close

Cara Memasukkan Sitemap Ke Google Search Console

Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara memasukkan sebuah sitemap ke google search console. Tapi sebelumnya mari kita mengenal lebih dalam tentang sitemap.

Sitemap bisa diartikan sebagai sebuah halaman yang berisi seluruh daftar alamat url dari seluruh postingan pada situs website milik kita. Sitemap sendiri juga memiliki info tentang data waktu yang detail mengenai seluruh konten pada sebuah web. Dengan melihat sitemap, kita dapat mengetahui seberapa sering sebuah situs memperbaharui kontennya dan kapan terakhir kalinya situs tersebut mengupload konten miliknya.

Cara Memasukkan Sitemap Ke Google Search Console


Secara sederhananya sitemap itu sendiri dapat di ibaratkan seperti sebuah buku yang mencatat daftar isi konten dan tanggal perilisan serta pembaharuannya. Nah buku inilah yang nanti akan di daftarkan ke dalam perpustakaan  milik google. Agar nantinya buku ini dapat dengan mudah ditemukan oleh para pengunjung yang mengunjugi perpustakaan tersebut.

Untuk memaksimalkan SEO ( Search Engine Optimization ) on page kita juga perlu men-submit sitemap kita pada webmaster dan meletakkan sitemap pada situs kita. Sitemap yang tadinya telah di daftarkan ke webmaster akan membuat konten kita cepat terindeks dan dengan terindeksnya konten kita maka akan mudah untuk ditemukan orang lain ketika sedang browsing di internet. Dan juga bisa jadi page kita akan masuk page one setelah kita memaksimal kan sitemap dan seo.


Beberapa Fungsi Sitemap


Mempermudah Proses Perayapan Search Engine

Dengan adanya sebuah sitemap maka dapat memudahkan tugas search engine untuk mengcrawl / merayapi seluruh artikel ataupun konten milik kita pada sebuah situs website. Saat merayapi atau berkunjung ke sebuah situs web, web-crawler akan memakai tautan sitemap tersebut untuk mencari halaman-halaman lainnya. Web-Crawler sangat memperhatikan situs-situs  baru, seberapa sering situs  tersebut meng-update kontennya serta berapa banyak tautan yang telah nonaktif dan berapa banyak tautan yang mengalami error.

 

Proses Index Menjadi Lebih Cepat 

Setelah memasukkan sebuah sitemap pada webmaster seperti webmaster milik google maka secara otomatis semua konten pada sebuah situs akan di crawl. Konten terbaru maupun yang terlama yang diperbaharui akan di crawl oleh webcrawler. Yang menyebabkan proses indeks otomatis akan berjalan dan membuat konten milik kita cepat terindeks & akan cepat muncul di mesin pencari. Cara ini lebih praktis di bandingkan memasukkan url kita dengan cara manual ke webmaster.


Kualitas Website Meningkat

Sitemap juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas sebuah situs  website dimata mesin pencarian. Karena dengan adanya Sitemap sendiri akan mampu membuat search engine mudah memperoleh info terbaru mengenai situs milik kita. Seperti info mengenai alamat url artikel, konten paling baru, seberapa sering situs melakukan pembaharuan konten miliknya dan url artikel yang telah nonaktif serta url apa saja yang mengalami error.

 

Memudahkan Visitor Menemukan Website

Pengunjung akan mudah untuk menemukan situs web milik kita ketika mereka sedang browsing di internet. Dan sitemap akan mempermudah visitor untuk memahami konten apa saja yang tersedia di situs milik kita dan mengetahui niche utama situs kita.

 

Cara Memasukkan Sitemap Pada Google Search Console

Setelah kita mengetahu apa itu sitemap beserta fungsinya maka selanjutnya adalah bagaimana cara memasukkan sitemap ke Google Search Console. Kamu dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini :

 

  • Silahkan masuk terlebih dahulu ke akun google search console milik kamu di sini.

  • Pilih Telusuri Properti. Pilih situs yang ingin kamu masukkan sitemapnya. Contohnya di sini saya hendak memasukkan sitemap sarangkutu.com maka saya pilih sarangkutu.com.

Cara Memasukkan Sitemap Pada Google Search Console


  • Setelah memilih situs yang ingin dikirimkan sitemapnya kemudian pilih menu Peta Situs kemudian masukkan url sitemap website kamu pada pada Tambahkan Peta Situs Baru. Jika kamu tidak tahu cara membuat sitemap pada wordpress maka kamu dapat menggunakan plugin Yoast SEO. Pada Tab Feature pada YOAST SEO ubah pengaturan XML Sitemap menjadi On untuk ,engaktifkan fitur xml situs website kamu.

Cara Memasukkan Sitemap Ke Google Search Console


  • Untuk melihat halaman sitemap kamu dapat mengklik tanda tanya seperti pada gambar di bawah ini. Lalu klik See The XML Sitemap. Maka kamu akan di arahkan ke halaman sitemap kamu.

Cara Memasukkan Sitemap Ke Google Search Console

 

  • Copy link url sitemap kamu yang di tandai kotak merah seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Memasukkan Sitemap Ke Google Search Console

 

  • Pilih menu Peta Situs kemudian masukkan url sitemap website yang tadi kamu copy pada Tambahkan Peta Situs Baru. Setelah selesai memasukkannya kemudian klik Kirim.

Memasukkan Sitemap Ke Google Search Console


  • Jika berhasil di kirimkan maka url website kamu akan tampak di bagian kanan bawah dan memiliki status Aktif.

Memasukkan Sitemap Ke Google Search Console


Nah sekarang sitemap kamu sudah terkirim pada Google Search Console dan setiap kamu mempublish postingan atau konten baru pada website kamu maka secara otomatis konten kamu akan terindeks di mesin pencarian google.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url