Bagaimana Cara Merawat Kucing Kampung Yang Masih Kecil ? Ini Caranya !

Kucing adalah hewan yang menggemaskan dan lucu. Di Indonesia sendiri kucing merupakan hewan yang sangat populer untuk di jadikan hewan peliharaan. Mulai dari kucing jenis ras, mixed breed dan kucing kampung, semua kucing ini banyak di pelihara.

 

Cara Merawat Kucing Kampung Yang Masih Kecil


Tak peduli apapun jenis rasnya, kucing tetap akan sama di mata kita selama kita benar-benar menyayanginya. Salah satu contohnya adalah jenis kucing kampung. Kucing jenis ini banyak sekali kita temukan di sekitar kita.

Bagi mereka yang senang dengan kucing maka tak jarang mereka akan mengadopsi kucing kampung ini. Alasannya karena kucing ini tak membutuhkan biaya apapun untuk di adopsi dan dari kita kebanyakan mengadopsinya karena merasa kasihan pada kondisi si kucing.

Mereka kasihan dengan kondisi tubuh kucing dan kucing sakit-sakitan atau mereka kasihan karena si kucing masih anak-anak dan bertubuh kecil.  Oh ya bicara soal anak kucing kampung, banyak dari kita yang mungkin bingung sewaktu pertama kali mengadopsi anak kucing kampung.

Kebingungan ini umumnya di karenakan kita tak tahu bagaimana cara merawatnya. Nah bagi kamu yang kebetulan baru pertama kali mengadopsi anak kucing kampung yang masih kecil dan tak tahu cara merawatnya maka kamu bisa mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora ini.


Bagaimana Cara Merawat Kucing Kampung Yang Masih Kecil ?

Ketika kita baru saja memelihara kucing kampung tentunya kita akan kebingungan mengenai bagaimana cara memelihara kucing. Untuk kucing dewasa mungkin kita akan berpikir kucing hanya butuh makan, minum dan di mandikan saja. 

Lalu bagaimana dengan anak kucing kampung yang masih kecil. Tentunya mereka akan membutuhkan perawatan yang mungkin berbeda daripada kucing dewasa. Nah untuk memelihara anak kucing, kamu bisa mengikuti beberapa cara ini :

1. Si Kucing Kecil Wajib Di Vaksin

Bawalah si kucing kecil kamu ke dokter hewan untuk melakukan vaksinasi. Kamu wajib melakukan ini karena kucing kecil pada dasarnya rentan terkena penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan virus, seperti panleukopenia, FIV, Rabies dan sejenisnya. 

Memang melakukan vaksinasi kucing membutuhkan beberapa biaya yang mesti kita keluarkan namun ini sebanding dengan manfaat yang kucing kecil kita dapatkan. Dengan melakukan vaksinasi maka si kecil bisa memiliki imune yang kuat terhadap berbagai jenis virus serta penyakit. 

Jadi, pastikan kamu membawa kucing kamu untuk melakukan vaksinasi sesuai jadwal yang di berikan oleh dokter hewan.


2. Perhatikan Makanan Kucing Kampung Kecil Kamu

Coba perhatikan kucing kamu, lihat si kucing apakah bisa makan makanan kucing ataukah si kucing hanya bisa minum susu. Setelah tahu apa yang di butuhkan oleh kucing untuk memenuhi isi perutnya maka berikanlah makanan atau susu ini 3 kali dalam sehari. 

Sebelum kamu memberikan kucing makanan atau susu, pastikan bahwa semua yang kamu berikan di tujukan khusus untuk anak kucing bukan untuk kucing dewasa. Contohnya makanan dan susu kucing yang kamu beri adalah khusus anak kucing. 

Kamu dapat mengetahui makanan tersebut untuk anak kucing atau tidak dengan melihat tulisan yang ada pada kemasan produk atau kamu bisa menanyakan hal ini langsung pada penjual di toko Petshop. 


3. Kucing Kampung Kecil Butuh Air Minum

Selain makanan, kucing kecil kamu juga butuh minuman untuk di minum. Untuk minuman kucing, berikan kucing kampung kamu air putih yang bersih dan telah di masak matang. Tempatkan air minum di samping makanan atau di tempat yang mudah di jangkau oleh kucing. 

Oh iya air minum hanya penting untuk di berikan pada anak kucing yang sudah bisa makan sendiri. Untuk anak kucing kampung yang masih minum susu, air putih tak begitu perlu untuk di berikan kepada si kucing kecil. 

Berikan kucing air minum bersih dan selalu ganti air minum setiap harinya untuk menjaga kebersihannya dan agar aman di konsumsi oleh si kucing kecil kesayangan kita.


4. Mandikan Si Kucing Kecil

Kalau kucing kecil sudah cukup besar dan bisa di mandikan maka wajib bagi kita untuk memandikan kucing. Kucing wajib di mandikan setiap dua minggu sekali untuk menjaga kebersihan kulitnya serta bulunya dari kotoran, bakteri dan parasit yang menyerang.


5. Jaga Kebersihan Tubuh Si Kucing Kecil

Selain memandikan si kucing kecil, kamu juga wajib menjaga kebersihan tubuh kucing. Contohnya adalah dengan rajin membersihkan mata, hidung dan telinga kucing. Kamu bisa membersihkan ketiga bagian ini dari kotoran dengan menggunakan kapas. 

Selain beberapa bagian-bagian yang Anggora sebutkan, kamu juga dapat menjaga kebersihan tubuh kucing dengan memastikan bahwa ruangan atau kandang yang di tempati oleh kucing bersih dan juga memastikan seluruh perlengkapan kucing ( wadah makanan, minuman, tempat tidur kucing dan sejenisnya ) dalam keadaan bersih. 


6. Sediakan Tempat Buang Air Untuk Si Kucing Kampung Yang Masih Kecil

Sama dengan hewan lainnya, kucing juga butuh buang air besar dan juga butuh buang air kecil karena itulah wajib bagi kita untuk menyediakan tempat khusus baginya untuk mengeluarkannya. Kamu bisa membuat sendiri tempat khusus kucing BAB menggunakan kayu lalu mengisinya dengan pasir kucing. 

Jika kamu tak ingin repot membuat sendiri maka kamu dapat membeli litter box ( Tempat khusus BAB kucing ) di petshop atau toko online. Harga liter box terbilang murah sekitaran 20 ribuan untuk litter box berkualitas lumayan atau sekitar 400 ribuan untuk litter box berkualitas tinggi. 


7. Jauhkan Kucing Kecil Dari Tempat Yang Berbahaya

Yang namanya anak-anak termasuk anak kucing masih belum tahu yang namanya bahaya. Karena itulah pastikan kamu membiarkan kucing berada di tempat yang aman ketika kamu melepasnya atau saat kamu tengah membiarkan kucing sendirian. 

Bila memang kamu benar-benar tak bisa mengawasi kucing entah itu karena sibuk dengan urusan rumah atau karena pergi berkerja sebaiknya kamu mengurung kucing kampung kamu yang masih kecil di dalam kandang untuk menjaga keamanannya. 


8. Konsultasi Ke Dokter Jika Kucing Memiliki Masalah

Selalu awasi kondisi kucing kecil kesayangan kamu, jika kamu merasa ada yang salah pada dirinya maka jangan di abaikan dan segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa mengatasi masalah kucing, mendeteksi penyakit sejak dini, mengobati kucing dan membantu kucing agar tetap sehat. 


Itulah dia beberapa cara memelihara kucing kampung yang masih kecil. Semoga apa yang Anggora tuliskan di atas bisa bermanfaat bagi sobat membaca sekalian. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url