Cara Mudah Mengatasi Url Tidak Tersedia Google Search Console

Pernahkah ketika kamu hendak mensubmit url artikel terbaru kamu secara manual ke Google Search Console dengan harapan agar artikel kamu tersebut cepat ke index di Google namun yang ada malah terjadi sebuah error "Url Tidak Tersedia " ? Pastinya kamu pernah mengalami hal serupa bukan ?

Mengatasi Url Tidak Tersedia Google Search Console


Bukan hanya kamu saja yang mengalaminya namun semua blogger pastinya pernah juga mengalami hal serupa, termasuk saya sendiri, hehehe. Saat menghadapi masalah tersebut tentu kita akan panik, bingung dan pusing karena banyak hal yang telah kita lakukan agar error tersebut hilang mulai dari restart browser, clear data & cache browser, rename ulang permalink, re-draft dan repost ulang artikel namun error tersebut masih tetap saja tidak bisa diperbaiki.

Namun sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena pada artikel kali ini saya akan membahas lebih rinci mengenai error ini dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

 

Apa Sih Maksud Error " URL Tidak Tersedia " Pada Google Search Console ?

Masalah "URL Tidak Tersedia Untuk Google" disebabkan oleh google yang tidak mampu mengindeks url yang kita kirimkan tersebut. Hal ini dikarenakan error tertentu pada Google yang menyebabkan google tidak mampu mendeteksi bahwa url yang kita kirimkan tadi adalah url yang valid dan menganggap bahwa url tersebut tidak valid ( tidak ada ).

Kemudian karena url tesebut dianggap tidak valid oleh Google kemudian Google menyimpulkan bahwa url tersebut tidak tersedia dan permintaan untuk pengindeksan url tersebut akan ditolak ataupun gagal dilakukan Dan selama error ini terjadi, berapa kalipun kita mencoba mengirimkan url artikel kita maka url tersebut tetap akan dianggap tidak tersedia dan permintaan untuk pengindeksan url akan terus ditolak.


Kenapa Error Tersebut Bisa Terjadi ?

Mengatasi Url Tidak Tersedia Google Search Console

 

Masalah ini terjadi dikarenakan error tertentu pada Google yaitu error 5XX. Error 5XX adalah error yang terjadi karena masalah server. Masalah server tersebut bisa bersumber dari server blog kamu ataupun dari server google itu sendiri.


Kapan Error Ini Bisa Muncul ?

Error ini bisa terjadi kapanpun dan bahkan pada saat yang tidak kita inginkan. Namun secara pastinya error ini akan terjadi ketika salah satu dari dua server mengalami maintenace. Server tersebut antara lain server blog dan server google itu sendiri.

 

Dari Mana Sumber Error Ini Bisa Muncul ?

Masalah error ini bersumber dari server blog ataupun server google yang sedang mengalami masa maintenance ( perawatan ). Berapa lama error ini akan terjadi tergantung berapa lama masa maintenance server blog kita ataupun server Google melakukan maintenance. 

Biasanya untuk server blog sendiri, sebelum mereka melakukan maintenance, pihak penyedia jasa hosting dan domain akan memberitahukan perihal tersebut lewat e-mail. Namun untuk maintenance Google kita tidak tahu pasti berapa lama maintenance server tersebut dilakukan. Yang bisa kita lakukan hanyalah sabar menunggu.


Bagaimana Cara Mengatasi Error Ini?

Cara satu-satunya yang dapat kita lakukan agar error ini bisa hilang hanyalah dengan sabar menunggu sampai maintenance selesai dilakukan. Untuk maintenance paling cepat bisa memakan waktu sekitar 3 jam namun kadang maintenance bisa memakan waktu sehari semalam. Untuk saya sendiri biasanya saya menunggu selama sehari semalam sebelum mensubmit kembali url artikel yang akan saya index manual ke Google Search Console. Dan biasanya setelah menunggu seharian maka error tersebut akan hilang sendiri. Lalu url artikel saya akan berhasil saya submit dan permintaan pengindeksan berhasil dilakukan.

Namun terkadang kita perlu menunggu sampai beberapa hari agar error ini bisa hilang.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Syukra
    Syukra 19 July 2021 at 02:00

    Terima kasih infonya min, sangat membantu..

  • Anggora
    Anggora 20 July 2021 at 08:28

    sama-sama

Add Comment
comment url