6 Ciri - Ciri Mental Lemah & Cara Mudah Mengatasinya

6 Ciri -  Ciri Mental Lemah & Cara Mudah Mengatasinya | Manusia pada dasarnya di ciptakan berbeda-beda. Karena itu tiap-tiap orang pastinya memiliki sifat & kepribadian yang berbeda, ada yang bermental kuat serta ada juga yang memiliki mental yang lemah. Namun untuk dapat beradaptasi serta mampu menghadapi kehidupan maka seseorang haruslah memiliki tekad serta mental yang kuat. Mental yang kuat juga di  perlukan sebagai salah satu syarat untuk mencapai kesuksesan.

6 Ciri -  Ciri Mental Lemah & Cara Mudah Mengatasinya
 
Mental yang kuat tidaklah di miliki oleh semua orang & tak bisa di dapatkan begitu saja dengan mudah. Tetapi untuk bisa bermental kuat seseorang bisa belajar memperbaiki diri serta melatih mental yang tadinya lemah menjadi kuat. Sebelum mulai memperbaiki kekurangan kita maka ada baiknya kamu mengetahui ciri mental lemah yang mungkin ada pada diri kamu.
 

Ciri Mental Lemah

Berikut beberapa ciri mental lemah yang kenangan anggora telah rangkum dari berbagai sumber.

 

1.Gampang Terpengaruh & Sulit Mengambil Keputusan

Jika kamu merasa kesulitan mengambil keputusan untuk kepentingan dirimu itu pertanda bahwa kamu adalah tipe orang yang mudah sekali di atur ataupun di pengaruhi orang lain. Contohnya yaitu ketika kamu akan melanjutkan untuk kuliah ataupun bekerja lalu salah seorang teman kamu mempengaruhi kamu untuk langsung kuliah tanpa bekerja, kamu pun terpengaruh kemudian mengikutinya.

Padahal kamu berniat akan melanjutkan kuliah setelah mengumpulkan uang dahulu dari hasil bekerja agar tidak menyusahkan orang tuamu. Sifat sulit mengambil keputusan ini nantinya bisa berakibat penyesalan. Tak hanya itu sifat ini akan membuat kamu kesulitan dalam pekerjaan & membuat kamu kurang menonjol. Hal ini tentunya akan membuat kamu kesulitan mencapai kesuksesan.

Cara Mengatasinya : Latihlah dirimu setiap harinya untuk mandiri & tegas terhadap dirimu serta orang lain. Setiap kali kamu akan mengambil keputusan jangan biarkan sedikitpun orang lain mempengaruhi pengambilan keputusan kecuali jikalau pendapat teman itu baik & tidaklah melenceng jauh dari keputusan yang telah kamu buat tadi .


2. Terlalu Memikirkan Komentar Orang Lain

Terlalu memikirkan komentar orang lain adalah satu ciri bahwa kamu masih memiliki mental yang lemah. Saat kamu mendengar orang lain berkomentar buruk tentangmu maka pikiranmu akan terganggu & hatimu menjadi gelisah ataupun tak tenang akibat terus-terusan memikirkan komentar tersebut. Sebaiknya kamu hilangkan sifat ini jikalau kamu ingin hidupmu tenang serta bahagia. Karena sekeras apapun usaha yang kamu lakukan  akan sulit untuk mengendalikan pendapat negatif orang lain.

Apabila kamu sering mendengar orang lain berbicara buruk tentangmu maka abaikan saja. Bisa saja mereka iri padamu atas prestasimu atau pesonamu. Dan sebaliknya jika kamu mendengar orang lain memuji dirimu maka rendahkan hatimu. 

Cara Mengatasinya : Cukup abaikan komentar buruk orang lain tersebut. Jangan terlalu di pedulikan dan di masukkan ke dalam hati. Jalani hidupmu dengan beraktivitas seperti biasanya serta syukuri & nikmati hidupmu saat ini.

 

3. Berusaha Agar Selalu Disukai Orang Lain

Saat kamu merasa orang lain tidak menyukaimu atau beranggapan bahwa kamu adalah orang yang buruk maka kamu selalu berusaha agar orang-orang tersebut bisa menyukaimu. Tapi tahukah kamu bahwa hal yang kamu lakukan ini adalah salah dan perilaku ini termasuk ciri bahwa kamu memiliki mental yang lemah. Memang tak ada salahnya memperbaiki diri agar kita menjadi pribadi yang baik di mata orang lain tetapi jika di lakukan di luar batas wajar maka itu adalah sebuah kesalahan. Apa lagi sampai kamu rela melakukan apa saja agar di sukai orang lain.

Sebaik apapun kamu ingatlah bahwa akan ada saja orang yang membenci ataupun tidak menyukaimu karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. 

Cara Mengatasinya : Jika ada orang lain yang tidak menyukaimu maka mulailah dengan memperbaiki sifat yang ada pada dirimu.  Jangan terlalu memperdulikan omongan orang lain, bila perlu abaikan saja mereka. Apabila mereka menjauhimu dalam pergaulan atau tempat kerja maka biarkan saja mereka, karena teman kamu bukan hanya mereka saja. Usahakan untuk tetap menyapa mereka saat berpapasan walaupun mereka menjauhimu.


4. Terjebak Masa Lalu

Orang yang bermental lemah cenderung terpaku pada masa lalu, susah memaafkan dan juga pendendam. Mereka selalu berandai-andai akan masa lalu dan bisa merubahnya serta terperangkap akan masa lalunya. Hal ini tentunya membuat mereka sulit untuk move on serta melangkah maju ke depan.

Contoh sederhananya kamu melakukan sebuah kesalahan yang membuat kamu di pecat dari tempat kerjamu. Kamu terus berpikir seandainya kamu tidak melakukan hal itu maka kamu tidak akan di pecat. Padahal di pecat dari tempat tersebut bukanlah akhir dari karirmu. Kamu masih bisa mencari pekerjaan lain & memulai semuanya dari awal lagi.

Cara Mengatasinya : Segera lupakan masa lalu & fokuslah pada masa depan. Saat kamu masih tak bisa melupakannya maka perbanyaklah beraktivitas agar pikiranmu teralihkan ke hal yang lain. Saat kamu terus-terusan menyibukkan dirimu maka seiring berjalannya waktu maka kamu akan melupakan masa lalu tersebut.

 

5. Gampang Putus Asa & Menyerah

Orang yang menghadapi suatu masalah dan tak mampu menyelesaikan masalah tersebut kemudian ia berputus asa dan menyerah adalah salah satu ciri orang yang bermental lemah. Bukannya menyelesaikan masalah tersebut tetapi mereka akan lebih memilih menyerah, putus asa dan bahkan lari dari kenyataan. Mereka melakukannya hanya demi kenyamanan dan keamanan mereka sendiri tanpa memikirkan bahwa akan ada orang lain yang di sulitkan akibat perbuatan mereka itu.

Perilaku ini akan sangat berbeda sekali dengan perilaku mereka yang memiliki mental yang kuat. Saat orang yang bermental kuat mengalami masalah mereka akan berusaha menyelesaikannya sebisa mungkin & tak akan melarikan diri.

Cara Mengatasinya : Sebisa mungkin beranikan diri untuk menghadapi masalah tersebut dan menyelesaikannya. Jika kamu mengalami kesulitan maka kamu bisa meminta pertolongan orang terdekatmu untuk membantumu menyelesaikan masalah tersebut. Intinya beranikan diri, jangan menyerah serta putus asa.


6. Superior & Tak Bertanggung Jawab

Superior adalah sifat yang selalu merasa terbaik di antara yang lain. Orang yang memiliki sifat ini selalu merasa dirinya di atas langit & merasa orang lain lebih rendah & tidak lebih baik dari dirinya. Watak mereka juga keras dan tidak mau mengalah.

Orang yang tidak bertanggung jawab biasanya selalu mengabaikan tanggung jawab mereka dan menyerahkannya pada orang lain. Orang yang memiliki sifat ini akan selalu menyusahkan orang lain dan tak akan mencapai puncak karir tertinggi dalam pekerjaan. 

Cara Mengatasinya : Untuk menghilangkan sifat superior & tidak bertanggung jawab maka kamu harus melatih diri untuk merendah & bertanggung jawab. Saat kamu merasa dirimu lebih baik maka selalu ingatlah bahwa di atas langit akan selalu ada langit lainnya & merendahlah. Setiap kamu di beri tugas & kepercayaan maka jagalah kepercayaan tersebut & bertanggung jawablah atas setiap pekerjaan.

 

Penutup

Mental lemah adalah sifat yang dapat menghalangi seseorang untuk berkembang, bergaul dan bahkan untuk mencapai kesuksesan. Ciri-ciri di atas adalah ciri orang yang memiliki mental lemah. Jika kamu memiliki salah satu atau beberapa ciri pada dirimu maka ada baiknya kamu segera memperbaiki dirimu.  Sadari kesalahanmu, koreksi, kemudian berubahlah agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Demikian artikel  6 Ciri -  Ciri Mental Lemah & Cara Mudah Mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url