close

8 Penyebab Kucing Menangis Tengah Malam

8 Penyebab Kucing Menangis Tengah Malam | Banyak dari kita yang menganggap bahwa kucing yang mengeluarkan air mata atau matanya berair adalah kucing yang sedang menangis karena sedih dan berduka. Kucing memanglah memiliki emosi seperti bahagia, sedih dan kadang kala matanya berair.

 

Kucing Menangis Tengah Malam
Ilustrasi Kucing Menangis Tengah Malam thehappysite.com

 

Namun itu tak berarti bahwa kucing sedang bersedih. Ketika kita perhatikan dengan teliti dan mencari tahu sumber penyebab mengapa kucing menangis mungkin kita merasa bahwa hal itu hanyalah kebetulan semata-mata.

Bila kita adalah seorang pemilik kucing yang sering meluangkan waktunya dengan berinteraksi dengan kucing, pastinya kita akan paham bagaimana cara kucing dalam menyampaikan berbagai emosinya ke kita atau orang di sekitarnya.

Hal ini di dukung oleh penelitian para ilmuwan yang membuktikan bahwa kucing benarlah memiliki emosi. Kucing memiliki emosi dan dan mampu menyampaikan emosinya ke orang sekitarnya. Contohnya saat kucing sedih dia akan lebih banyak tidur dan kehilangan nafsu makannya serta suka melamun.

Sewaktu ia takut kucing akan mengeong, mendesis, mengembangkan ekornya lalu berlari untuk bersembunyi. Tak jarang juga kucing yang ketakutan akan memukul hal yang di takutinya tersebut sembari mendesis dan mengeong marah.

 

Kucing Menangis Artinya Apa ?

Kucing memanglah tampak menangis namun hal ini tak berkaitan dengan emosi sedih. Dokter hewan berpengalaman Dr Sherri Moriss Oregon dalam artikel di majala Parade mengatakan bahwa kucing yang menangis berarti adanya cedera maupun penyakit yang berhubungan dengan mata kucing.


Apa Saja Tanda Kucing Menangis Tengah Malam  ?

Kucing yang tampak menangis tengah malam biasanya menampakkan tanda ataupun ciri ciri kucing nangis berupa :

  • Mata berair

  • Mata terlihat mengkilap

  • Terlihat seperti ada kotoran di mata

  • Mata kucing memerah

  • Mata kucing agak membengkak

  • Ada bekas air mengalir ke hidung atau pipi kucing

Tanda di atas merupakan pertanda kucing menangis. Beberapa pertanda di atas bisa jadi karena mata kucing kemasukan benda tertentu, iritasi, alergi, konjungtiva dan bisa juga akibat penyakit tertentu.

 

Kenapa Kucing Menangis Tengah Malam ?

Kemungkinan ada saat di mana kita mendadak menemukan kucing kita matanya berair dan terlihat seolah sedang menangis di saat tengah malam. Saat kucing menangis tengah malam kita pastinya heran kenapa kucing seperti itu ?

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab utamanya. Beberapa hal tersebut antara lain :

1. Mata Kucing Iritasi

Kucing merupakan hewan krepuskular yakni hewan yang aktif di saat senja maupun fajar. Karenanya tak jarang kucing aktif saat tengah malam.  Ketika kucing bangun di tengah malam, bisa saja kucing matanya iritasi akibat kemasukan benda kecil tertentu.

Seperti abu, pasir, serbuk kayu, abu rokok dan benda lain sejenisnya. Akibatnya mata kucing terganggu dan mengeluarkan air untuk meredakan gangguan. Inilah mengapa saat tengah malam kita menemukan kucing kita terlihat seperti sedih dan menangis.

 

2. Tak Sengaja Memainkan Bawang Merah

Di malam hari apalagi tengah malam, kucing akan terlepas dari pantauan kita. Mata kucing yang berair dan terlihat seperti nangis juga di akibatkan oleh kucing yang memainkan bawang merah.

Saat bawang tak sengaja di hancurkan oleh kucing maka senyawa dari bawang akan terkena ke mata kucing. Mata kucing yang teriritasi akan mengeluarkan air mata sebagai respon balik yang bertujuan mengeluarkan atau melawan zat yang menganggu mata.

Maka jangan heran kalau mata kucingmu tampak seperti menangis saat tengah malam. Bisa jadi karena kucing tak sengaja memainkan bawang merah.

Tak hanya bermain dengan bawang di malam hari kucing pun hobi mengeong di waktu ini. Simak apa sebabnya dengan mengklik di sini.


3. Tak Sengaja Mata Terkena Cabe Dan Benda Panas Sejenisnya

Selain bawang merah, cabe dan benda panas sejenisnya merupakan pemicu mata berair yang membuat kucing nampak seperti menangis. Kucing yang bermain tengah malam kemungkinan memainkan cabe dan lainnya yang bila terkena mata bisa membuat mata kucing berair.

Karenanya saat hendak tidur pastikan kamu menyimpan cabe, merica bubuk dan sejenisnya dalam toples serta tempatkan ke tempat yang tak bisa di jangkau oleh kucing kesayangan kita.


4. Alergi Mata

Alergi mata pun adalah salah satu penyebab mengapa kucing seolah menangis di tengah malam. Alergi mata pada kucing seringkali disebabkan oleh :

  • Debu

  • Zat kimia tertentu

  • Pembersih rumah tangga

  • Obat-obatan

  • Serbuk sari

  • Parfum

  • Jamur

  • Debu

Baca juga reaksi kucing melihat makhluk kasat mata dengan mengklik di sini.

 

5. Konjungtivitas

Peradangan pada lapisan merah muda di sekitar mata ( konjungtiva ) di sebut konjungtivitas. Hal ini biasa di picu oleh bakteri, virus atau iritasi lingkungan. Konjungtivitas tak hanya dapat membuat mata kucing berair dan mengeluarkan kotoran juga dapat membuat mata kemerahan, pembengkakan dan mata sensitif terkena cahaya.


6. Cedera Atau Trauma

Mata berair sehingga kucing terlihat seperti kucing menangis juga dapat di sebabkan oleh cedera mata ataupun  trauma. Cidera serta trauma ini mungkin akibat cidera ringan akibat terkena tanah atau pasir di mata.

Sementara cedera parah bisa akibat ulah manusia yang memukulnya tepat di kepala dan mengenai mata ataupun luka di mata sebab perkelahian antar kucing dengan kucing dan kucing dengan hewan lainnya.

Apapun sebabnya, sewaktu kita merasa yakin bahwa kondisi mata kucing saat ini adalah akibat cedera sebaiknya kita segera memeriksakan kucing ke dokter hewan. Agar kucing mendapatkan perawatan yang tepat, apalagi kalau cederanya adalah cedera berat.

Cedera ataupun trauma juga merupakan salah satu sebab mata kucing tertutup selaput tertia. Bila kamu penasaran mengenai mata  kucing tertutup selaput tertia, bisa kamu baca di sini.

 

7. Epifora

Epifora merupakan kejadian di mana kucing mengeluarkan air mata secara berlebih dari matanya. Ini bukanlah kondisi namun merupakan suatu pertanda bahwa kucing menderita penyakit dan masalah gangguan kesehatan yang serius.

Kucing yang sehat biasanya hanya akan mengeluarkan air mata di saat mata terasa kering, matanya lelah, menghilangkan debu dan partikel lainnya yang masuk kemata dan untuk melawan zat yang dianggap mengganggu mata seperti zat yang ada dalam bawang merah.

Kelebihan cairan yang di keluarkan mata akan di keringkan di saluran nasolakrimalis. Bila saluran ini tersumbat maka cairan tidak terserap dengan baik dan akan menjadi sumber penyebab berlebihannya air mata yang keluar ( epifora ). 

Epifora akan membuat iritasi di sekitar kulit mata, bulu mata dan bulu sekitar mata basah dan membuat kucing menjadi tak nyaman. Namun jangan khawatir, dokter hewan dapat mengobati hal ini dengan menggunakan cairan tertentu, bila di rasa parah operasi mungkin di perlukan sebagai langkah lanjutan dalam pengobatan. 

 

8. Penyakit Seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Penyakit seperti infeksi saluran pernapasan semacam herpes, calici bordetella, bronchiseptica dan chlamydophila felis dapat di jumpai pada anak kucing dan kucing dewasa. Penyakit ini dapat di atasi  dengan perawatan dan obat yang tepat, hanya saja pada kucing penderita akan menyebabkan bersin, mata berair, sakit tenggorokan, demam dan beberapa gejala lainnya.

Tentunya gejala-gejala ini akan membuat kucing merasa tak nyaman. Saat hal ini terjadi tak jarang dokter hewan akan meresepkan obat tetes mata, obat anti radang, vitamin maupun antibiotik untuk mengobati infeksi pernapasan ini dan meringankan gejala lainnya.

Tak hanya itu dokter hewan pun akan memberikan instruksi khusus tentang bagaimana cara merawat hewan yang menderita penyakit ini dengan baik. Untuk kucing yang sehat tindakan pemvaksinan di butuhkan sebagai tindakan pencegahan.

Selain mata berair, penyakit ini pun menyebabkan kucing bersuara terus-terusan. Baca penjelasan lengkapnya dengan mengklik di sini.

 

Apa Arti Kucing Menangis Tengah Malam ?

Kucing menangis pertanda apa ? Kucing menangis dalam masyarakat seringkali di kaitkan dengan tanda tertentu seperti :

  • Kesialan

  • Musibah

  • Kematian

  • Rezeki tertentu

  • Penyakit

  • Kelahiran

  • Kecelakaan

  • Dan sebagainya

Namun semua hal tersebut hanyalah sebuah mitos ataupun hoaks belaka. Seperti yang telah anggora jelaskan di atas bahwa kucing menangis tak ada kaitannya dengan emosi ataupun pertanda tertentu. Ini adalah hal murni yang terjadi saat mata kucing mengalami masalah serta gangguan kesehatan.

Agar kamu yakin lagi bahwa kucing menangis di tengah malam bukanlah pertanda sesuatu dan berarti apa-apa selain mata kucing bermasalah, saya akan berbagi pengalaman mengenai hal ini. Selama ini saat kucing saya seperti menangis tengah malam tak ada hal istimewa yang terjadi.

Kesialan, kecelakaan, kematian, musibah atau apapun itu tak ada yang terjadi beberapa hari setelah kucing matanya menangis. Yang terjadi hanyalah saya memperhatikan kondisi mata kucing. Saat mata kucing mengalami masalah, kami akan berusaha mengobatinya dengan obat mata khusus kucing atau bisa juga membawa ke dokter hewan.

Selain itu tak ada hal yang aneh atau luar biasa yang terjadi. Sebagai orang yang beragama tentunya kita juga tak boleh mempercayai rumor antah berantah kecuali bila hal tersebut memang terbukti kebenarannya.

Di kencingi kucing pertanda apa sih ? Cari tahu pertanda apa dengan mengklik di sini.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai 8 sebab mengapa kucing menangis tengah malam dan bagaimanakah cara mengatasinya. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun akun sosial media milik kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url