close

Cara Praktis Mempercantik Website Wordpress

Bagi seseorang yang baru saja memulai membangun sebuah website pribadi dan ingin membuat websitenya lebih menarik. Pasti dalam hati bertanya-tanya " bagaimana sih cara praktis mempercantik website wordpress kita? ". Jangan khawatir karena disini saya akan berbagi cara praktis mempercantik website wordpress kita. Caranya gampang saja kok dengan bantuan plugin Jetpack untuk wordpress. Jetpack Adalah plugin yang memiliki banyak fungsi bermanfaat termasuk mempercantik web kamu.

Cara Praktis Mempercantik Website Wordpress

 

Fungsi Plugin Jetpack

Apa saja sih fungsi yang kita dapatkan dengan menggunakan plugin jetpack. Fungsi Jetpack untuk web kita selain mempercantik tampilannya yaitu :

 

Back Up dan Security Scanning

Jetpack memiliki fitur membackup data dan sebagai pengaman atas aktivitas malware serta malicious attack. Selain memiliki pengamanan atas malware, malicious attack, Jetpack juga memiliki fitur anti brute force. Fitur ini berfungsi mengatasi hack dengan metode brute force attack dari anonymus yang berniat membobol akun web kamu.

 

Manajemen Situs Dan Performa

Fitur jetpack yang satu ini sangat berguna untuk website kamu. Karena dengan adanya fitur ini mampu membuat performa kecepatan loading website kamu meningkat. Fitur tersebut antara lain Site Accelerator dan Lazy Loading dan Instant Search. Saya sendiri sudah melakukan percobaan tes kecepatan loading dengan membandingkan kecepatan loading saat fitur ini dinonaktifkan dan diaktifkan. Dan hasilnya performa kecepatan loading website sedikit meningkat.

 

Meningkatkan Pengalaman Menulis

Fitur ini adalah salah satu fitur dari Jetpack yang berfungsi meningkatkan pengalaman menulis. Fitur ini saya rasa cukup berguna untuk memudahkan aktivitas penulisan serta membuat penulisan terasa lebih menyenangkan.

 

Mempermudah Aktivitas Sharing

Jetpack menyediakan sebuah fitur bagi kamu selaku admin sebuah web untuk melakukan sharing. Hal ini terbukti dengan tersedianya fitur auto share content ke berbagai media social dan adanya tombol share yang bisa digunakan pembaca untuk share artikel kamu ke beberapa media social. Dan juga Jetpack menyediakan fitur like artikel yang bisa pembaca klik ketika mereka menyukai artikel kamu.

 

Mempercantik Web dan Meningkatkan SEO

Dengan adanya fitur tombol like, share dan custom komen serta fitur related post, kamu tidak perlu repot lagi menginstal plugin lain yang memiliki fitur serupa. Dan fitur ini saya anggap mampu mempercantik tampilan web dan mampu meningkatkan fungsi SEO.


Cara Praktis Mempercantik Website Wordpress

Setelah kamu mengetahui beberapa fungsi dari plugin Jetpack dan tertarik untuk menggunakannya dengan tujuan mempercantik dan meningkatkan performa web kamu. Kamu dapat memulai menggunakannya dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini :

 

  • Pilih PLUGIN kemudian klik ADD NEW untuk menambahkan plugin baru

  • Pada kolom pencarian masukkan kata Jetpack. Kemudian pilih INSTAL. Setelah Jetpack berhasil di instal lalu klik ACTIVATE.

Cara Praktis Mempercantik Website Wordpress


 

  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Jetpack. Pilih SET UP JETPACK.

Cara Praktis Mempercantik Website Wordpress


  • Anda kemudian akan diminta menghubungkan akun. Pilih APPROVE.

Cara Praktis Mempercantik Website Wordpress

 

  • Lanjut dengan meng-klik START WITH FREE.

 

  • Nah sekarang Jetpack kamu telah aktif.  Untuk mempercantik web kamu silahkan pilih JETPACK pada DASHBOARD Wordpress kamu. Lanjut Klik SETTING.

Mempercantik Website Wordpress

 

  • Pilih Tab SHARING dan aktifkan Add Sharing Button untuk menambahkan tombol share di akhir artikel. Aktifkan juga Add Like Button untuk menambahkan tombol like di akhir artikel. Dengan menambahkan kedua tombol ini akan lebih mempercantik web kamu dan meningkatkan kesan pro. Dan juga dengan adanya tombol share button akan meningkatkan fungsi SEO pada website kamu.

Mempercantik Website Wordpress

 

  • Untuk mempercantik kolom komentar pilih tab DISCUSSION lalu atur sesuai selera kamu. Atau kamu dapat mengikuti pengaturan saya seperti pada gambar di bawah ini.

Mempercantik Website Wordpress

 

  •  Dengan Jetpack kamu juga dapat meningkatkan performa kecepatan loading website kamu. Pilih tab PERFORMANCE lalu  aktifkan Enable Site Accelerator dan Enable lazy Loading Images.

 

Saya rasa hanya itu saja yang bisa saya bagikan tentang cara praktis mempercantik website wordpress dengan Jetpack. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin semakin meningkatkan kualitas web kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url