Kenapa Kucing Tidur Di Atas Kepala Kita ? Ternyata Ini Jawabnya !

Siapa sih yang tak kenal hewan imut yang satu ini. Ya, benar kucing mereka adalah hewan dengan perilaku unik dan menggemaskan. Selain karena kedua hal ini, kucing pun di kenal dengan hewan yang suka tidur.


Kenapa Kucing Tidur Di Atas Kepala Kita


Ini bukan karena kucing malas sih hanya saja kebutuhan tidur kucing lebih banyak dari pada manusia. Bahkan tidur kucing terutama anak kucing bisa hingga lebih dari 12 jam sehari. Uniknya tidur kucing terbagi dalam beberapa bagian contohnya pada pagi hari 3 jam, siang 1 jam, sore 2 jam dan seterusnya.

Oh iya bicara soal tidur kucing, kucing adalah hewan yang aneh dalam pemilihan tempat tidur. Kucing bisa tidur di mana pun yang ia inginkan seperti di atas lantai, di bawah meja, dekat sofa, di sudut ruangan dan sejenisnya.

Selain beberapa tempat di atas, kucing suka tidur di tempat yang tak biasa. Salah satunya adalah kucing tidur di atas kepala kita. Bisa di bagian atas kepala, belakang kepala ataupun bagian muka kita. Melihat kucing seperti ini tentunya kita akan penasaran mengapa ia suka berprilaku seperti ini.

Kenapa kucing suka tidur di kepala kita ? Cari tahu jawabannya dengan membaca tulisan Anggora ini hingga akhir.

 

Alasan Kenapa Kucing Tidur Di Atas Kepala Kita ?

Kucing memanglah hewan yang butuh banyak tidur. Terkadang hewan ini suka tidur di tempat-tempat yang aneh contohnya adalah kucing tidur di atas kepala kita. Kebiasaan kucing suka tidur di atas kepala bisa ada pada kucing manapun.

Kucing ras serta domestik, kucing usia tua dan muda pun dapat memiliki kebiasaan tidur aneh ini. Meskipun semua kucing bisa memilikinya namun berdasarkan usia kucing, kebiasaan aneh ini umumnya lebih sering di miliki kucing yang berusia muda seperti anak kucing.

Ini karena tubuh anak kucing terbilang kecil dan bisa dengan mudah tidur di atas kepala kita. Ketika kucing tidur di atas kepala ada alasan sederhana atas tindakannya ini. Lalu apa alasannya ? Berikut beberapa di antaranya :

1. Kucing Merasa Kepala Kita Sangat Nyaman

Alasan sederhana pertama mengapa kucing tidur di kepala kita adalah karena rasa nyaman. Di saat kucing nyaman tidur di suatu tempat biasanya kucing akan senang tidur di tempat tersebut tak peduli di manapun tempat tersebut.

Mau itu tempatnya kotor, tempatnya agak bau, tempatnya di ketinggian, tempatnya basah, tempatnya gelap atau tempatnya agak bahaya menurut kita, apapun kondisi tempat itu selama kucing nyaman dan nyenyak tidur di sana maka ketika kucing ingin tidur di tempat tersebut maka ia pasti akan tidur di sana.


2. Kepala Manusia Adalah Tempat Yang Sangat Aman

Alasan kucing selanjutnya adalah karena ia merasa bahwa kepala kita sangat aman sebagai tempat untuk ia menghabiskan waktunya untuk tidur. Pastinya bukan cuma kucing saja yang setuju akan hal ini tetapi kita pun sebagai manusia menyetujuinya.

Dengan tidur di atas kepala manusia kucing akan aman dari segala bahaya apapun soalnya manusia bisa melindunginya dari berbagai jenis bahaya. Di samping itu kucing pun tak takut ada hewan lainnya yang mengincarnya soalnya kebanyakan hewan sangat takut dengan manusia dan menganggap mereka berbahaya.


3. Kucing Suka Tempat Tinggi

Walaupun bagi manusia tempat-tempat yang tinggi sangat berbahaya untuk kucing namun kucing justru berpikir malah berpikir yang sebaliknya. Kucing malah mengganggap tempat ini menyenangkan dan cukup aman dari pada tempat lainnya.

Ini di akibatkan kucing yang bisa dengan mudah mengamati  dan mengawasi lingkungan sekitarnya bilamana ia berada di tempat tinggi. Jika kucing berbaring dan diam di atas kepala kita namun ia tak tidur maka kucing berada di sana hanya karena ia suka tempat tersebut dan kucing hanya ingin bersenang-senang dan ingin mengawasi lingkungan sekitarnya dengan mudah.


4. Bentuk Interaksi Kucing Dengan Pemiliknya

Kucing tidur di atas kepala juga bisa merupakan salah satu bentuk interaksi kucing dengan pemiliknya. Jika kucing melakukan hal ini pada seseorang ini mungkin di karenakan rasa kepercayaannya pada orang tersebut.

Bisa juga karena si kucing sangat menyayangi kita sehingga dia tidur di kepala kita dan tak ingin berpisah dengan kita saat kita sedang tidur. Bukan cuma itu saja terkadang tindakan kucing ini bisa menandakan bahwa kucing memiliki hubungan yang dalam dengan kita seperti hubungan antara anak dan orang tua.


5. Bau Rambut Di Sukai Oleh Kucing

Kucing adalah hewan yang sensitif terhadap bau-bauan. Itulah mengapa kucing yang suka tidur di atas kepala manusia juga bisa di kaitkan dengan kucing yang menyukai bau rambut seseorang. Kalau kucing suka tidur di atas kepala kita bisa jadi itu di sebabkan kucing suka dengan bau rambut kita yang harum.


6. Kebiasaan

Beberapa orang senang membiasakan kucingnya melakukan hal aneh karena ia menganggap bahwa kucingnya akan lebih unik karena memiliki perilaku yang berbeda dari kucing lainnya. Mereka juga melakukan hal ini karena menganggap hal itu lucu.

Akibatnya kucing menjadi terbiasa akan hal ini dan senang melakukannya tanpa harus di paksa. Salah satu perilaku kucing yang bisa terjadi akibat di biasakan adalah kucing senang tidur telentang, kucing senang tidur di pangkuan manusia ataupun kucing suka tidur di atas kepala kita.


Itulah dia beberapa alasan utama atas apa yang membuat kucing senang tiduran di kepala kita. Kini kamu sudah tahu apa saja alasannya bukan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat buat kamu yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url