4 Penyebab Kenapa Kucing Gemetaran Dan Menjulurkan Lidah

Sebagai pemilik kucing pastinya kita ingin agar kucing selalu sehat karena itulah kita akan berusaha sebaik mungkin untuk merawat kucing. Kita akan memperhatikan kesehatannya, memberikan makanan bervitamin dan bahkan merawat tubuhnya.

 

Kucing Gemetaran Dan Menjulurkan Lidah


Namun meskipun kita telah berusaha memberikan yang terbaik pada kucing kesayangan kita, tetap saja nantinya akan ada saja masalah tertentu datang dan membuat kita sang pemilik menjadi khawatir. Masalah ini bisa datang secara mendadak.

Salah satu masalah yang dapat membuat kita khawatir dan terjadinya tiba-tiba adalah masalah berupa kucing gemetaran dan menjulurkan lidahnya. Melihat hal ini tentunya kita akan bertanya-tanya dalam hati mengapa kucing menjadi seperti ini dan bagaimanakah cara mengatasinya?

Nah bagi kamu yang ingin tahu jawabannya maka kamu wajib membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.

 

4 Penyebab Kenapa Kucing Gemetaran Dan Menjulurkan Lidah

Badan kucing tampak gemetaran serta kucing menjulurkan lidahnya adalah hal umum yang biasa terjadi pada kucing. Banyak hal yang menjadi penyebab utama yang membuat kucing mengalami hal ini. Lalu apa sajakah penyebab dari hal ini ?

Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri ada beberapa penyebab yang membuat kucing seperti ini. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Kucing Kepanasan

Kalau kucing kamu baru saja kembali dari luar rumah bisa jadi penyebabnya adalah kucing kamu kepanasan. Cobalah untuk memegang tubuhnya dan melihat perilakunya untuk memastikan bahwa kepanasan adalah penyebab utamanya.

Bila saat memegang tubuh kucing kamu merasa bahwa bulu-bulunya terasa hangat lalu saat ia masuk ia langsung berbaring atau minum air dalam jumlah yang banyak maka melihat hal ini kamu bisa yakin bahwa kepanasan adalah penyebabnya.

Kamu tak perlu khawatir akan hal ini karena biasanya setelah kucing peliharaan kamu meminum air putih atau beristirahat dalam beberapa jam, kucing tubuhnya nantinya akan berhenti gemetaran dan kucing juga akan berhenti menjulurkan lidahnya.

 

2. Kehausan

Selain karena kepanasan, kucing juga bisa mengalami tubuh gemeteran dan lidahnya menjulur keluar karena si kucing merasa kehausan. Umumnya ini hanya terjadi pada kucing peliharaan yang biasanya kita bebaskan keluar masuk rumah.

Untuk kucing yang biasa di kurung dalam rumah ataupun kandang biasanya hal ini jarang terjadi. Kucing mengalami hal ini akibat dari kucing di kejar-kejar oleh musuhnya atau manusia, kucing berkeliling lingkungan dan tak menemukan air untuk di minum dan akibat suhu udara yang cukup panas.

 

3. Suhu Udara Cukup Dingin

Apakah suhu udara di sekitar kamu cukup dingin ketika kucing kamu mengalami hal ini ? Jika iya maka suhu udara yang mungkin menjadi penyebab mengapa kucing kamu gemetaran dan lidahnya keluar. Ini biasanya terjadi ketika suhu udara di lingkungan kita tinggal cukup dingin.

Kalau kamu melihat kucing kamu dalam kondisi seperti ini maka cobalah untuk menghangatkan tubuhnya. Kamu dapat menggunakan kain tebal atau sejenisnya untuk menyelimuti tubuh kucing untuk menghangatkan tubuhnya.

Kamu juga dapat menggunakan peralatan penghangat ruangan untuk menghangatkan tubuh kucing. Kamu dapat mengatur alat agar mengeluarkan suhu udara yang hangat atau bila kamu di rumah tak punya penghangat ruangan hanya ada perapian saja maka ini juga bisa kamu gunakan untuk menghangatkan tubuh kucing kamu.

Hangatkan tubuh kucing sesegera mungkin dan jangan biarkan kucing kedinginan. Karena biasanya ketika tubuh kucing gemetaran, ini berarti kucing sangat kedinginan. Lakukan ini untuk mencegah kucing jatuh sakit atau mengalami kematian akibat kucing mengalami Hipotermia.

 

4. Penyakit

Penyakit juga merupakan salah satu faktor penyebab yang dapat menyebabkan tubuh kucing gemetaran dan kucing mengeluarkan lidahnya. Biasanya ini cenderung berkaitan dengan penyakit yang berhubungan dengan pengaruh udara yang cukup dingin.

Contohnya adalah seperti penyakit demam ataupun flu pada kucing. Ketika kucing mengalami hal ini maka kamu dapat melihat tubuh kucing akan gemetaran dan terkadang kucing akan menjulurkan lidahnya keluar dalam keadaan menutup mata.

Tak hanya itu dalam keadaan mata terbuka pun kucing juga tak jarang akan melakukan hal serupa yakni kucing akan menjulurkan lidahnya.

 

Lalu Bagaimanakah Cara Mengatasi Hal Ini ?

Untuk mengatasi hal ini kamu cukup melihat sumber penyebabnya misalkan jika kucing kepanasan maka kamu cukup membiarkan ia mendinginkan tubuhnya sendiri ataupun membantunya mendinginkan tubuhnya menggunakan alat pendingin.

Hal yang sama juga berlaku karena akibat suhu udara yang dingin. Saat kucing kedinginan cukup bantu kucing menghangatkan badannya kembali dengan menggunakan kain tebal yang bersih ataupun menggunakan beberapa peralatan tertentu yang menghasilkan panas dan peralatan yang berfungsi sebagai penghangat.

Jika kucing kehausan maka berilah ia air untuk di minum dan biarkan ia minum dengan tenang maka beberapa saat kemudian kucing akan kembali berperilaku normal seperti biasanya. Dan yang terakhir kalau kucing kamu sakit maka segeralah mengobatinya.

Di sarankan untuk membawa kucing berobat ke dokter hewan agar penyakitnya bisa segera di obati dan kucing bisa segera sembuh. Ini jauh lebih baik daripada berusaha menyembuhkan kucing secara mandiri di rumah.

 

Itulah dia beberapa penyebab tubuh kucing gemeteran dan kucing menjulurkan lidahnya keluar serta bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url