close

Cara Mengatasi Terjadi Error Pengindeksan Di Google Akibat Gagal : Kesalahan Pengalihan

Terjadi Error Pengindeksan Di Google Akibat Gagal : Kesalahan Pengalihan - Memastikan artikel kita terindeks pada webmaster adalah hal yang wajib yang pastinya harus di lakukan oleh kita atau siapapun yang berprofesi sebagai admin maupun owner dari suatu situs. Namun bagaimana jika kita tidak bisa memposting artikel kita di karenakan error pengindeksan akibat kesalahan pengalihan ?

Tentunya hal ini akan mengganggu sekali dan membuat kita agak panik. Hal ini juga berakibat dengan tidak munculnya artikel kita di search engine akibat tidak terindeks di webmaster google. Dan artikel yang berpeluang page one dan mengundang banyak visitor tersebut hanya bisa menjadi pajangan di draft pos milik kita.Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut bukan ?


Terjadi Error Pengindeksan Akibat Kesalahan Pengalihan

Nah di kesempatan kali ini anggora akan membahas mengenai cara mengatasi url tidak ada di google karena terjadi error akibat kesalahan pengalihan. Error ini baru saya temui ketika saya mengganti alamat permalink secara manual dan ke esokan harinya saya mendapatkan notifikasi dari search console tentang error ini.

Terjadi Error Pengindeksan Di Google Akibat Gagal : Kesalahan Pengalihan


Saya pun menguji alamat artikel tersebut dan mendapatkan hasil seperti pada gambar di bawah ini :

Terjadi Error Pengindeksan Di Google Akibat Gagal : Kesalahan Pengalihan

 

Setelah melihat notifikasi tersebut saya pun mengecheck url postingan mana yang bermasalah. Ternyata yang bermasalah adalah url dalam postingan menjadi error karena perubahan alamat permalink yang saya lakukan.

Contohnya url dalam postingan yang saya masukkan yakni anchor text baca juga ( isi url : https://www.kenangananggora.com/2022/03/cara-membuat-makan-kucing-sendiri-di.html )

Kemudian url permalink baru akibat saya ubah adalah https://www.kenangananggora.com/2022/03/cara-membuat-makanan-kucing-sendiri-di.html

Nah tampak jelas bahwa tulisan makan beruh menjadi makanan karena telah di ubah permalinknya sehingga menyebabkan kesalahan pada pengalihan.


Cara Mengatasi Error Pengindeksan Akibat Kesalahan Pengalihan

Cara mengatasi error pengindeksan akibat kesalahan pengalihan sebenarnya sangat mudah dan simpel. Yakni dengan cara mengganti alamat url dalam postingan dengan alamat permalink yang baru atau yang sesuai. Atau jika kamu merasa itu merepotkan maka kamu bisa langsung saja menghapus url yang bermasalah dan memperbaharui artikel kamu.

 

Contoh URL Dalam Postingan Yang Bermasalah

https://www.kenangananggora.com/2022/03/cara-membuat-makan-kucing-sendiri-di.html


Setelah Penggantian Menjadi

https://www.kenangananggora.com/2022/03/cara-membuat-makanan-kucing-sendiri-di.html

 

 

Cara Menghapus URL Pada Google Search Console

Setelah penggantian tersebut jangan lupa menghapus url permalink yang lama agar tidak terjadi error yang tidak di inginkan seperti 404 not found.

  •  Masuk terlebih dahulu ke Google Search Console.

  • Kemudian pilih PENGHAPUSAN  untuk memulai proses penghapusan pilih PERMINTAAN BARU.

  • Kemudian masukkan url yang hendak akan di hapus. Masukkan url utama, jangan memasukkan url versi mobile

  • Setelah memasukkan url, lanjut memilih HAPUS SEMUA URL DENGAN AWALAN INI.

 

Untuk penghapusan permanen kamu tidak perlu menghapus lagi postingan dengan url tersebut dari situs kamu ( bukan dari search console ). Karena sebelumnya kita telah mengubah url tersebut di situs kita.

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengklik validasi perbaikan pada search console kemudian menunggu sampai google menvalidasi perbaikan pada situs. 

 

Demikian artikel Cara Mengatasi Terjadi Error Pengindeksan Di Google Akibat Gagal : Kesalahan Pengalihan. Semoga bermanfaat. 

 

Tags : Cara Mengatasi URL Tidak Ada Di Google,Cara Memperbaiki Url Google,
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url