilah mendramalisir keadaanmu lalu mulailah merangkak keluar dari keterpurukan. Saat mulai bangkit sertai dengan pikiran positif untuk membantumu tetap optimis membangun kembali kehidupanmu & jangan lupa berdoa kepada allah yang maha kuasa agar di teguhkan hati serta pikiran kita.


7. Selalu Optimis

Demi menghadapi berbagai masalah dalam hidup ada baiknya kita selalu optimis. Dengan selalu optimis kita akan berani walaupun harus berbahadapan dengan kegagalan. Karena bersifat optimis berarti kita akan memandang sesuatu hal secara positif atas segala hal.


8. Cari Hiburan

Hiburlah dirimu dengan berbagai hiburan yang bisa menenangkan hati serta pikiranmu. Dengan menghibur dirimu maka kamu dapat menghilangkan rasa cemas, stress ataupun depresi yang ada dalam dirimu. Kamu dapat menghibur dirimu dengan bermain musik, menonton film, berolahraga dan lainnya. Saat cemas, stress & menghilang maka hati akan menjadi lega serta beban pikiran berkurang atau bahkan lenyap.


9. Bayangkan Hal Baik Yang Terjadi Di Masa Depan

Orang yang berpikiran negatif cenderung akan memikirkan keburukan yang terjadi pada dirinya di masa depan ketika ia gagal dalam menghadapi suatu masalah. Maka bayangkanlah masa depan yang baik di saat kamu menghadapi berbagai masalah. Pandangan ini akan membuat kamu mampu mengatasi pikiran negatifmu pada situasi apapun dan membuat kamu dapat berpikir jernih untuk menghadapi masalahmu.


Penutup

Pikiran negatif adalah sebuah pikiran yang akan selalu ada dalam hidup dan kehidupan kita. Pikiran negatif ialah buruk namun kadangkala pikiran negatif bisa memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Cara berpikir positif di atas tidak di larang serta dapat diterapkan dalam islam. Untuk mengatasi pikiran-pikiran negatif, kamu dapat menggunakan cara berpikir positif yang benar & dewasa seperti yang telah di jelaskan di atas.

Demikian artikel 9 Cara Berpikir Positif Dalam Situasi Apapun. Semoga artikel ini menjadi solusi serta manfaat bagi para pembaca sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url