4 Cara Mudah Memakaikan Minyak Zaitun Ke Kucing

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang sering kali kita gunakan pada kucing. Ini karena minyak ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kucing. Bisa di gunakan sebagai obat dan juga memliki manfaat bagi kesehatan tubuh kucing itu sendiri.

 

Cara Mudah Memakaikan Minyak Zaitun Ke Kucing


Untuk memberikan minyak zaitun kepada kucing ada cara tertentu yang mungkin mesti kita lakukan agar pemberian aman untuk di berikan ke kucing. Lalu bagaimana caranya ? Pertanyaan seperti ini kerap kali timbul bagi mereka yang belum pernah memberikan kucing minyak ini dan kepikiran untuk memberinya ke kucing kesayangan.

Bagi kamu yang hendak memberikan kucing kamu minyak zaitun maka kamu dapat mengetahui bagaimana cara pemberiannya dengan membaca tulisan Anggora berikut ini.


Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kucing

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini minyak zaitun sangat banyak di gunakan oleh orang-orang untuk memasak. Ini karena memasak dengan minyak yang satu ini tergolong menyehatkan. Selain itu minyak zaitun pun memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat minyak zaitun antara lain : mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah pertumbuhan sel kanker dan beberapa manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh manusia.

Selain bermanfaat untuk manusia, ternyata minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat jika di berikan untuk kucing terutama untuk kucing peliharaan kita di rumah. Apa saja manfaatnya ? Berikut ini beberapa di antaranya :

A. Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kucing

Minyak zaitun ternyata bisa juga di gunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing kesayangan. Ini karena di dalam minyak zaitun terkandung antioksidan dan Vitamin E yang mana baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

 

B. Bagus Untuk Bulu Kucing

Selain bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh kucing, minyak zaitun pun bisa membuat bulu kucing semakin berkilau dan lembut. Cukup dengan memberi 1 sendok teh minyak zaitun yang di campurkan ke makanan kucing setiap 3 kali dalam seminggu maka kamu bisa memperindah bulu kucing peliharaan kamu.

 

C. Menghilangkan Sembelit Dan Mengatasi Hairball Pada Kucing

Minyak jaitun juga bisa di gunakan sebagai obat sembelit untuk kucing. Ini karena minyak zaitun punya efek pencahar. Untuk menggunakan minyak zaitun sebagai obat sembelit dan hairball kamu cukup memberikan 1 sendok teh selama 3 hari berturut.

Setelah kondisi kucing cukup membaik maka kamu cukup memberikan minyak zaitun sekali setiap 3 hari.

 

D. Mengurangi Resiko Diabetes Dan Penyakit Kardiovaskular

Minyak zaitun dapat meminimalkan resiko penyakit diabetes dan kardiovaskular karena adanya lemak tak jenuh yang terkandung di dalamnya.


E. Membantu Menurunkan Berat Badan Kucing

Bukan cuma mampu meminimalkan resiko penyakit diabetes dan kardiovaskular karena adanya kandungan lemak tak jenuh di dalamnya tetapi minyak zaitun juga mampu membantu menurunkan berat badan.

 

F. Menjaga Kesehatan Kulit Kucing

Minyak zaitun juga mampu mengatasi masalah kesehatan kulit pada kucing seperti mengatasi kulit kering, kulit gatal dan bersisik. Kamu bisa melakukannya dengan cara memijat bulu dan kulit kucing dengan menggunakan minyak zaitun kemudian memandikannya.

 

G. Mengurangi Radang Pada Kucing

Fifotenol serta asam oleat yang terdapat di dalam minyak zaitun mampu meminimalisir peradangan pada tubuh kucing


Lalu Bagaimana Cara Memakaikan Minyak Zaitun Ke Kucing ?

Memberikan minyak zaitun ke kucing tak bisa asal di berikan ke kucing karena bisa berbahaya. Di samping itu jikalau kita memberikan kucing minyak zaitun dengan cara yang salah maka yang ada efek manfaat minyak zaitun jadi kurang terasa atau malah tak ada manfaatnya sama sekali.

Kita tentunya tak mau jikalau usaha kita sia-sia hanya karena cara kita yang asal dalam pemberian minyak zaitun. Untuk cara memberikan minyak zaitun kepada kucing kamu dapat menggunakan beberapa cara sesuai dengan tujuan penggunaan. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Mengobati Kucing Yang Menderita Scabies

Untuk mengobati kucing yang menderita scabies maka kamu dapat menggunakan minyak zaitun. Sebelum memberikan kucing minyak zaitun sebaiknya bersihkan dulu area tubuh kucing dari kerak scabies hingga bersih kemudian bersihkan area kulit tersebut dengan air hangat.

Saat kamu membersihkan kulit kucing dari kerak scabies, pastikan kamu menggunakan sarung tangan, ini wajib kamu lakukan untuk menghindari penularan tungau atau parasit dari kucing ke tubuh kamu. Sesudah kamu membersihkan kulit tersebut dengan air hangat lalu oleskan minyak zaitun ke area tadi.

Oleskan secara merata, lakukan hal ini setiap harinya sampai kulit kucing sembuh dari scabiesnya. Biasanya adalam waktu sebulanan akan tampak perubahan pada kulit kucing dan kucing akan sembuh dari scabiesnya.

Oh iya ini hanya di sarankan untuk scabies jenis ringan atau menengah ya, untuk scabies tingkat parah sebaiknya obati kucing dengan membawanya ke dokter hewan.

 

2. Untuk Mempercantik Sekaligus Melembutkan Bulu Kucing

Kamu dapat mempercantik serta melembutkan bulu kucing kamu dengan minyak zaitun. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok teh minyak zaitun ke makanan kucing. Campurkan ke makanan setiap 3 kali dalam seminggu.


3. Menjaga Kesehatan Kulit Kucing

Untuk menjaga kesehatan kulit kucing kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke tangan kamu kemudian memijat kulit sekaligus bulu-bulu kucing. Kemudian diamkan tubuh kucing sebentar sampai minyak zaitun agak meresap ke kulitnya kemudian setelah itu kamu dapat memandikan kucing kamu.


4. Sebagai Obat Pencahar Bagi Kucing

Bila kucing kamu memiliki masalah dengan sembelit dan hairball maka kamu dapat menggunakan minyak ini sebagai obat pencahar untuk kucing. Caranya cukup mudah yakni cukup berikan 1 sendok teh minyak ke makanan kucing setiap harinya selama 3 hari berturut-turut.

Setelah itu berikan minyak ini sekali setiap jarak waktu 3 hari. Hentikan permberian minyak zaitun di saat kamu merasa bahwa masalah sembelit dan hairball pada kucing telah teratasi.

 

5.  Untuk Daya Tahan Tubuh Kucing

Kalau kamu bertujuan memberikan kucing kamu minyak zaitun untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya supaya tubuhnya kuat dari berbagai penyakit maka kamu dapat menggunakan minyak zaitun.

Campurkan 1 sendok teh minyak zaitun ke makanan. Lakukan ini 2 atau 3 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa memberikannya sekali setiap minggunya. Intinya ini di lakukan secara rutin dan teratur setiap minggunya untuk mendapatkan manfaatnya.


Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Memberi Kucing Minyak Zaitun

Di saat kamu memberikan kucing minyak zaitu, berilah dulu sedikit pada kucing contohnya memberikan setengah sendok teh minyak zaitun pada kucing. Kemudian lihatlah apakah kucing menunjukkan rekasi negatif seperti diare dan lainya dalam 24 jam-an.

Jikalau tak ada reraksi negatif yang kucing tunjukkan maka kamu dapat menambahkan takaran minyak zaitun menjadi satu sendok teh . Umumnya takaran minyak zaitun yang aman bagi kucing adalah satu sendok teh dan di berikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Perlu kamu tahu bahwa kondisi masing-masing kucing berbeda dan takaran minyak zaitun di atas hanyalah pengetahuan serta patokan dasar dalam pemberian minyak zaitun pada kucing.

Bila kamu merasa ragu atas hal ini maka kamu dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu takaran minyak zaitun yang tepat untuk kucing kamu dengan dokter hewan langganan kamu.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara mudah memakaikan minyak zaitun pada kucing peliharaan. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url