close

8 Alasan Kenapa Kucing Takut Melihat Kita

Pernahkah kamu berhadapan dengan seekor kucing kemudian ketika kucing tersebut melihat kamu, kucing tersebut malah lari ketakutan. Kejadian ini sering di alami oleh orang biasa maupun seorang pecinta kucing.

 

Kenapa Kucing Takut Melihat Kita
Foto Kucing Takut Melihat Manusia

 

Dan perilaku ini bukan hanya terjadi pada kucing liar juga dapat terjadi pada kucing rumahan. Bagi orang biasa hal ini mungkin hanyalah hal yang biasa saja. Tetapi bagi mereka yang merupakan pemilik dari kucing itu sendiri, hal ini agak sedikit membuat sang pemilik agak sedih.

 Ini juga membuat pemilik heran kenapa kucing takut melihat tuannya sendiri. Sebenarnya banyak alasan yang membuat kucing takut melihat kita. Alasannya bukan hanya sekedar takut saja namun ada alasan lain kenapa kucing waspada dan spontan langsung lari menjauhi kita sewaktu kita mendekatinya.

Kenapa kucing takut melihat kita dan apa alasan kucing takut ketika melihat kita ? Untuk mengetahui apa penyebabnya, Good Readers dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.


8 Alasan Kenapa Kucing Takut Melihat Kita

Seperti yang telah Anggora jelaskan di atas bahwa kucing yang berlari saat kita mendekatinya bukan karena semata-mata ia takut melihat kita namun ada alasan lain mengapa ia bersikap demikian. Beberapa penyebabnya antara lain :

1. Waspada

Kucing merupakan hewan yang sangat waspada terhadap sekelilingnya. Sifat ini merupakan sifat alami yang umumnya ada pada kebanyakan kucing dan sudah mendarah daging. Dan sifat ini akan sangat tampak pada kucing liar dan kucing rumahan yang di biarkan bebas berkeliaran di luar rumah.

Itulah salah satu alasan mengapa saat kucing melihat kita yang merupakan pemiliknya bukannya malah mendekat namun kucing malah  tampak waspada serta berlari menjauh ketika kita menghampirinya tanpa memanggil namanya.

Nah ketika kita memanggil namanya kemudian barulah dia sadar. Kucing yang tadinya berniat menjauh malah kembali lalu berlari mendekat untuk menyapa tuan kesayangannya.

Kucing yang takut dengan kita biasanya akan menunjukkan tanda tertentu. Apa saja tanda atau ciri-cirinya dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.


2. Kucing Tak Mengenali Kita

Alasan kedua yakni kucing tak mengenali kita. Meskipun kita merasa bahwa kita mengenal kucing tersebut dan kucing pun mengenali kita karena kita sering memberi ia makan dan minum namun tetap saja kucing akan takut melihat kita jika ia merasa tak mengenal kita.

Penyebab kucing merasa waspada terhadap manusia karena kucing sendiri tahu bahwa tak semua manusia yang berada di sekelilingnya adalah orang baik. Di samping itu kucing juga merupakan hewan yang agak sulit mengenal manusia hanya melalui wajah saja.

Kucing membutuhkan mendengar suara kita untuk semakin mempermudah ia dalam mengenali kita.  Karena itulah banyak kucing peliharaan ketika berada di luar rumah hanya menoleh saja ketika kita menghampirinya lalu saat kita memanggil namanya barulah ia mau menghampiri kita.

 

3. Salah Mengira Bahwa Kita Adalah Orang Yang Sering Memarahi Atau Mengganggunya

Meskipun kucing buruk dalam mengenali wajah seseorang tetapi kucing mampu menggolongkan orang ke golongan baik atau buruk. Penelitian Galvan dan Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester membuktikan hal ini.

Kucing akan sangat senang berada di dekat orang-orang  yang baik dan ramah terhadap kucing, sebaliknya kucing akan menjauhi orang-orang yang jahat, suka memarahi, menganiaya serta mengganggunya.

Alasan kucing takut ketika ia melihat kita mungkin karena merasa kita mirip dengan orang yang sering mengganggunya.

Selain takut dengan orang yang memarahinya, kucing juga takut dengan timun loh. Lihat penyebab kucing takut timun di sini.

 

4. Kehadiran Kita Yang Tiba-Tiba Berada Di Sekitarnya

Alasan selanjutnya mengapa kucing takut melihat kita adalah karena kita tiba-tiba berada di sekitarnya. Nah keberadaan kita yang tiba-tiba ada di dekatnya membuat kucing mengira kita adalah ancaman alias predator yang siap memangsanya.

Jadi kalau kucing kamu lari ketakutan ketika kamu tiba-tiba mendekatinya, itu berarti dia salah mengira bahwa kamu adalah ancaman.

 

5. Terkejut

Kucing yang lari atau menjauh ketika dia melihat kita bukan cuma karena dia takut saja, bisa jadi karena ia terkejut. Kucing terkejut mungkin karena tiba-tiba kita muncul di dekatnya di saat dia tengah fokus melihat buruannya ataupun mengawasi hal lainnya.

Kucing kamu jalan atau larinya sempoyongan ? Ketahui sebabnya dengan membacanya di sini.


6. Kita Membawa Benda Yang Di Takutinya

Ada alasan lainnya mengapa kucing takut melihat kita. Salah satu alasannya adalah kita membawa benda yang di takutinya. Benda tersebut dapat berupa boneka, sapu lidi, patung hewan dan sejenisnya yang mana kucing peliharaan kita sangat takuti.

Untuk kucing peliharaan Anggora sendiri mereka sangat takut dengan sapu lidi. Jadi setiap kali saya membawa sapu lidi, kucing-kucing yang ada di rumah saya lari menjauh dan ketakutan ketika melihat saya.

Tetapi setelah saya tak lagi memegang sapu lidi, kucing-kucing yang tadinya ketakutan dan menjauh kini bersikap normal bahkan beberapa di antara mereka malah bermanja-manja serta bermain di dekat saya.

 

7. Suara Kita Terlalu Keras

Kebanyakan kucing sangat amat membenci orang dengan suara keras dan kasar. Sama dengan orang yang sering marah dan menganiayanya, kucing juga sangat takut dengan orang-orang seperti ini. Mereka menganggap suara keras manusia adalah sebagai peringatan ataupun bentuk pengusiran.

Kucing juga menganggap orang dengan suara keras, nada kasar dan tak ramah adalah bagian dari ancaman juga musuh alami kucing terutama kucing liar. Karena itulah jika kamu tak ingin kucing takut padamu maka cobalah berbicara selembut mungkin ketika kamu berada di sekitar hewan ini.

Baca juga penyebab kenapa kucing jantan bersuara keras di sini.


8. Kucing Mengira Kita Adalah Makhluk Mengerikan

Pernah tidak di saat kamu sedang memakai helm atau mengangkat kasur, kucing kamu melihat kamu dengan rasa takut. Kemudian saat kamu mendekatinya, dia malah spontan lari lalu mengintip kamu dari kejauhan.

Jika pernah maka ini berarti kucing kamu takut padamu karena meliat kamu tak tak seperti manusia sebab wajah kamu tertutup helm ataupun kasur. Kucing mengira kamu bukanlah manusia, malah melihat kamu sebagai makhluk yang mengerikan.

 

Lalu Adakah Cara Membuat Kucing Tak Takut Dengan Kita ?

Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan beberapa hal dan mendapatkan cara agar kucing tak takut lagi melihat kita. Beberapa caranya antara lain :

  • Hampiri kucing sambil memanggil namanya

  • Jangan muncul tiba-tiba di dekat kucing

  • Jangan membuat kucing terkejut

  • Jangan membawa benda-benda yang di takuti oleh kucing kamu

  • Saat di dekat kucing, bicaralah dan panggillah kucing dengan suara yang lembut

  • Tanggalkan helm ataupun letakkan barang yang kamu pegang sebelum menghampiri kucing

 

Dengan menerapkan cara di atas, di jamin kucing kamu yang tadinya takut melihat kamu kini akan melihat kamu dengan pandangan yang biasanya dan bahkan kucing akan mendekati kamu ketika dia melihat kamu.

Kucing ternyata bisa depresi. Mengapa kucing bisa depresi ? Baca penjelasan selengkapnya dengan mengklik di sini.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberapa pertanda kucing takut pada kita dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membuat kamu tahu mengapa kucing takut padamu dan tindakan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi hal ini.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu

 

Tags : kenapa kucing takut melihat kita, kenapa kucing takut sama kita, kenapa kucing takut dengan kita

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url