10 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Penggunaan laptop pada zaman sekarang hampir seperti suatu hal yang lazim dimasyarakat. Laptop sering kali digunakan dalam pekerjaan, sebagai sarana hiburan seperti nge-game, menonton film ataupun sekedar mendengarkan musik. Bahkan bagi beberapa orang menggunakan laptop seperti kebutuhan pokok dalam kehidupan sehariannya.

Tetapi tak jarang dari kita abai dalam memakainya dengan baik dan merawat laptop agar awet serta tidak lemot. Hal ini juga berlaku pada laptop baru, karena dengan merawat laptop baru maupun lama maka ia akan menjadi awet. Dan ia tidak akan gampang rusak & berakhir di tempat servis ataupun tempat sampah.

Merawat Laptop Agar Awet & Tidak Cepat Rusak

 

Kita dapat memulai perawatan tersebut dengan cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk merawat laptop, namun seringkali kita abai karena disebabkan oleh ketidaktahuan. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan memberi informasi 10 Cara Merawat Laptop Dengan Mudah Agar Awet


1.Hindari Pemakaian Dalam Waktu Panjang

Pada saat bekerja, nge-game atau nonton film dengan memakai laptop terkadang membuat kita lupa akan waktu. Penggunaan perangkat laptop dalam jangka waktu yang lama & berlebihan bukanlah hal baik bagi laptop ataupun pengguna itu sendiri. Kecuali jika penggunaan jangka panjang karena disebabkan beberapa tugas yang penting maka hal ini dapat dimaklumi. 

Apabila laptop hanya digunakan sebagai sarana hiburan atau kegiatan yang tidak begitu penting maka ada baiknya setiap dipakai selama 3 jam maka laptop sebaiknya di istirahatkan ( dimatikan ). Dengan beristirahatnya laptop maka mesin akan mendingin dan komponen vital pada mesin seperti ic, vga, & processor akan awet.


2. Memakai Cooler Fan ( Pendingin )

Beberapa aktivitas kadang kala membutuhkan penggunaan laptop dalam waktu lama. Seperti misalnya Programmer yang butuh waktu lama bekerja di hadapan laptop demi menghasilkan satu buah program. Jika penggunaa memakan waktu yang sangat lama maka ada baiknya perangkat kita dilengkapi pendingin. Pendingin sendiri terbukti mampu menurunkan suhu dan menjaga mesin tetap dingin saat perangkat digunakan.

Namun ada baiknya membeli pendingin yang berharga mahal. Karena dari segi kualitas pendingin yang mahal lebih efektif mendinginkan suhu dan menjaga suhu mesin tetap normal dibandingkan pendingin murahan yang banyak tersebar di pasaran.


3. Jangan Meletakkan Laptop Di sembarang Tempat

Sebelum menggunakan laptop sebaiknya harus memperhatikan tempat peletakanmya. Letakkanlah  perangkat ditempat yang datar. Dan janganlah memakai perangkat diatas kasur karena sirkulasi udara dimesin bakal terhambat akibat permukaan tidak rata. Terhambatnya sirkulasi udara pada laptop dapat menyebabkan panas berlebihan pada mesin ( overheat ).

Overheat dapat menyebabkan mesin cepat rusak. Bila di biarkan terus-terusan dapat menyebabkan efek yang lebih fatal pada laptop yaitu laptop bisa mati total.


4. Tidak Nge-game Berlebihan

Nge-game berlebihan apalagi bermain game dengan grafis tinggi akan membebani banyak komponen. Contoh komponen yang terbebani antara lain procesor, vga dan juga ram. serta beban yang berat inilah yang juga menyebabkan beberapa komponen dipaksa kerja sampai batasnya dan menyebabkan mesin mudah menjadi panas. Serta ram juga sering terbebani karena aktivitas nge-game sehingga ram tak jarang sering kali mengalami kerusakan.

Oleh karena itu sebaiknya saat kita bermain game kita harus pandai mengatur waktu dan tidak bermain dengan terlalu berlebihan. Serta pastikan game yang akan kita mainkan tersebut adalah game yang sesuai dengan spesifikasi laptop milik kita.


5. Bersihkan Laptop Tiap Sebulan

Sebenarnya membersihkan perangkat laptop tidak begitu membutuhkan biaya mahal. Kita bisa membersihkan laptop dengan cara mematikan perangkat kemudian kita bisa membersihkan perangkat dengan memakai tisu basah. Bersihkan seluruh permukaan luar dan juga ventilasi - ventilasi udara yang ada pada perangkat laptop kita.

Pada bagian monitor jangan membersihkannya menggunakan kain basah atau tisu basah. Sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus monitor laptop yang banyak dijual di pasaran. Hal ini dikarenakan bagian ini lebih sensitif daripada bagian lainnya.


6. Instal Anti Virus Up-To-Date

Instal laptop kamu dengan antivirus serta perhatikan selalu antivirus milikmu agar selalu up-to-date ( data antivirus selalu diupdate ). Antivirus memiliki fungsi sebagai pelindung perangkat dari serangan virus - virus yang tanpa sepengetahuan telah menyusup ke perangkat kita disaat browsing, download ataupun saat kita memasang sebuah program baru pada perangkat milik kita.


7. Hindari Guncangan Berlebihan Saat Membawa Laptop

Saat membawa laptop dalam perjalanan dekat maupun jauh pastikan laptop kamu ada di posisi yang minim guncangan. Seringkali banyak pengguna laptop yang mengeluh laptopnya yang semula bagus tiba-tiba rusak. Dan banyak diantara mereka yang mengaku kerusakan terjadi setelah mereka membawa laptop mereka dalam perjalanan dan meletakkan laptop mereka sembarangan di dalam mobil atau pun sepeda motor.

Kerusakan ini disebabkan laptop menerima guncangan berlebih dan mengalami kerusakan. Jadi pastikan meletakkan laptop kamu di tempat yang aman saat sedang dalam perjalanan.


8. Tidak Sembarangan Meletakkan Barang

Hendaknya kamu tidak asal meletakkan barang disekitar laptop milik kamu. Apalagi jenis barang yang bersifat cair serta barang lainnya yang mana bisa merusak laptop. Contohnya meletakkan Teh disekitar laptop, jika teh tersebut tumpah pastinya laptop yang terkena teh tadi akan menjadi rusak.


9. Tidak Menggunakan Adaptor Charging Tanpa Baterai Terpasang

Beberapa diantara kamu pasti ada yang baterainya rusak dan memakai laptop dengan menggunakan adaptor charger. Sebaiknya kamu membeli baterai baru jika memiliki dana lebih. Karena jika suatu saat listrik mati saat kamu menggunakan laptop, laptop kamu bisa mengalami kerusakan fatal yang mengakibatkan laptop mati total.


10. Jangan Langsung Menutup Layar Laptop Setelah Dimatikan

Setelah mematikan laptop atau istilah kerennya shutting down,. Ada baiknya kamu jangan langsung menutup layar sebelum kamu memastikan bahwa laptop benar-benar sudah mati dan indikator power telah padam. Sebab dikhawatirkan laptop kamu yang tadinya akan shut down ( mati ) malah masuk ke mode sleep.

Hal ini membuat sistem operasi bingung perintah mana yang harus di eksekusi dan menyebabkan error. Ditambah lagi menutup layar sebelum laptop benar benar padam kadang menyebabkan arus yang tidak stabil pada lcd dan seringkali mampu merusak lcd tersebut.

Semoga artikel 10 cara merawat laptop agar tidak cepat rusak menambah wawasan kamu dan membuat kamu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url