Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada HP ( Khusus Teknisi )

Bootlop adalah suatu error yang terjadi pada sebuah smartphone karena diakibatkan hardware ataupun software tak mampu memasuki sistem operasi pada smartphone, yang mana mengakibatkan smartphone akan terus menerus loading di logo. Permasalahan kasus hp bootlop ini seringkali kita temukan ketika kita menerima servisan . Mulai dari kasus bootlop ringan sampai bootlop parah. Nah apa saja yang perlu kita lakukan sebagai seorang teknisi untuk dapat mengatasi kasus yang satu ini. Simak cara mengatasi bootloop xiaomi, samsung, oppo, vivo dll berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi Bootloop Pada HP ( Khusus Teknisi )


Beberapa Penyebab Hp Mengalami Kerusakan Bootlop Serta Cara Mengatasinya

Kerusakan Pada Baterai

Kerusakan pada baterai bisa menyebabkan hp mengalami bootlop. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh board baterai mengalami short atau pun ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan. Kurangnya arus yang masuk ke tegangan ic cpu menyebabkan handphone hanya bisa masuk sampai logo kemudian hp akan merestart sendiri dan kembali lagi masuk ke logo.

Untuk mengatasi masalah ini kamu dapat mengecheck satu persatu komponen-komponen pada board baterai, jika ada yang mengalami kerusakan ataupun short silahkan langsung saja diganti. Untuk pemula bisa menggunakan cara praktis dengan mengambil board hp sejenis & mengganti boardnya secara keseluruhan ( komplit ).


Short Disekitar IC Power

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa short di daerah ic power dapat menyebabkan kurangnya tegangan masuk ke ic cpu yang mana menyebabkan cpu tidak dapat mengeksekusi perintah akses ke sistem operasi. Ibaratnya seperti sebuah kendaraan yang minyaknya kurang sehingga tidak bisa mencapai tujuannya. Short ini sering terjadi pada kapasitor yang dekat dengan ic power yang jalurnya menuju cpu. Untuk mengetahuinya kamu dapat mengechecknya lebih detail melalui skema.

Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan mengecheck kapasitor dekat ic dengan multimeter ataupun menggunakan mbr. Jika kamu telah menemukan komponen kapasitor yang short silahkan diganti kapasitornya maka handphone akan menjadi normal kembali


Software Mengalami Error ( Crash maupun Bug )

Kerusakan pada software handphone bisa terjadi karena kita sering menginstal aplikasi yang tidak cocok dengan smartphone milik kita atau mengganti rom yang tidak sesuai dengan hp kita. Hal ini pernah saya jumpai ketika seorang user mengeluhkan bahwa handphone Xiaomi miliknya mengalami botloop setelah ia mendownload aplikasi lewat google chrome. Kerusakan ini juga bisa terjadi karena hp terkena virus dari laptop, pc ataupun ketika mereka sedang browsing di internet. Melakukan flash pada hp dapat mengatasi masalah bootlop yang disebabkan software.


IC EMMC Lemah Ataupun Rusak

Data berlebih pada handphone. Bermain game berat terlalu berlebihan ataupun sering mendownload file  dengan data yang besar dapat menyebabkan melemahnya atau bahkan merusak ic ini. Setelah mengecheck handphone dan ternyata tidak ada masalah pada baterai, power & software maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengeksekusi emmc. Angkat Ic Emmc, cetak ulang kakinya kemudian check di box ufi ataupun box lainnya yang kamu punya.

Check apakah ic emmc masih sehat atau sudah rusak. Jika ic masih sehat dan hanya mengalami bad sektor kamu dapat memformat ic tersebut kemudian merepartisinya. Selanjutnya masukkan File Dump ke emmc agar handphone bisa hidup serta masuk ke menu sistem & jangan lupa masukkan imei handphone juga. Jika Emmc telah rusak total maka ic emmc tersebut harus diganti dan dimasukkan dump file serta imei handphone.


Mungkin itu saja sedikit pengetahuan saya yang bisa saya bagikan mengenai cara mudah Mengatasi bootloop hp( Khusus Teknisi )

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url