Cara Mengatasi URL Tidak Ada Di Google : Terjadi Error Pengindeksan

Cara Mengatasi URL Tidak Ada Di Google : Terjadi Error Pengindeksan - Memastikan artikel kita terindeks pada webmaster adalah suatu hal yang wajib dilakukan seorang admin maupun owner dari website itu sendiri. Karena dengan terindeksnya artikel milik kita pada webmaster akan membuat artikel tersebut bisa ditemukan & dikunjungi orang lain ketika mereka sedang menjelajahi internet.

 

Semakin cepat sebuah artikel terindeks maka semakin cepat pula artikel tersebut bisa ditemukan. Juga tak mengurangi kemungkinan setelah artikel terindeks, artikel yang kita buat menempati page one. Namun saat melakukan indeks manual atau pun otomatis pasti akan selalu ada saja masalah seperti error yang harus kita hadapi. Seperti URL tidak ditemukan, URL tidak tersedia untuk google, URL Error & masih banyak masalah lainnya yang mungkin tidak cukup waktu jika disebutkan satu persatu, hehe. 

Masalah-masalah yang saya sebutkan di atas bisa menjadi penghalang dalam melakukan pengindeks-an & membuang-buang waktu kita dalam  mencari serta melakukan penanganan agar masalah tersebut dapat segera terselesaikan.


Masalah URL Tidak Ada Di Google : Terjadi Error Pengindeksan

Nah pada kesempatan kali ini kenangan anggora akan membahas mengenai cara mengatasi url tidak ada di google : terjadi error pengindeksan. Error ini baru saja saya temui pagi ini ketika saya selesai menulis sebuah artikel terbaru & hendak mengindeks manual artikel saya tersebut lewat google search console. Namun sebelum saya melakukan pengindeks-an manual saya melihat pada cakupan terdapat 2 error, salah satunya yaitu error kesalahan server 5xx.



 

Saya pun menguji alamat artikel tersebut dan mendapatkan notifikasi url tidak ada di google, seperti pada gambar di bawah ini :


Setelah melihat notifikasi tersebut saya pun mengecheck url postingan mana yang bermasalah. Ternyata yang bermasalah adalah https://kenangananggora.blogspot.com/2021/06/cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh.html?m=1.
 
Url diatas adalah alamat halaman untuk versi mobile ( halaman tampilan pada smartphone ) karena di akhiri dengan tulisan m=1. Setelah saya mencari sumber masalahnya selama berjam-jam pada akhirnya saya pun menemukan penyebab utama errornya. Yaitu dikarenakan permalink tidak ditemukan di situs saya karena saya sebelumnya telah mengubah permalink tersebut ke permalink yang baru. Karena Google tidak bisa menjangkau permalink lama yang sudah terindeks, akibatnya google menandai url tersebut sebagai alamat yang bermasalah ( mengalami error ).



Cara Mengatasi URL Tidak Ada Di Google : Terjadi Error Pengindeksan

Cara mengatasi masalah ini sebenarnya caranya cukup mudah yaitu kamu hanya perlu meminta penghapusan url yang bermasalah melalui google search console. URL yang kamu hapus yaitu url utama dari versi mobile yang mengalami error tersebut. Contohnya bisa kamu lihat pada contoh di bawah ini :


Contoh URL Utama

https://kenangananggora.blogspot.com/2021/06/cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh.html


Contoh Versi Mobile

https://kenangananggora.blogspot.com/2021/06/cara-meningkatkan-daya-tahan-tubuh.html?m=1

 

 

Cara Menghapus URL Pada Google Search Console

Untuk Mulai menghapus url yang bermasalah diatas kamu dapat mengikuti cara berikut ini :

 

  •  Masuk terlebih dahulu ke Google Search Console.

     

  • Kemudian pilih PENGHAPUSAN  untuk memulai proses penghapusan pilih PERMINTAAN BARU.


  • Kemudian masukkan url yang hendak akan di hapus. Masukkan url utama, jangan memasukkan url versi mobile

     

  • Setelah memasukkan url, lanjut memilih HAPUS SEMUA URL DENGAN AWALAN INI.

 

Untuk penghapusan permanen kamu tidak perlu menghapus lagi url tersebut dari situs kamu ( bukan dari search console ). Hal ini karena sebelumnya kita telah menghapus  url tersebut di situs kita. Mungkin cukup sekian artikel cara mengatasi urtl tidak tersedia di google. Semoga bermanfaat bagi kamu.

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengklik validasi perbaikan pada search console kemudian menunggu sampai google menvalidasi perbaikan pada situs kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url