11 Penyebab Kenapa Kucing Tidak Mau Didekati

Bagi kebanyakan orang yang memelihara kucing, berinteraksi dengan kucing kesayangan adalah suatu kegiatan rutin yang menyenangkan di sela-sela waktu luang dari kesibukan sehari-hari. Selain menyenangkan hal ini juga bisa meredakan rasa stress juga rasa jenuh yang kita alami.

 

Kenapa Kucing Tidak Mau Didekati


Interaksi yang umum kita lakukan bersama kucing kesayangan antara lain bermain dengannya, memeluknya, mengelus-ngelusnya, memberikannya cemilan, memandikannya dan berbagai hal lainnya yang umum di lakukan para pecinta kucing.

Tetapi interaksi antara pemilik dan kucingnya tak selamanya berlangsung seperti yang pemiliknya inginkan. Ada saatnya di mana kucing tak mau berinteraksi dengan kita dan malah menjauhi kita di saat kita mendekatinya.

Hal ini tak jarang terjadi pada pecinta kucing manapun termasuk Anggora sendiri. Sebenarnya apa sih yang membuat kucing berperilaku seperti ini. Bagi kamu yang penasaran akan hal ini. Silahkan baca penjelasannya di sini.


Kenapa Kucing Tidak Mau Didekati

Kucing tak mau di dekati sebenarnya bukannya tanpa alasan. Ada alasan tertentu yang membuat kucing melakukan hal ini. Jadi ketika kucing tak mau kamu dekati sebaiknya kamu jangan berburuk sangka dahulu terhadapnya karena ini dapat mempengaruhi hubungan kamu dengan kucing.

lalu kenapa kucing kesayangan menjauhi kita saat kita mendekat padanya. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebabnya :

1. Kucing Sedang Ingin Menyendiri

Seperti apa yang Anggora katakan di atas bahwa kamu tak boleh berprasangka buruk dulu. Bisa jadi hal ini di karenakan kucing kamu hanya sedang ingin menyendiri sehingga setiap kali kamu mendekat padanya maka ia akan menjauhi kamu.

Di saat kucing sedang ingin menyendiri ia akan cenderung menjauhi orang-orang di sekitarnya. Bahkan tak jarang pemiliknya pun di abaikan. Kucing akan terus melakukan hal ini sampai ia benar-benar merasa bahwa ia tak ingin menyendiri lagi.

Meskipun pada akhirnya kucing yang menyendiri akan datang sendiri meminta makan pada kita di saat ia kelaparan namun setelah rasa laparnya hilang serta ia telah merasa kenyang maka kucing akan melanjutkan aktivitasnya untuk kembali menyendiri.

Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa kucing ingin menyendiri. Di samping karena kucing hanya ingin sendirian saja, hal ini bisa di sebabkan oleh kucing yang mengalami masalah kesehatan tertentu.

Jika kamu merasa ada yang tak beres dengan kucing kamu sebaiknya segera bawa kucing berobat ke dokter hewan.

 

2. Kucing Sedang Tak Mood Di Sentuh

Ada saat di mana kucing tak mood di sentuh. Ini mirip seperti manusia yang memiliki mood tertentu dan tak ingin melakukan ataupun tak ingin orang lain berada di dekatnya. Di saat kucing sedang tak mood, biasanya kucing tak senang bilamana kita dekati.

Ia tahu bahwa kita mendekatinya dengan tujuan untuk memegang, memeluk ataupun mengelus-elus dirinya karena itulah kucing lebih memilih menjauh ketika ada orang-orang yang hendak mendekati dirinya.

Bila kucing kamu tak ada pertanda sakit dan masih mau makan serta masih bersikap normal seperti biasanya maka besar kemungkinan kucing menjauhi kita hanya karena kucing sedang tak mood saja untuk di sentuh oleh kita.


3. Kucing Ingin Tidur

Penyebab yang selanjutnya adalah kucing kelelahan dan ingin tidur. Sewaktu kamu mendekati kucing dengan kondisi ini tak jarang kebanyakan dari mereka akan langsung menjauhi kita sesaat kita mendekati mereka.

Alasannya sederhana sih kucing hanya tak ingin di ganggu sehingga mereka bisa menghabiskan waktunya untuk menghilangkan rasa letihnya dengan tidur. Kalau kita berada di dekat mereka lalu mengelus-elus tubuh mereka, mereka tak akan bisa tidur serta merasa terganggu.

Saat kucing tertidur pulas barulah kita dapat menyentuh kucing sepuas hati kita hanya saja kebanyakan dari pecinta kucing hanya mengelus kucingnya sebentar saja karena tak ingin mengganggu kucing yang lagi asik tertidur.

Mengelus kucing yang tertidur pun tak cukup menyenangkan bila di bandingkan dengan memegang kucing yang sedang terbangun dan aktif.

 

4. Kucing Sedang Sibuk Dengan Dirinya Sendiri

Kucing yang sedang sibuk dengan dirinya sendiri seperti melakukan grooming terhadap dirinya dan tak mau di ganggu. Bila kita mendekatinya kemudian memegangnya maka si kucing akan langsung berjalan pergi dari kita.

 

5. Kucing Sedang Sibuk Bermain Dengan Kucing Lainnya

Sama dengan kucing yang sibuk dengan dirinya sendiri, kucing pun tak akan mau kita dekati di kala ia sedang sibuk bermain dengan kucing lainnya. Kucing akan lari dari kita setiap kali kita mendekatkan diri kita pada mereka.

Ini mereka lakukan karena mereka tahu apa yang akan kita lakukan pada mereka di saat mereka sudah dekat dengan kita. Ya benar, kita yang gemas dengan mereka akan menangkap mereka kemudian memegangi sembari mengelus-elus tubuh kucing sampai kita puas.

Bahkan tak jarang di antara kita yang akan mencium kucing sesaat setelah kita menangkap mereka. Oleh sebab itulah kucing yang sibuk bermain dengan kucing lainnya akan lari dari kita karena tak ingin bermainnya di ganggu.


6. Kucing Masih Anak-Anak

Faktor umur juga mempengaruhi hal ini. Kucing yang masih anak-anak dan sangat aktif akan sulit untuk kamu dekati. Kenapa ? Ini karena mereka masih senang bermain dan terkadang saat kita mendekati mereka, mereka malah menganggap kita sedang menemani mereka bermain.

Karena itulah anak kucing akan menjauhi kita mengira kita mengajak mereka bermain kejar-kejaran. Di samping itu anak kucing juga menyukai kebebasan dan tahu bahwa setiap kali kita mencoba mendekatkan diri pada mereka, itu berarti kita ingin menangkap mereka.

Inilah alasan anak kucing tak suka berada di dekat kita dan cenderung berlarian ke sana kemari.


7. Kucing Sedang Ingin Buang Air

Mungkin kucing yang coba kamu dekati adalah kucing yang sedang kebelet buang air. Karena itulah kucing langsung menjauhi kamu saat kamu berniat menghampirinya. Sesaat ketika kucing sudah selesai dengan urusan buang airnya, biasanya kucing akan mau di dekati.

Tapi walaupun ia sudah bisa di dekati yang ada malah kita yang jaga jarak karena menganggap tubuh kucing agak kotor dan masih ada bau yang aneh-aneh, hehehe.

 

8. Kucing Sedang Stress

Perubahan perilaku sering kali terjadi pada kucing yang mengalami stress. Dari riang menjadi pendiam, manja menjadi lebih suka menyendiri dan dari ramah menjadi agresif. Bila kucing kamu tak mau di dekati dan sikapnya berubah drastis maka kamu perlu waspada.

Karena bisa jadi ini di karenakan kucing mengalami stress. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kucing stress salah satunya adalah kucing tak di kawinkan. Biasanya kucing akan sembuh dengan sendirinya dari stressnya bila ia berhasil mengatasi penyebabnya.

Contohnya bila kucing tak di kawinkan dan stress, jikalau ia bisa menemukan sendiri pasangannya maka ia akan sembuh dari stressnya dan bersikap normal seperti biasanya.


9. Kucing Sedang Birahi

Pastinya kita tahu kalau kucing jantan yang sedang birahi akan sangat tak suka berada di dalam rumah kecuali jikalau betina yang di incarnya tinggal seatap dengannya. Kucing jantan yang sedang birahi biasanya akan lupa makan dan minum dan tak senang di dekati manusia.

Kucing akan merasa bahwa manusia yang mendekatinya hanya akan mengganggu ritual perkawinannya karena itulah kucing jantan cenderung menjauhi manusia di saat mereka sedang dalam masa kawin.

Hal ini jauh berbeda dengan kucing betina yang mana kucing betina tersebut sedang birahi atau dalam masa kawin biasanya akan cenderung lebih manja ke manusia dan senang berada di dekat manusia yang berada di sekitarnya.


10. Kucing Sedang Sakit

Kucing kamu mungkin sedang sakit karena itulah ia tak mau kamu dekati. Kamu dapat memastikan kucing kamu sedang sehat atau tidak dengan melihat kondisi kucing. Bila kucing tak mau makan dan minum seharian dan tubuhnya di rasa lemah maka kamu dapat berasumsi bahwa kucing sedang sakit.

Untuk mengatasi hal ini kamu hanya perlu mengobati kucing kamu. Kamu bisa mengobatinya secara mandiri di rumah bila mana kamu merasa kamu bisa mengobatinya. Bila penyakit di rasa cukup berat maka di sarankan untuk berobat ke dokter hewan.


11. Kucing Mungkin Akan Mati

Ini hanya terjadi di saat kucing sedang sakit parah dan kondisinya cukup mengkhawatirkan. Umumnya kucing dengan kondisi ini akan cenderung menjauh dari keramaian dan memilih berada di tempat sepi dan tersembunyi sembari menunggu saat kematiannya tiba.


Itulah dia beberapa penyebab yang membuat kucing tak mau kita dekati. Kini kamu sudah tahu mengapa kucing kamu berperilaku seperti itu. Demikian artikel ini. Oh iya jangan lupa untuk mengikuti informasi terbaru dari kami secara gratis dengan menekan tombol subscribe di halaman paling bawah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url