close

Cara Mencegah Copas Di Wordpress

Sebagai seorang yang menulis sebuah konten pada suatu website tentu kita tidak menginginkan bahwa konten yang telah kita tulis di curi oleh orang lain, contohnya konten saya ini yaitu Cara Mencegah Copas Di Wordpress.

Pada dasarnya siapapun tentunya tidak menginginkan konten original dan berkualitas yang sudah susah payah dibuatnya dengan begitu mudahnya dicuri oleh orang lain. Contoh yakni tulisan asli buatan saya ini yang mana berjudul "Cara Mencegah Copas Di Wordpress" dicuri pihak lain. Tulisan asli hasil buatan saya sendiri yang mana telah saya buat dalam waktu yang lama namun begitu mudahnya di curi bocah-bocah laknat tak punya rasa tanggung-jawab hanya hitungan sepersekian detik saja.

Cara Mencegah Copas Di Wordpress


Kesal, sedih dan marah tentu itulah yang saya rasakan ketika saya mengetahui bahwa mereka telah meng-copas tulisan saya tanpa sepengetahuan dan izin dari saya. Kemudian tulisan yang mereka curi dari blog maupun situs saya kemudian mereka paste-kan lagi secara utuh tanpa ada proses editing ataupun mencantumkan link sumber asli tulisan.

Dan mereka pun memajang tulisan saya tadi di blog atau website mereka seolah tulisan tersebut hasil karya mereka dan mereka melakukan tindakan copas tersebut hanya untuk mendatangkan keuntungan dan traffic jangka panjang bagi mereka Mungkin cukup sekian curhatan saya dan sebelum menuju ke tutorialnya ada baiknya kita memahami dahulu apa itu Copas.

Secara sederhana copas bisa di artikan sebagai  aktivitas menjiplak maupun mencuri karya tulisan, video dan lain sebagainya. Lalu kemudian si copaser ( orang yang melakukan copas ) membuat hasil karya tulisan yang bukan miliknya tadi menjadi seperti hasil karya ciptaannya sendiri ( mengklaimnya). Copaser melakukan hal tersebut semata-mata demi keuntungan pribadinya sendiri.

Copas umumnya biasa terjadi pada dunia digital, aksi copas seringkali menyasar konten berupa tulisan yakni tulisan artikel. Di kehidupan nyata apabila seseorang diketahui telah meng-copy hasil karya cipta orang lain dan memperbanyaknya, maka orang tersebut pastinya akan mendapatkan tuntutan hukum dan berakhir di penjara,

Seorang yang menggeluti blogger atau konten kreator yang mana dijadikan hobby maupun sebagai pekerjaan pokok pasti berusaha menghindari aksi copas karya orang lain. Dengan menghindari aksi copas secara tak sadar kita melatih diri kita sendiri untuk berkarya dengan kreatif dan berusaha menciptakan karya-karya yang original dan berkualitas.

Dan konten original serta berkualitas memiliki nilai yang tinggi di mata google. Konten original dan berkualitas sering kali lebih viral dan menduduki peringkat yang tinggi pada search engine milik Google.

Menghindari aksi copas karya orang lain juga membuat kita terhindar dari dosa dan kesalahan dan juga aksi melawan copas secara tidak langsung adalah tindakan untuk menghargai para blogger ataupun konten kreator yang mana mereka telah berjuang keras dalam menciptakan karya original mereka. Dan juga dengan menghindari copas, kelak dimasa mendatang kamu akan terhindar dari tuntutan hukum.


Cara Mencegah Copas Pada Wordpress

Setelah mengetahui apa itu copas, selanjutnya kamu dapat melindungi konten tulisanmu pada wordpress dengan langkah-langkah di bawah ini :

 

  • Silahkan kamu login terlebih dahulu ke wordpress kamu.

Cara Mencegah Copas Di Wordpress


  • Kemudian lanjut dengan meng-klik tulisan PLUGIN seperti pada gambar dibawah.

Cara Mencegah Copas Di Wordpress

 

  • Pilih Tambahkan plugin dengan meng-klik ADD NEW atau TAMBAH BARU.


  • Pada kolom pencarian masukkan keyword "wp content protection" lalu klik enter. Setelah hasil pencariannya muncul lalu klik INSTAL NOW.

Cara Mencegah Copas Di Wordpress


  • Setelah kamu menginstalnya lalu pilih ACTIVATE.


Nah sekarang coba deh kamu klik kanan mouse kamu pasti sekarang website kamu sudah tidak bisa di copy-paste lagi bukan?  Mudah bukan cara untuk melindungi konten wordpress kamu dari bocah-bocah laknat tukang copas. Demikianlah Cara Mencegah Copas Di Wordpress, Semoga tulisan ni bermanfaat bagi kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url