close

5 Cara Mudah Mengatasi Kucing Kurus Tidak Mau Makan

Melihat kucing yang badannya kurus pastinya kita melihat bahwa kucing menjadi tak menarik dan keimutannya berkurang. Di samping itu, kita juga akan merasa khawatir dengan keadaan kucing peliharaan kita.

 

Cara Mengatasi Kucing Kurus Tidak Mau Makan
Foto Kucing Yang Kurus Dan Tidak Mau Makan

 

Di tambah lagi jikalau kucing yang kurus tadi sama sekali tak mau makan, ini tentunya akan membuat kita semakin khawatir dan juga akan merasa sedih. Takutnya jikalau hal ini di biarkan kucing akan jatuh sakit bahkan bisa meregang nyawa.

Tentunya kita tak ingin ini terjadi. karena itulah sebisa mungkin kita akan mencari cara agar kucing ini kembali mau makan. Lalu bagaimanakah caranya? Caranya dapat kamu lihat pada tulisan Anggora ini, karena di kesempatan kali ini Anggora akan berbagi tips cara mengatasi kucing kurus tak mau makan.

Simak penjelasan Anggora berikut ini hingga akhir ya Good Readers agar kamu paham dan tak salah dalam menerapkan caranya.


Cara Mengatasi Kucing Kurus Tidak Mau Makan

Melihat kucing yang kurus pastinya kita tak akan tinggal diam. Kita akan mencoba sebaik mungkin untuk membuat kucing menjadi gemuk. Hal serupa juga berlaku pada kucing kurus yang tidak mau makan, kita pastinya akan berusaha mencari cara agar si kucing kembali mau makan.

Bagi kamu yang sedang mencoba membuat kucing kamu yang kurus agar mau makan maka kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar kucing kembali makan dan sehat seperti biasanya. Apa saja caranya dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Obati Kucing

Umumnya kebanyakan kucing yang kurus serta tak mau makan di karenakan kucing sedang sakit. Jadi, untuk mengatasinya cobalah untuk mengobati kucing. Untuk mengobati kucing secara mandiri di rumah bisa di lakukan selama kucing hanya mengalami sakit ringan.

Sakit ringan tersebut bisa berupa kucing flu, demam, cacingan, terkena duri dan lainnya. Kamu bisa mengobatinya dengan membeli obat sesuai jenis penyakit kucing. Obatnya bisa kamu beli di pet shop ataupun toko online.

Selama mengobati kucing pastikan juga memberikan makanan kucing secara paksa ke mulut kucing dengan menggunakan spuit agar kucing tetap berenergi dan mampu melawan penyakitnya. Setelah di obati biasanya kucing perlahan nafsu makannya akan pulih dan ia akan mau makan dengan sendirinya.

Lalu bagaimana dengan kucing yang sakit parah ? Untuk kucing yang sakit parah, satu-satunya cara yang dapat kita lakukan agar ia sembuh adalah dengan membawa kucing berobat ke dokter hewan. Perlu di ingat bahwa ketika kucing sakit parah bisa jadi kemungkinan kucing sembuh adalah 50 persen.

Ketika kucing mati, maka kita tak bisa menyalahkan dokter hewan karena tak mampu mengobatinya. Karena pada dasarnya tak semua penyakit di dunia ini yang dapat di sembuhkan oleh dokter.

Baca juga cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter dengan mengklik di sini.


2. Memberi Kucing Air Kelapa Muda

Air kelapa muda terkenal dengan berbagai khasiat kesehatannya terhadap manusia. Salah satu khasiatnya yang cukup di ketahui oleh masyarakat adalah air kelapa muda dapat membersihkan tubuh dari racun.

Selain itu air kelapa muda pun sering kali di berikan kepada orang yang sedang sakit. Air ini akan membantu proses kesembuhan serta memberikan energi pada tubuh serta membersihkan kotoran juga racun yang ada dalam tubuh.

Bukan cuma untuk manusia saja, air kelapa muda pun memiliki khasiat yang serupa jika di berikan pada kucing. Air kelapa bisa di gunakan untuk membantu kesembuhan, obat keracunan ringan, suplemen dan juga penambah energi bagi kucing yang sedang sakit.

Ketika kucing kamu kurus serta tak mau makan maka cobalah untuk memberi air kelapa muda untuknya. Berikan setiap satu jam menggunakan spuit. Lakukan hingga beberapa hari dan terus pantau kondisi kucing.

Jika kondisi kucing membaik dan kucing sudah kembali mau makan maka pemberian air kelapa muda ini bisa di lakukan hingga kucing benar-benar di rasa telah sembuh total. Namun bila mana kucing kondisinya malah semakin parah maka sebaiknya pemberian air kelapa di hentikan .

Hentikan pemberian air kelapa kemudian segera minta bantuan dokter untuk menangani masalah kucing. Oh iya sembari memberi kucing air kelapa, beri juga makanan basah ( wet food ) pada kucing dengan menggunakan spuit.

 

3. Kuning Telur

Kamu bisa juga memberikan kuning telur pada kucing peliharaan kamu yang kurus dan sedang dalam masa pengobatan. Pemberian ini dilakukan sebab kuning telur memiliki sebuah khasiat yang mana mampu meningkatkan nafsu makan kucing.

Selain itu kuning telur juga memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina kucing sehingga sangat baik di berikan pada kucing terutama pada kucing yang tak mau makan sama sekali. Bagi kamu yang ingin menggemukkan kucing, kamu juga bisa memberikan kuning telur.

Baca manfaat lainnya kuning telur bagi kucing dengan mengklik di sini.


4. Memberi Kucing Madu

Kumu juga bisa memberikan madu untuk kucing kamu yang kurus dan tak mau makan. Madu bagi kucing berfungsi sebagai suplemen, penambah energi dan peningkat nafsu makan bagi kucing. Berikan kucing satu atau setengah sendok madu setiap satu atau dua jam sekali.

Untuk memudahkan madu di minum kucing maka campurkanlah air ke madu hingga madu yang tadinya sangat kental kini menjadi agak cair serta menyatu dengan air. Berikan madu menggunakan spuit atau dodot khusus kucing.

Kamu juga bisa memberikan langsung madu ke kucing kamu kalau si kucing masih mau menjilati madu dengan sendirinya. Pemberian madu dapat juga di lakukan selama masa pengobatan kucing. Malahan ini sangat bagus untuk membantu kesembuhan kucing.

Pemberian di lakukan sejam atau dua jam setelah kucing mengkonsumsi obat untuk menghindari hal yang tak di inginkan. Jika kamu merasa ragu, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter hewan apakah pemberian madu aman ketika di berikan bersamaan dengan obat-obatan tertentu.

 

5. Susu Beruang

Ketika kucing sedang sakit beberapa cat lover seringkali menyarankan pada pemilik kucing untuk memberikan kucingnya susu beruang sembari memberikan kucing makanan basah menggunakan spuit.

Banyak dari mereka yang berkata bahwa kucingnya kembali mau makan setelah menggunakan cara ini. Ini juga berlaku pada kucing yang kurus yang tak mau makan. Pemberian susu beruang bisa di lakukan setiap sejam atau dua jam sekali.

Oh iya perlu di ingat bahwa jikalau kamu ingin menggunakan cara ini, kamu harus rajin memantau kondisi kucing kamu. Jika kondisinya membaik dan kembali bernafsu makan maka pemberian dapat terus di berikan atau di hentikan.

Tapi jikalau kucing kondisi kesehatannya tidak semakin membaik atau malah semakin memburuk maka sebaiknya segera hentikan dan sesegera mungkin bawa kucing ke dokter hewan.

Baca juga takaran susu beruang untuk kucing dengan mengklik di sini.


Sedikit Informasi Tambahan

Cara di atas bisa kamu terapkan agar kucing kamu kembali mau makan dengan beberapa syarat :

  • Tidak melakukannya di saat kondisi kesehatan kucing sangat buruk

  • Melakukan cara di atas sembari tetap memberikan makanan kucing berupa wetfood dan minuman menggunakan spuit pada kucing

  • Tidak menggunakan kelima cara di atas sekaligus pada saat bersamaan pada kucing karena di khawatirkan bisa memberikan dampak kesehatan pada kucing

  • Segera membawa kucing ke dokter hewan jikalau kondisi kucing tidak semakin membaik


Itulah dia 5 cara mudah mengatasi kucing kurus tidak mau makan . Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu dalam membuat kucing kamu yang kurus kembali bernafsu makan dan kembali sehat serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags: cara mengatasi kucing kurus, cara mengatasi kucing kurus tidak mau makan, cara merawat kucing yang kurus, cara mengobati kucing sakit kurus, cara merawat kucing sakit kurus

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url