Kenapa Kucing Menjulurkan Lidah Terus ? Ternyata Ini Jawabnya !

Banyak dari kita yang memelihara kucing sebagai hewan peliharaan dan mungkin kamu sang pembaca adalah salah satunya. Sebagai pemilik kucing, kita pastinya sering kali menemukan perilaku yang tak biasa pada kucing kesayangan kita.


Kenapa Kucing Menjulurkan Lidah Terus


Contohnya seperti kucing yang senang tidur di tempat yang sangat berpasir, tempat kotor atau senang tidur di tempat yang basah, kucing terkadang lari ketakutan tanpa sebab dan seolah melihat sesuatu dan banyak perilaku aneh kucing lainnya

Selain beberapa perilaku aneh kucing yang Anggora sebutkan di atas, ada satu lagi perilaku kucing yang pastinya pernah kita lihat dan membuat kita keheranan. Perilaku tersebut adalah kucing terkadang terus-terusan menjulurkan lidahnya.

Melihat kucing menjulurkan lidah terus, ini akan membuat kebanyakan dari kita bertanya-tanya kenapa sih kucing berperilaku seperti ini ? Nah bagi kamu yang penasaran akan hal ini dan ingin tahu apa alasan di balik perilaku kucing ini maka kamu wajib membaca tulisan Anggora berikut ini.


Kenapa Kucing Menjulurkan Lidah Terus ?

Pastinya kita pernah melihat kucing menjulurkan lidah terus menerus. Kita mungkin pernah melihatnya dalam berbagai situasi seperti saat kucing sedang tidur, saat terbangun ataupun sedang aktif bergerak dan lainnya.

Kebiasaan kucing ini merupakan sesuatu yang menarik untuk di perhatikan dan kadang kala di lakukan oleh kucing. Dalam beberapa hal tertentu perilaku kucing ini terbilang normal. Setahu Anggora ada beberapa penyebab pasti yang membuat kucing berperilaku seperti ini. Penyebanya antara lain :

1. Kucing Menjulurkan Lidah Karena Merasa Haus

Penyebab pertama adalah kucing kemungkinan sedang merasa haus dan tak menemukan sedikit air untuk menghilangkan rasa haus ini. Jika kucing bisa menemukan air untuk di minum maka tak mungkin kucing menjadi kehausan sembari menjulurkan lidahnya.

Sama seperti manusia, rasa haus kucing umumnya di sebabkan oleh aktivitas yang berlebihan yang di lakukan oleh kucing, pengaruh dari suhu udara yang cukup panas, kucing berlari cukup lama karena di kejar makhluk lainnya ( kucing, manusia atau hewan lainnya yang mengancamnya ) dan beberapa lainnya.


2. Kucing Menjulurkan Lidahnya Karena Kepanasan

Apakah suhu udara di sekitar kamu tinggal cukup panas saat kucing tengah menjulurkan lidahnya ? Apakah kucing kamu baru kembali dari luar rumah dan suhu udara juga sedang sangat panas ? Jika iya maka inilah penyebab utamanya.

Kucing peliharaan kamu saat ini mungkin sedang kepanasan sehingga ia terpaksa mengeluarkan lidahnya. Menjulurkan lidah merupakan salah satu upaya kucing dalam membantu menstabilkan suhu tubuhnya.

Kucing menjulurkan lidahnya supaya kucing bisa menguapkan panas melalui penguapan air di permukaan lidahnya. Dengan cara ini kucing akan mampu menurunkan suhu tubuhnya lalu menjaga suhu tubuhnya menjadi lebih stabil.


3. Ketika Lidah Kucing Keluar Dari Mulutnya Kemungkinan Kucing Sedang Dehidrasi

Kucing menjulurkan lidahnya bisa jadi pertanda bahwa kucing sedang mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah situasi di mana kucing kekurangan cairan dalam tubuhnya akibat kurang mengkonsumsi air putih.

Ini adalah respon alami kucing ketika mereka mengalami dehidrasi. Ketika kucing mengalami hal ini jangan di anggap remeh karena ini bisa sangat berpengaruh pada kesehatannya tubuhnya dan bisa menyebabkan penyakit tertentu seperti penyakit ginjal yang sangat beresiko.

Untuk menghindari dehidrasi pada kucing, pastikan bahwa kucing telah mendapat cukup cairan dan pastikan bahwa air minum kucing bisa dengan mudah kucing jangkau di saat ia sedang ingin minum.

 

4. Kucing Mengeluarkan Lidahnya Karena Masalah Mulut

Selain beberapa penyebab di atas, masalah kesehatan mulut seperti masalah penyakit gigi dan gusi juga dapat membuat kucing menjadi lebih sering menjulurkan lidah keluar dari dalam mulutnya. Ini karena kucing merasa tak nyaman dengan kondisi mulutnya.

Sebagai respon atas ketidaknyamanan ini maka kucing akan sangat sering mengeluarkan lidahnya dari dalam mulutnya.

 

5. Kucing Menjulurkan Lidah Karena Ia Sedang Cemas Atau Stress

Kenali penyebab kucing kamu menjulurkan lidahnya. Jika kamu merasa bahwa hal ini bukan karena kucing sedang dehidrasi, merasa kepanasan, merasa kehausan atau karena kucing sedang sakit pada mulut atau lidahnya maka besar kemungkin ini karena kucing kamu sedang cemas atau stress.

Sebagai akibat dari rasa cemas atau stress yang di alami kucing, kucing sering kali menjulurkan lidahnya atau menjilati tubuhnya.  Kucing melakukan ini padahal ia tak merasa gatal atau tak ada bagian dari tubuhnya yang terasa sakit dan terluka.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mencari tahu sebab utama yang membuat cemas atau stress pada kucing dan setelah mengetahuinya sebabnya cukup singkirkan penyebabnya maka kucing akan kembali normal seperti sebelumnya.

Oh iya beberapa kucing bisa mengatasi rasa cemas dan stressnya sendiri secara alami.

 

Itulah dia beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab utama mengapa kucing terus menjulurkan lidahnya keluar dari mulutnya. Kini kamu sudah tahu apa saja penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url