6 Cara Sederhana Agar Kucing Mau Digendong

Apakah kamu memiliki kucing di rumah ? Jika iya pastinya kamu sering menggendong kucing kamu bukan. Kebiasaan seperti ini umumnya sering kita lakukan di kala kita tengah berinteraksi dengan sobat bulu kita.

 

Cara Agar Kucing Mau Digendong

 

Nah di saat kita menggendong kucing, tak jarang kita akan mengelus-elus kucing, membelainya ataupun membawa ia dalam gendongan kita untuk beberapa saat. Selain itu kita juga tak jarang menciumi kucing sewaktu ia kita gendong.

Bicara soal gendong-menggendong kucing, beberapa kucing peliharaan sangat mudah di gendong karena ia tak melakukan perlawanan dan tampak terlihat pasrah pada orang yang memegangnya. Sementara beberapa kucing lainnya akan berontak di saat ia hendak di gendong.

Ia akan mendorong tubuhnya, membalikkan tubuhnya, mencakar ataupun menggigit tangan mereka yang hendak menggendong supaya ia bebas dari genggaman orang tersebut. Kucing melakukan hal ini karena ia tak ingin di gendong.

Bagi kamu yang memiliki kucing dengan kelakuan seperti ini tentunya kamu bakal sedikit pusing menghadapinya dan kamu tak bisa melepaskan hasrat terpendam kamu untuk membawanya dalam pelukan kamu hehehe.

Namun kamu tenang saja karena kamu sebentar lagi akan bisa melakukan hal ini dengan mudah dan tanpa adanya perlawanan dari kucing kamu. Kamu cukup menggunakan cara yang ada pada tulisan Anggora berikut ini.

 

6 Cara Sederhana Agar Kucing Mau Digendong

Seperti yang Anggora jelaskan di atas bahwa sebagian kucing punya kebiasaan menolak untuk di gendong. Karena itulah di butuhkan beberapa cara tertentu untuk di lakukan supaya kucing bisa dengan mudah digendong.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar kucing mau digendong antara lain :

1. Gendong Kucing Di Saat Ia Tak Sedang Melakukan Apapun

Yang pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kamu hanya perlu menggendong kucing di waktu ia tak sedang sibuk melakukan apapun. Pada waktu ini kucing akan cenderung lebih mudah untuk kamu gendong serta ia juga tak akan begitu berontak.

Ini karena kucing yang tak melakukan apapun tak akan merasa terganggu saat kamu melakukan hal ini padanya sehingga dirinya tak akan kepikiran untuk melarikan diri dari genggaman kamu. Tapi jikalau kamu melakukan hal sebaliknya maka kucing akan sulit untuk kita gendong.

Bila kamu tak percaya maka cobalah menggendong kucing yang sedang sibuk melakukan perawatan pada tubuhnya, kucing yang sedang asik bermain, kucing yang tertidur pulas, kucing yang sedang mengejar lawan jenisnya dan kucing yang melakukan kesibukan lainnya.

Kamu akan menemukan bahwa beberapa kucing dengan aktivitas di atas akan sulit sekali untuk kamu gendong. Walaupun bisa, kamu mungkin hanya dapat menggendongnya selama beberapa hitungan menit saja sebelum si kucing kabur.

 

2. Jangan Gendong Kucing Dalam Posisi Yang Salah

Kucing akan menolak di gendong jika kamu menggendongnya dengan cara yang asal-asalan saja. Karena apa, ini karena kucing merasa bahwa kamu yang asal-asalan menggendongnya adalah kamu berniat menyakitinya makanya ia menolak mentah-mentah kamu gendong.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa menggendong kucing dengan memegang kaki depannya saja sementara kaki belakangnya di biarkan gelantungan adalah hal yang lucu. Lucu sih lucu tapi ini menyakitkan bagi kucing.

Melakukan hal ini bisa membuat kaki kucing terluka dan sendinya bergeser. Sebaiknya kamu berpikir ulang jika kamu hendak melakukan ini jikalau kamu tak mau hal yang tak inginkan terjadi pada kaki sobat bulu kesayangan kamu.

Bukan cuma menyakitkan tapi ini juga akan membuat kucing mudah panik sehingga kucing berontak. Kucing yang di gendong dengan cara ini akan merasa panik karena ia tak merasakan kakinya menyentuh lantai.

Bila Anggora ada di hadapan mereka yang melakukan hal seperti ini tentunya Anggora akan menegur mereka langsung. Oh iya menggendong kucing dengan memegang tengkuknya terlebih dahulu juga tak di sarankan.

Loh kenapa, bukannya ini tak akan menyakiti kucing dan anak kucing biasanya digendong oleh induknya dengan cara ini ? Kenapa malah melarangnya ? Kalau untuk anak kucing mungkin okelah bagi induknya ataupun bagi kita untuk mengangkat kucing dengan memegang tengkuknya.

Tapi kalau kucingnya sudah dewasa dan tubuhnya sangat gemuk cara ini sangat tak di sarankan. Selain sulit di lakukan, cara ini pun terbilang tak aman mengingat berat tubuh kucing. Melakukan hal ini bisa beresiko menciderai leher dan mencekik si kucing kesayangan.

Jadi jikalau kamu ingin kucing nyaman di gendong maka jangan lakukan gendongan yang salah seperti beberapa contoh yang Anggora sebutkan di atas.

 

3. Gendong Kucing Dalam Posisi Yang Benar

Gendonglah kucing dalam posisi yang benar. Jangan menggendong kucing dalam posisi yang salah karena hal ini tentunya bisa membuat kucing berontak saat kamu memegangnya. Banyak dari kita yang menggendong kucing asal-asalan lalu menyalahkan si kucing.

Padahal sebenarnya kitalah yang salah dan tanpa sengaja hal ini juga menyakiti tubuh kucing. Karena itulah sebelum memulai menggendong kucing sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu bagaimana sih cara menggendong kucing yang baik dan benar.

Untuk mengendong kucing sebaiknya kita lakukan dengan cara mengangkat kaki depan terlebih dahulu kemudian di saat kaki belakang kucing mulai kehilangan pijakan maka kita pun mengangkat kaki tersebut dengan tangan kita yang satunya lagi.

Atau kamu juga bisa mengangkat kaki kucing secara bersamaan sekaligus saat hendak menggendongnya. Ketika mengangkat kucing lihatlah apakah ada pertanda bahwa kucing akan berontak.

Jikalau ada sebaiknya hentikan saja, sebab pada akhirnya kucing akan berontak atau hanya bisa di gendong beberapa saat saja. Kalau kucing tak menolak maka kamu dapat melanjutkannya. Setelah tubuh kucing terangkat maka dekatkan tubuhnya ke tubuh bagian kiri ataupun kanan tubuhmu.

Dekatkan kucing dengan dada kemudian peluk tubuh kucing. Kamu dapat menggunakan gaya yang serupa dengan gaya saat kamu menggendong anak bayi. Nah dengan menggunakan cara ini, kucing akan merasa nyaman dalam dekapan kamu.

Ini karena keseluruhan tubuhnya di sangga dengan baik serta ia tak kehilangan pijakan. Kucing juga akan merasa aman ketika kamu menggendongnya karena ia tak perlu khawatir akan terjatuh atau tubuhnya terpelosok di antara kedua tangan kamu.

 

4. Buat Kucing Terbiasa Di Gendong

Ada peribahasa yang berkata bahwa bisa karena terbiasa. Kamu perlu membiasakan kucing kamu di gendong setiap harinya sehingga kucing terbiasa akan hal ini dan menganggap hal ini bukanlah sesuatu yang asing lagi.

Untuk membiasakan kucing agar terbiasa kita gendong, kamu hanya perlu melakukan hal ini. Gendonglah kucing setiap harinya secara rutin. Lakukan hal ini sebisa kamu saja. Bila kamu bisa melakukannya di pagi, siang ataupun sore hari maka lakukanlah.

Bila kamu cuma bisa melakukannya sekali atau dua kali dalam sehari maka ini juga tak masalah kamu lakukan. Intinya kamu melakukan hal ini setiap harinya secara rutin sehingga nantinya kucing terbiasa di gendong.

Lakukan hal ini minimal 5 menit saja setiap harinya di waktu luang kamu dan lihatlah hasilnya setelah beberapa hari kemudian. Kucing yang terbiasa akan hal ini akan sangat mudah bagi kita untuk mengendongnya dan ia akan diam saat dalam dekapan kita.

Sikap kucing yang kita biasakan digendong akan sangat jauh berbeda dengan sikap kucing yang jarang digendong. Kucing yang tak di biasakan dengan cara ini biasanya akan cenderung sulit untuk digendong serta hanya mau di gendong dalam waktu singkat saja sebelum ia memutuskan untuk berontak dan melepaskan diri dari kita.


5. Kasih Kucing Hadiah Saat Ia Mau Kamu Gendong

Cara selanjutnya adalah dengan cara aksi dan hadiah atau action and gift. Ketika kucing mau di gendong dalam beberapa saat atau dalam waktu yang lumayan lama maka berilah hadiah pada kucing kamu.

Hadiahnya bukan berupa pujian atau elusan ya. Soalnya kalau kamu cuma memberikan kedua hal ini pada kucing, kucing nantinya tetap akan sulit di gendong. Untuk hadiahnya sebaiknya berikanlah hadiah berupa makanan kucing.

Biar tak repot kamu dapat menggunakan makanan kucing yang berupa makanan kering alias dry food. Beri kucing sedikit saja sekitar 5-10 buah makanan kering jangan terlalu kebanyakan, takutnya si kucing bisa kena obesitas kalau terlalu sering memberi kucing makanan. 

Dengan menggunakan cara ini biasanya setelah kucing terbiasa maka si kucing akan bisa dengan mudah kita gendong. Ini karena dalam pikiran kucing, bila ia mengikuti kemauan tuannya alias nurut maka ia bisa dapat makanan.

Oleh sebab itulah kucing jadinya mudah di gendong dan tak berontak. Cara ini merupakan salah satu cara yang sering kali Anggora lakukan supaya kucing gampang untuk digendong.


6. Bersabar Sampai Si Kucing Mau Di Gendong

Di antara kita mungkin ada yang tak sabaran menunggu sehingga kita memaksa untuk langsung menggendong kucing. Hal ini justru akan membuat kucing malah risih dengan tingkah kita sehingga kucing lebih sering memilih menghindari kita.

Tunggulah momen yang tepat di mana kucing tak sibuk dan kucing menunjukkan pertanda bahwa ia tak keberatan untuk di gendong. Pertandanya yakni kucing tak berontak dan terlihat pasrah saat di gendong.

Saat kamu bersabar serta menunggu momen yang tepat maka kucing akan dengan mudahnya mau kita gendong.

 

Apakah Cara Yang Ada Di Atas Benar Benar Efektif ?

Cara di atas jelas sangat efektif dan Anggora sudah sering menerapkannya ke beberapa kucing yang Anggora pelihara di rumah. Dalam menerapkan cara di atas kita mesti sabar dan harus menunggu hingga 1 sampai 2 bulan agar hasilnya tampak.

Jangan berharap bahwa ini bisa berhasil dalam waktu yang sebentar saja alias instan karena cara apapun akan sulit mengubah perilaku kucing yang susah untuk di gendong dalam waktu yang sekejap.


Cara Di Atas Berhasil Namun Kucing Maunya Cuma Digendong Sebentar Saja

Agar kucing mau di gendong dalam waktu yang lama kamu hanya perlu membiasakan kucing. Biasakan kucing di gendong dalam waktu yang kamu inginkan. Misalkan kamu ingin kucing mau di gendong sekitar 5 menitan maka biasakan menggendongnya selama 5 menitan juga.

Lakukan hal ini setiap harinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.Oh iya jangan lupa untuk memberikan kucing hadiah bila ia mau melakukan apa yang kamu inginkan ya. Ini untuk lebih menjamin keberhasilan dan supaya kucing senang serta sukarela melakukannya.


Bagaimana Kalau kucing Tetap Tak Mau Di Gendong Juga ?

Bila kucing tetap tak mau di gendong, ini mungkin berkaitan dengan kucing itu sendiri, Kemungkinan ini karena kucing :

  • Kurang interaksi dengan manusia yang ada di sekitarnya

  • Kucing pada dasarnya penakut

  • Kucing kamu takut ketinggian

  • Kucing trauma di gendong

  • Kucing tak terbiasa di gendong

  • Kucing mungkin sedang menderita penyakit tertentu

  • Kucing merupakan tipe kucing yang suka bebas, tak suka di tahan meskipun cuma sebentar

  • Kucing memiliki luka di bagian tubuh tertentu sehingga ia merasa tak nyaman bila kita gendong

 

Bila kucing kamu memiliki beberapa masalah di atas pada dirinya maka kemungkinan besar cara di atas akan sulit berhasil. Agar cara di atas berhasil maka satu-satunya yang mesti kamu lakukan adalah menyingkirkan beberapa sumber masalah di atas pada kucing kamu.


Adakah Cara Lain Yang Lebih Mudah Untuk Membuat Kucing Senang Digendong ?

Sebenarnya ada sih cara lainnya namun cara ini terkesan memaksa dan hanya berlangsung dalam kurun waktu sebentar saja dan tergolong kurang menyehatkan bagi kucing. Caranya yakni dengan menyuap kucing dengan makanan yang ia sukai.

Siapkan makan yang di sukai kucing sepeti ikan dan lainnya kemudian gendonglah kucing. Lalu ssembari menggendong kucing berilah ia makanan langsung ke mulutnya. Kucing akan mau di gendong serta tak akan terlalu berontak bahkan ia bisa lama berada dalam gendongan kita.

Hanya saja bila makanan telah habis maka kucing pun akan kembali ke sikapnya yang sebelumnya yakni kucing akan kembali berontak. Tak hanya itu saja, bila kita terlalu sering melakukan hal ini maka kucing beresiko mengalami obesitas.


Mungkin itu saja seputar cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat kucing mau di gendong. Ikuti terus informasi terbaru dari kami secara gratis dengan menekan tombol subcribe yang ada pada bagian bawah halaman.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url