close

9 Cara Hemat Listrik Di Rumah ! Mudah dan Terbukti Efektif !

9 Cara Hemat Listrik Di Rumah ! Mudah dan Terbukti Efektif ! | Di zaman sekarang ini listrik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Mulai dari memasak nasi, menyetrika, menonton tv, penerangan ruangan , kipas angin, kulkas, ac, dan lain-lain, semuanya membutuhkan penggunaan listrik untuk pengoperasiannya. Tanpa adanya listrik maka kegiatan harian kita di rumah pastinya akan terganggu.


Walaupun listrik telah menjadi hal yang biasa dalam keseharian kita namun penggunaan listrik tetaplah harus kita pantau agar tidak di gunakan secara berlebihan. Karena penggunaan listrik yang berlebihan dapat menyebabkan tagihan listrik bulanan membengkak dan menjadi beban anggaran dalam rumah tangga.

Untuk mengantisipasi biaya listrik bulanan yang membengkak, kamu dapat mengikuti beberapa cara hemat listrik di rumah dengan mudah versi kenangan anggora berikut ini.

 

9 Cara Hemat Listrik Di Rumah ! Mudah dan Terbukti Efektif !

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan demi memangkas penggunaan listrik serta biaya bulanan listrik di rumah yaitu :


1. Memakai Meteran Listrik Jenis Prabayar ( Token Atau Pulsa )

Meteran yang dahulu berjenis pasca bayar kini tak lagi di dukung oleh pemerintah. Pemerintah saat ini mewajibkan pemilik rumah memakai jenis meteran tipe prabayar (di masyarakat sering disebut meteran token atau pulsa ). Memakai jenis meteran ini membuat kamu dapat menentukan berapa besar biaya listrik yang di keluarkan selama sebulan.

Dengan mengatur biaya listrik bulanan maka kamu dapat mengatur pemakaian harian listrik dirumah. Misalkan kamu membeli token dengan harga Rp 50.0000 golongan R1M/900 maka kamu akan mendapatkan sekitar 33 kwh. Agar 33 kwh ini tidak langsung habis sebelum sampai sebulan maka setiap harinya maksimal pemakaian listrik adalah 1 kwh.

Cara ini bisa di bilang efektif untuk mengatur pemakaian listrik & menghemat biaya listrik bulanan rumah.


2. Atur Penggunaan Lampu

Saat hari mulai terang matikanlah seluruh lampu penerangan ruangan yang ada dalam rumah. Lampu penerangan tidak di perlukan lagi karena sudah ada cahaya matahari yang menggantikannya. Jangan membiarkan lampu tetap menyala, apalagi saat kamu pergi dari rumah. Lalu saat hari mulai gelap barulah hidupkan kembali lampu penerangan di rumah.

Mematikan lampu saat tidak di butuhkan bisa membantu menghemat listrik apalagi jikalau lampu yang kamu gunakan adalah lampu biasa bukan lampu jenis LED. Hal ini tentunya akan semakin menghemat pengggunaan listrik di rumahmu.


3. Beralih Ke Lampu LED

Jika rumahmu masih menggunakan jenis lampu biasa maka segeralah menggantinya dengan lampu jenis LED. Penggunaan lampu LED terbukti bisa menghemat penggunaan listrik 9 kali lipat di bandingkan menggunakan jenis lampu bohlam biasa. Bahkan jika kamu memiliki dana lebih maka kamu dapat membeli lampu LED dengan teknologi terbaru yang bisa kamu sesuaikan keterangan cahayanya.

Jadi jika kamu ingin lebih hemat listrik segeralah beralih ke lampu jenis LED.


4. Cabut Kabel Dari Soket Listrik

Biasakanlah untuk mencabut kabel barang-barang eletronik dari soket listrik ketika sedang tidak menggunakannya. Jangan membiarkan barang eletronik di rumahmu tetap terhubung ke soket listrik. Walaupun sudah mematikan barang elektronik tersebut namun apabila masih terhubung ke soket listrik ( lubang listrik ) maka tetap saja daya listrik masuk ke barang elektronik tersebut. 

Mungkin arus yang di habiskan barang-barang elektronik saat di matikan tetapi tetap terhubung ke soket listrik tidaklah begitu besar. Namun jika hal ini di biarkan terus berlanjut setiap harinya maka akan memakan arus yang lumayan besar. Arus terbuang sia-sia & biaya listrik bulanan pun bertambah.

Karena itu biasakanlah mencabut kabel dari soket listrik ketika kamu tidak menggunakan barang elektronik tersebut.


5. Batasi Penggunaan Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan salah satu barang elektronik yang banyak menyerap arus listrik. Mesin cuci yang memiliki kapasitas yang besar maka akan menyerap daya listrik yang besar juga, begitu juga sebaliknya. Maka aturlah penggunaan mesin cuci sebisa mungkin agar tidak di gunakan terlalu berlebihan.

Jika pakaian yang akan kita cuci hanya satu sampai 5 pakaian saja maka lebih baik mencucinya dengan tangan saja tidak usah sampai memakai mesin cuci. Karena mesin cuci memerlukan arus daya yang besar untuk sekali penggunaannya. Sayang sekali jika arus besar tersebut terbuang sia-sia hanya karena mencuci satu sampai 5 pakaian saja.

Maka dari aturlah penggunaan mesin cuci secara bijak demi memangkas penggunaan arus litrik yang berlebihan.

 

6. Gunakan AC Dengan Fitur Pengaturan Suhu Otomatis & Matikan Jika Tidak Diperlukan

AC keluaran terbaru biasanya lebih hemat energi serta di lengkapi fitur sensor suhu otomatis. Fitur ini berfungsi mengatur serta menyesuaikan besaran suhu ruangan secara otomatis. Dengan pengaturan dan penyesuaian otomatis ini maka AC dapat menyesuaikan suhu yang di keluarkan, tidak terlalu dingin atau kurang dingin. Fitur ini sendiri juga terbukti mampu menghemat penggunaan arus listrik pada AC itu sendiri.

Namun walaupun kamu telah menggunakan AC dengan fitur sensor suhu otomatis tetapi ada baiknya kamu mematikan AC kamu ketika tidak di butuhkan, contohnya saat cuaca sedang hujan ataupun dingin. Dengan mematikan AC saat tak begitu di butuhkan maka kita bisa menghemat listrik di rumah. Tak hanya menghemat listrik saja tetapi ac yang di matikan tadi akan lebih tahan lama & awet karena mesinnya di biarkan beristirahat sejenak karena sedang tidak di pakai.

 

7. Atur Pengunaan Kulkas

Kulkas ialah salah satu jenis barang elektronik yang banyak mengkonsumsi arus daya listrik maka gunakanlah kulkas secara bijak 

Saat hendak pergi untuk waktu yang lama sebaiknya matikan atau minimal turunkan pengaturan suhu kulkas. Dengan menurunnya suhu pada kulkas maka penggunaan arus listrik akan semakin kecil di bandingkan pengaturan suhu tinggi.


8. Gunakanlah Barang Elektronik Yang Hemat Energi & Di Sertai Fitur Otomatis

Saat kamu ingin membeli barang elektronik pastikanlah barang elektronik yang hendak kamu beli hemat energi & tersedia fitur otomatis seperti ac dengan sensor suhu, setrika dengan pengaturan suhu otomatis dan masih banyak lainnya. Penggunaan barang elektronik jenis ini biasanya lebih hemat energi di bandingkan barang elektronik yang biasa.

Memang barang elektronik hemat energi & punya fitur otomatis biasanya di hargai dengan harga yang agak sedikit mahal, namun tak ada salahnya menghabiskan sedikit lebih banyak uang. Karena nantinya manfaat yang kita dapatkan mungkin lebih banyak dari jumlah uang yang kita habiskan.

Saat membeli barang jenis ini pastikan barang yang kamu beli adalah barang original ( asli ) bukan barang tiruan ( KW ). Barang original biasanya lebih tahan lama serta fitur yang di tuliskan pada kemasan ialah real sementara barang tiruan lebih mudah rusak serta sebagian fitur yang di tuliskan dalam kemasan tidaklah ada, atau walaupun ada fiturnya tidaklah sehebat barang original.

 

9. Berhemat Secara Bersamaan

Ajaklah anggota keluargamu untuk menerapkan kebiasaan berhemat listrik & bijak menggunakan listrik. Kamu dapat mengajak anggota keluargamu ataupun orang lain yang tinggal satu atap denganmu. Dengan banyaknya orang dalam satu tempat tinggal yang sama melakukan penghematan dan sadar akan penggunaan listrik maka penghematan penggunaan listrik harian bisa di optimalkan & besar biaya listrik bulanan bisa di tekan.

 

Kesimpulan

Listrik kini bisa di bilang sebagai kebutuhan primer karena penggunaannya yang sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari penerangan, memasak, mencuci, hiburan dan beberapa aktivitas lainnya membutuhkan listrik. Banyak dari kita yang secara tak sadar membuang-buang energi listrik dengan sia-sia dan berakibat pada tingginya tagihan listrik bulanan mereka. Dengan menghemat listrik kita tak hanya mengurangi tagihan bulanan namun juga menjaga alam serta mengurangi polusi.

Demikian artikel 9 Cara Hemat Listrik Di Rumah ! Mudah dan Terbukti Efektif ! Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url