close

Cara Mencegah Copas Di Blogspot

Tentu kita tidaklah menginginkan konten yang kita buat dengan kerja keras kita, yang telah kita tulis dengan mudahnya di curi oleh pihak lain. Contoh simplenya yaitu tulisan original saya ini yang berjudul "Cara Mencegah Copas Di Blogspot" dicuri orang lain. Tulisan original hasil karya tangan kita sendiri yang mana kita buat selama berjam-an begitu gampangya dicuri bocah laknat yang tak memiliki tanggung jawab hanya dalam hitungan detik saja.

Tentu saja kita merasa kesal, sedih serta marah pada mereka para bocah laknat yang tak pertanggung jawab. Yang mencuri tulisan di blog ataupun situs kita dan mempastenya kembali secara utuh di blog atau website mereka hanya untuk mendatangkan keuntungan dan traffic jangka panjang bagi mereka

Cara Mencegah Copas Di Blogspot


Jika kita mengetahui letak pasti dimana alamat tempat tinggal mereka, Enaknya kita datangi terus kita pukul ubun ubun kepala bocah-bocah sialan itu. Maaf sebelumnya jikalau tulisan saya kali ini isinya agak sedikit kasar dikarenakan pada saat penulisan artikel ini saya agak sedikit tenggelam dalam lautan emosi, hehe. Oke saya skip dulu curhatan saya di atas mari kita lanjut memahami apa itu copas sebelum kita menuju ke tutorial.

Copas dapat diartikan sebagai sebuah tindakan menjiplak atau mengambil tulisan, karya, gambar dan lain-lain. Yang mana kemudian karya yang dicuri tersebut dijadikan seolah-olah hasil karya ciptaan mereka sendiri dengan tujuan mendapatkan keuntungan, baik keuntungan jangka pendek maupun jangka panjang dari karya milik orang lain tersebut.

Perilaku Copas Biasanya sering terjadi dalam dunia digital, tindakan copas biasanya sering dilakukan pada konten berupa artikel. Di dunia nyata jika kita ketahuan mengcopy hasil karya orang lain terutama hasil karya yang telah dipatenkan hak ciptanya maka bersiap-siaplah untuk berurusan dengan bapak atau ibu polisi dan kemudian menginap beberapa tahun di hotel rodeo bintang 1, hehehe.

Sebagai seorang blogger atau konten kreator ada baiknya kita tidak melakukan copas terhadap karya orang lain. Karena dengan menjaga diri kita dari melakukan copas maka otomatis kita telah menghargai pemilik karya cipta yang asli dan menghargai diri kita sendiri. Serta kamu juga menghindarkan diri sendiri dari mendapatkan dosa karena menjiplak karya orang lain dan juga menghindarkan diri dari tuntutan hukum dikarenakan kita secara sengaja dan terang-terangan telah melakukan penjiplakan terhadap karya orang lain.

Dan Juga dengan tidak melakukan tindakan copas maka secara tidak sadar kamu akan melatih diri kamu untuk sekreatif mungkin dalam membuat konten serta kamu akan mampu dalam menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan tentu saja konten kamu juga akan bernilai original. Tahukah kamu bahwa google sendiri sangat menyukai konten original yang berkualitas. Dimata Google konten yang original serta berkualitas sangat bernilai tinggi bagi mereka.


Cara Mencegah Copas Di Blogger / Blogspot

Setelah kamu memahami pengertian copas maka untuk menghindari copas di blogmilik kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini :

 

  • Yang pertama silahkan masuk ke Blogspot kamu.

Cara Mencegah Copas Di Blogspot


  • Lalu klik tulisan TEMA seperti pada gambar dibawah.

Cara Mencegah Copas Di Blogspot


  • Klik TITIK TIGA dekat tulisan Tema Saya.


  • Lanjutkan dengan klik EDIT HTML.


  • Tekan CTRL+F dan ketikkan {body} untuk mencari {body} pada program html. Samakan tulisan head dengan yang ada pada gambar di bawah, jangan sampai salah.

 

  • Lalu ketikkan kode berikut tepat di bawah {body} .

[php] <body oncontextmenu='return false;' ondragstart='return false' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'/> [/php]

  • Maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mencegah Copas Di Blogspot


  • Lalu kemudian klik gambar SIMPAN.

 

Maka cobalah klik kanan di blogspot kamu. Maka tampilan menu copy dan paste tidak akan pernah muncul lagi. Sekarang blog kamu tidak akan bisa di copy paste oleh orang lain lagi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url