7 Cara Agar Kucing Nurut Saat Dimandikan

Serupa dengan manusia, kucing pun wajib mandi. Wajib bagi kita para pemilik kucing memandikan kucing untuk menjaga kesehatan tubuh kucing. Kesehatan ini mencakup kulit, bulu kucing maupun kesehatan tubuhnya.

 

Cara Agar Kucing Nurut Saat Dimandikan


Memandikan kucing bisa di lakukan minimal 2 kali dalam sebulan ataupun 3 kali dalam sebulan. Pada saat kita memandikan kucing ada satu masalah yang umumnya di hadapi oleh pemilik kucing yakni kucing kesayangan selalu berontak ketika di mandikan.

Ini membuat kita kesulitan dalam memandikan kucing bahkan terkadang kucing dapat melukai tubuh kita dengan cakarannya sewaktu si kucing berontak. Agar kucing tak berontak dan kita tak terluka tentunya kita akan mencari cara agar kucing nurut saat di mandikan sehingga membuat kita mudah memandikannya.

Lalu bagaimanakah cara supaya kucing menurut sewaktu kita mandikan ? Bagi kamu yang ingin tahu caranya maka kamu dapat mengetahuinya dengan membaca tulisan Anggora di bawah ini.


7 Cara Agar Kucing Nurut Saat Dimandikan

Memandikan kucing memang merepotkan kalau si kucing kesayangan yang di mandikan selalu berontak dan berusaha melarikan diri. Supaya memandikan kucing menjadi mudah serta menyenangkan tentunya kita mesti mencari cara agar kucing tenang saat di mandikan.

Agar kucing bisa tenang di mandikan serta nurut pada kamu maka kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini :

1. Membiasakan Kucing Mandi Sejak Kecil

Pada saat kucing berusia tiga bulan ke atas maka kamu sudah boleh memandikan kucing. Pada saat ini kamu bisa membiasakan kucing untuk mandi. Mandikan kucing 2-3 kali dalam sebulannya dan mandikan kucing saat tubuhnya sangat kotor.

Kalau kamu membiasakan kucing mandi sejak kecil maka akan sangat mudah bagi kamu untuk memandikan kucing. Kucing akan tak takut air serta cenderung tenang saat kucing sedang kita mandikan.

Seperti kucing mandi yang biasa kita lihat dalam video di dunia maya. Para kucing tampak diam dan tenang saat di mandikan. Ini membuat mereka tampak menggemaskan. Tak hanya itu pemilik kucing yang memandikan pun tampak senang memandikan kucingnya.


2. Cobalah Memberi Makan Kucing Terlebih Dahulu

Sesaat sebelum kucing di mandikan, berilah kucing makan terlebih dahulu sampai ia merasa kenyang. Setelah kucing selesai makan jangan langsung memandikan kucing. Tunggulah sampai sekitar 10 menitan barulah kamu mandikan kucing.

Tujuan memberi makan kucing terlebih dahulu sebelum di mandikan adalah agar kucing merasa kekenyangan. Ini akan membuat kucing merasa malas bergerak dan membuat ia tak nyaman ketika ia terlalu banyak bergerak.

Akibatnya saat kamu memandikan kucing, kucing akan sedikit melawan dan jauh lebih penurut di saat kamu memandikannya.

 

3. Gunakan Air Hangat Saat Memandikan Kucing

Sewaktu memandikan kucing jangan kamu memandikannya dengan menggunakan air yang dingin ini akan membuat kucing sangat tak suka di mandikan. Ini membuat kucing tak akan menurut dan berontak saat di mandikan.

Mandikan kucing dengan menggunakan air hangat. Air hangat yang di gunakan janganlah terlalu panas agar tak melukai tubuh kucing dan menyebabkan kerontokan bulu. Gunakan air yang sedikit hangat. Kamu bisa memeriksa kehangatan air dengan menggunakan tangan kamu.

Bila air di rasa sedikit hangat dan aman di gunakan untuk mandi kucing maka kamu bisa mulai memandikan kucing dengan air tersebut.

 

4. Memakai Ember Mandi

Gunakanlah ember mandi saat memandikan kucing. Gunakan ember mandi yang tingginya setengah tubuh kucing atau setinggi leher kucing. Lalu masukkanlah kucing ke dalam ember mandi yang berisi air hangat dan buatlah kucing dalam posisi berdiri dan 2 kaki depannya memegang pinggir ember.

Mandikan kucing dalam posisi ini sambil memegang tubuhnya  dengan tangan kiri kita agar kucing tidak melarikan diri. Memandikan kucing di dalam ember dan pada posisi ini akan membuat kamu mudah memandikan kucing.

Meskipun kucing tampak sedikit melawan tapi di bandingkan memandikan kucing dengan cara biasa, perlawanannya tak separah saat memandikan kucing dengan cara biasa dan kucing lebih sedikit menurut menggunakan cara ini.


5. Mandikan Kucing Dari Tubuh Bagian Bawahnya

Mulailah memandikan kucing mulai dari bagian bawah tubuhnya. Jangan memulainya dari tubuh bagian atasnya karena ini akan membuat kucing mudah panik sehingga kucing akan sangat berontak dan berusaha melarikan diri ketika kucing sedang di mandikan.

Bersihkan bagian kaki kucing menggunakan shampoo kemudian bersihkan ekor serta badannya dan yang terakhir adalah bagian kepala kucing. Pastikan kamu membersihkan bagian kepala kucing di saat kamu telah benar-benar yakin membersihkan kaki, ekor dan badan kucing.

Setelah kamu membersihkan kepala kucing dengan menggunakan shampo, bilaslah seluruh tubuh kucing dengan air sampai benar-benar bersih dari busa shampoo.


6. Bilas Kucing Secara Perlahan

Kucing kamu tidak nurut dan berontak mungkin karena kamu membilas tubuh kucing terlalu cepat atau kamu asal membilas tubuh kucing. Kamu berpikir bahwa asalkan tubuh kucing bersih dari busa sabun atau shampoo maka membilas kucing bisa di lakukan secara sembarangan.

Padahal sebenarnya membilas tubuh kucing tak boleh di lakukan sembarangan. Kamu mesti membilas tubuh kucing secara perlahan. Pastikan juga saat kamu membilas tubuh kucing, air tak masuk mata, teling atau hidung kucing agar kucing tak panik kemudian berontak saat kamu pegang.


7. Menggunakan Sarung Tangan Anti Cakar Kucing

Langkah terakhir ini hanyalah tindakan pencegahan agar kamu aman saat memandikan kucing. Saat memandikan kucing gunakan sarung tangan anti cakar kucing supaya tangan kamu aman dari cakaran ataupun gigitan kucing yang berontak saat di mandikan.

Ini juga perlu kamu pakai agar proses memandikan kucing menajdi lebih mudah bagi kamu.


Itulah dia beberapa cara agar kucing nurut saat di mandikan. Kini kamu bisa membuat kucing kamu nurut saat di mandikan dan proses memandikan kucing bisa jadi mudah serta lebih menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url