Kenapa Sih Pantat Kucing Merah ? Ini Penjelasannya !

Sebagai pemilik yang baik tentunya kita akan selalu memperhatikan kondisi kucing kesayangan kita. Oleh karena itulah di saat kita sadar ada yang salah dengan tubuh kucing kesayangan kita maka kita akan khawatir dengan keadaannya.

 

Kenapa Sih Pantat Kucing Merah


Selain khawatir kita tentunya akan berusaha sebisa mungkin mencari penyebab utama yang membuat tubuh kucing bermasalah sehingga kita dapat melakukan tindakan pencegahan sekaligus untuk menemukan perawatan yang sesuai dengan kondisi kucing kita.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada tubuh kucing kesayangan kita adalah si kucing mengalami pantat kemerahan. Masalah yang satu ini bisa terjadi pada kucing jenis apapun tanpa terkecuali. Ketika ini terjadi, butuh tindakan yang tepat bagi kita untuk menanganinya.


Kenapa Sih Pantat Kucing Merah ?

Sebenarnya banyak hal yang dapat mempengaruhi terjadinya hal ini. Nah pada penjelasan kali ini Anggora hanya sekedar berbagi penyebab yang membuat pantat kucing memerah berdasarkan pengetahuan Anggora sendiri.

Beberapa penyebab yang umum membuat pantat kucing kemerahan seperti ini adalah sebagai berikut :

1. Luka Bekas Cakaran Atau Gigitan

Coba perhatikan deh di sekitar pantat kucing kamu. Apakah di sana ada bekas luka akibat cakaran atau gigitan. Jika ada mungkin bisa jadi inilah penyebab mengapa pantat kucing kamu menjadi kemerah-merahan.

Sewaktu kucing memiliki luka di bagian tubuhnya, umumnya kucing akan sering menjilati bagian tersebut untuk membersihkan lukanya sekaligus agar kucing merasa lebih baik. Kucing akan sering kali menjilati bagian ini sampai-sampai bulu kucing dapat rontok dan kulitnya menjadi kemerahan.

 

2. Abses

Apakah di sekitar pantat kucing kamu ada lubang kecil atau luka bernanah. Jika ada maka kucing kamu mungkin sedang terkena abses. Perlu kamu tahu bahwa Abses dapat berada di mana saja di bagian tubuh termasuk bagian pantat.

Ketika ada bagian tubuh kucing yang terjangkit penyakit ini, bisanya di sekitarnya akan membengkak dan kulitnya menjadi kemerahan. Penyakit ini tak boleh di sepelekan karena bisa menyebar dengan mudah dan bahkan jika di biarkan dapat menjadi penyebab kematian bagi kucing penderita.

Kalau kucing kamu tak punya Abses maka penyebab selanjutnya mungkin adalah penyebab utamanya.


3. Mencret Atau Diare

Mencret ataupun diare pada kucing juga dapat menjadi penyebab mengapa pantat kucing menjadi kemerahan. Pada saat kucing memiliki masalah pencernaan seperti mencret atau diare umumnya pantat kucing akan kemerahan, berlendir, berdarah dan di sertai bau yang busuk.

Sebaiknya di saat kucing mengalami diare, kamu perlu memperhatikan makanan yang hendak kamu berikan pada kucing, memberikan kucing obat cacing. Lalu bagian terpentingnya adalah membawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan organ bagian dalam dan pengobatan lanjutan.


4. Penyakit Kulit

Selain tiga hal di atas, pantat kucing kemerahan juga merupakan pertanda bahwa kulit pada pantat kucing mengalami masalah. Masalah penyakit kulit pada pantat kucing dapat di sebabkan oleh parasit, jamur ataupun bakteri.

Untuk menghindari masalah kulit pada kucing sangat di sarankan untuk memandikan kucing 2-3 kali dalam sebulan. Pastikan juga saat memandikan kucing, kamu menggunakan produk shampo khusus kucing yang memiliki manfaat dalam pembasmi kutu, jamur ataupun bakteri.


5. Faktor Usia Kucing

Usia kucing juga bisa menjadi salah satu penyebab pantat kucing memiliki warna kemerahan. Biasanya kucing yang masih muda kebanyakan memilikinya yakni pantat yang merah muda. Pada beberapa kasus, anak kucing yang sehat akan memiliki pantat yang cukup merah muda.

Hal ini hanya berlaku bagi kucing yang sehat. Untuk kucing yang berumur muda dan memiliki penyakit seperti diare maka hal ini tak berlaku dan pantat kucing akan lebih terlihat sangat merah dengan anus berlendir dan agak membengak.

 

Apa Yang Mesti Kita Lakukan Untuk Mengatasi Hal Ini ?

Untuk mengatasi hal ini perlu bagi kita untuk mengobsevasi terlebih dahulu apa penyebab yang membuat pantat kucing kemerahan. Setelah mengetahui apa penyebabnya barulah kita bertindak dengan memberikan perawatan yang tepat.

Contohnya jika ini terjadi karena penyakit kulit maka cukup bagi kita untuk mengobati penyakit kulit kucing dan memandikan kucing dengan produk shampoo yang baik untuk kulit kucing. Selain mengobservasi penyebab dan menemukan perawatan yang tepat kamu juga bisa menempuh jalan termudah.

Caranya cukup membawa kucing berobat ke ahlinya ( dokter hewan ). Dengan melakukan hal ini kesehatan kucing lebih terjamin dan kucing bisa sembuh sesegera mungkin dari penyakitnya saat ini.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kenapa pantat kucing memereah dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Anggora yang membacanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url