close

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot Maupun Wordpress Dengan Sangat Mudah

Apakah Privacy Policy itu? Privacy Policy adalah sebuah kebijakan privasi yang di buat owner sebuah situs web. Yang mana adanya privacy policy ini dapat membuat visitor suatu situs web dapat mengetahui apa saja kebijakan  situs tersebut & bagaimanakah owner web mengelola informasi yang mereka kumpulkan.

Kebijakan ini tentunya sungguh bermanfaat untuk mereka yang akan menjalankan bisnis secara online dengan menggunakan web. Kebijakan policy privacy ini juga sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki situs web atau blog untuk memonetisasi situs mereka. Tanpa adanya kebijakan privasi ini maka pengajuan adsense pada google akan ditolak mentah-mentah oleh google.

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot Maupun Wordpress Dengan Sangat Mudah


Secara Teknis Privacy Policy layaknya sebuah arsip hukum. Untuk menulis kebijakan privasi ini butuh usaha maksimal dalam menyusun arsip kebijakan ini supaya ter-cipta keakuratan dokumen, agar tulisan gampang dipahami & adanya keterbukaan data. Hal ini dibutuhkan agar para pengunjung mengetahui semua konsekuensi dari kunjungan mereka ke sebuah situs ( domain authority ) dan menambah tingkat kepercayaan mereka pada situs tersebut.

Privacy Policy juga sangat dibutuhkan dalam melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan tertentu. Contohnya adalah adsense. Tanpa mencantumkan Privacy Policy pada website kita, mustahil kita bisa melakukan kerjasama dengan pihak Google Adsense.

Kamu bisa membuat sendiri privacy policy milikmu dengan memperhatikan pencantuman beberapa informasi sebagai berikut :

  • Info  apa yang dikumpulkan dari visitor & mengapa hal tersebut di butuhkan oleh website kamu.

  • Memberikan info bahwa data yang dikumpulkan tersimpan dengan aman. Dan apabila kamu menggunakan jasa pihak ketiga dalam menyimpan data tersebut maka kamu harus menuliskan juga informasi tersebut.

  • Bagaimana sebagian atau keseluruhan data tersebut di share. Menjalaskan bahwa ada kemungkinan informasi tersebut di bagikan ke pihak ke tiga seperti pengiklan dan menyertakan opsi out. Pengunjung dapat memilih antara menerima segala ketentuan privacy policy ataukah menolak lalu keluar dari situs kamu.

  • Memberikan info mengenai partner publisher iklan pihak ke tiga yang ada di situsmu & menyertakan link ke situs website mereka.

  • Penjelasan Info  mengenai kebijakan cookies.

  • Memberikan Info mengenai proteksi data bagi anak di bawah umur.

 

Setelah membaca hal apa sajakah yang perlu di cantumkan dalam kebijakan privasi (police privacy ), mungkin kamu pasti berpikir bahwa sangat merepotkan untuk membuat dan menulis sendiri kebijakan privacy policy ini. Apalagi bagi orang awam seperti kita yang hanya membuat sebuah web atau blog dengan niat mengisi waktu senggang serta menyalurkan hobi kita menulis.  Tetapi jangan khawatir karena saya punya alternatif cara praktis membuat privacy policy blog atau website kita. Untuk mulai membuatnya kamu harus masuk ke  Privacy Policy Online.


Cara Membuat Privacy Policy Dengan Mudah

Setelah mengklik link di atas maka kamu akan di arahkan ke situs Privacy Policy Online. Gulir terus menerus sampai ke bawah hingga kamu menjumpai Privacy Policy Generator. Pilih Generate Privacy Policy.

Cara Membuat Privacy Policy

 

Pada langkah pertama kamu akan diminta memasuk-kan nama website kamu dan alamat urlnya. Setelah mengisi seluruhnya, kamu dapat mengklik Next.

Cara Membuat Privacy Policy

 

Pada langkah ke dua kamu akan di minta menjawab beberapa pertanyaan serta memasukkan negara dan wilayah di mana saat ini kamu tinggal. Klik tombol Next apabila kamu telah menyelesaikannya.

Cara Membuat Privacy Policy

 


Pada langkah ke tiga masukkan alamat email kamu lalu lanjut memilih Create Privacy Policy untuk membuat Privacy Policy milikmu.

Cara Membuat Privacy Policy

 

Pada halaman Download Your Privacy, Untuk memasukkan Privacy Policy ke website kamu silahkan pilih tombol Copy to Clipboard .

Cara Mudah Membuat Privacy Policy Di Website Kita

 

Cara Membuat Privacy Policy Di Wordpress

Masukkan kode yang kamu copy ke clipboard tadi ke page kamu. Untuk Wordpress tinggal pilih Page kemudian pilih Add New.

Cara Membuat Privacy Policy Wordpress Dengan Sangat Mudah

 

Masukkan judul page Privacy Policy kemudian klik mode Text lalu Paste kan pada mode Text.

Cara Membuat Privacy Policy Wordpress Dengan Sangat Mudah

 

Setelah selesai di paste-kan lalu klik mode Visual. Maka hasil tampilan policy privacy di editor akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Privacy Policy Wordpress Dengan Sangat Mudah

 

Untuk memasukkannya ke dalam homepage situs, kamu hanya perlu mengatur menu yang ada di pilihan appearance atau tampilan. Beginilah tampilan halaman privacy yang telah dibuat tadi pada situs web milikmu.

Cara Membuat Privacy Policy Wordpress Dengan Sangat Mudah


Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

Masukkan kode yang telah di copy ke clipboard tadi ke page baru. Untuk Pengguna blogger atau blogspot tinggal pilih Halaman kemudian pilih +HALAMAN BARU.

Cara Membuat Privacy Policy Blog

 

Isi judul page dengan nama Privacy Policy kemudian pilih TAMPILAN HTML lalu Paste kan pada TAMPILAN HTML.

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

 

Setelah selesai di paste-kan lalu klik TAMPILAN MENULIS. Maka tampilan policy privacy di editor blogger akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

 

Untuk melihat hasil previewnya pada blog milikmu maka kamu dapat mengklik PRATINJAU.

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot


Agar policy privacy ini bisa tampil pada halaman homepage situs, kamu hanya perlu mengaturnya pada TATA LETAK kemudian pilih edit GADGET HALAMAN.

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot

 

Aktifkan centang / checklist pada pilihan  PILIH SEMUA. Pilih SIMPAN untuk menyimpan pengaturan.

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot


Beginilah tampilan halaman privacy yang telah dibuat tadi pada blog milikmu. 

Cara Membuat Privacy Policy Blogspot


Gimana?? Bukankah caranya sangat mudah dalam membuat privacy policy pada situs kita.  Semoga artikel Cara Membuat Privacy Policy Blogspot Maupun Wordpress Dengan Sangat Mudah ini memberikan solusi dan manfaat bagi kamu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url