close

6 Cara Menjinakan Anak Kucing

6 Cara Menjinakan Anak Kucing | Bagi kamu yang memutuskan ingin mulai memelihara anak kucing dan memutuskan akan mengadopsi satu atau beberapa anak-anak kucing untuk di pelihara di rumah.

 

Cara Menjinakan Anak Kucing
Ilustrasi Cara Menjinakan Anak Kucing

 

Biasanya yang pertama kali akan kita lakukan adalah meminta anak kucing dari teman, cat lovers di group social media, tetangga yang kebetulan memelihara kucing atau memungut kucing liar yang secara tak sengaja ditemukan di jalanan ketika sedang melintas.

Setelah berhasil mengadopsi kucing kamu akan mulai memperhatikan masalah perawatan, cara memberikan makan kucing yang benar, memandikannya dan sebagainya. Tetapi yang jadi masalah adalah seiring berjalannya waktu kucing masih saja tak mau jinak ke kita.

Menjinakkan anak kucing bukanlah hal yang mudah ketika kita tak tahu bagaimana caranya. Ditambah lagi jika anak kucing yang baru saja kita putuskan untuk di pelihara adalah anak kucing liar, kecil tapi galak, atau takut dengan manusia.

Pastinya proses untuk menjinakan anak kucing akan semakin bertambah tingkat kesulitannya bila ternyata anak kucing yang akan kita pelihara memiliki salah satu atau gabungan dari beberapa sifat yang ada di atas.

Tetapi jangan khawatir walaupun menjinakkan kucing agak sulit namun kamu bisa mencoba cara yang Anggora tuliskan di bawah ini agar mempermudah kamu dalam menjinakkan kucing atau anak kucing kamu. Apa saja caranya simak penjelasannya sampai akhir ya.


8 Sebab Kucing Sulit Di Jinakkan

Di saat kita hendak membuat kucing kita jinak pada kita, terlebih dahulu kita mesti tahu apa saja sebab utama mengapa anak kucing sulit di jinakkan. Beberapa di antara penyebab yang menurut anggora yang membuat kucing benci ke kita dan jadi semakin sulit di jinakkan adalah sebagai berikut ini :

1. Kita Bicara Dengannya Dengan Nada Tinggi

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing merupakan hewan dengan pendengaran yang sangat tajam. Bahkan pendengaran kucing jauh lebih baik 2 kali lipat dari pada anjing yang memiliki pendengaran 5 kali lipat lebih baik dari pada manusia.

Itulah mengapa kucing tak pernah suka dan sangat benci dengan orang yang pemarah dan orang yang bernada tinggi bicara atau dekat dengannya. Hal ini di dukung oleh penelitian Galvan dan Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester.

Penelitian mereka membuktikan bahwa orang dengan nada tinggi, wajah mengkerut dan kasar akan di jauhi kucing. Jadi sebaiknya saat kamu ingin membuat kucing kamu jinak, bicara lah dengan nada yang tak terlalu tinggi.

Bila kamu bicara dengan nada rendah dan ramah, tak hanya kucing peliharaan yang menyukaimu bahkan kucing liar pun akan senang dengan keberadaanmu. Lihat alasan lain banyak kucing liar yang datang kerumahmu dengan mengklik di sini.

 

2. Jangan Suka Marah-Marah Ke Kucing

Dari apa yang telah di jelaskan di atas bahwa kucing sangat membenci orang yang pemarah. Ini sama saja dengan manusia yang akan malas dekat dan cenderung menjauhi dengan orang yang hobi marah-marah, apalagi marah-marahnya tak jelas.

Orang yang memiliki sifat mudah marah akan sangat sulit sekali menjinakkan dan dekat dengan kucing. Karena bukan hanya membenci si pemilik sifat ini, kucing pun menganggap orang tipe ini sebagai gangguan atau keberadaan yang mengancam akibatnya mereka akan cenderung menjauhinya.

 

3. Jangan Pasang Wajah Cemberut 

Mungkin agak terdengar konyol bahwa kucing dapat mengetahui emosi pemiliknya hanya dengan melihat wajahnya saja. Tapi penelitian membuktikan kebenaran hal ini. Mungkin di antara kamu ada yang pernah menangis kemudian kucing mendekati kamu seolah ingin menghibur kamu.

Ia akan duduk di dekatmu atau pangkuan kamu agar kamu bisa mengelusnya atau memeluknya sehingga kamu tak memikirkan rasa sedih kamu lagi. Ini terjadi bukan hanya pada kamu saja namun semua pecinta kucing pernah mengalami hal ini.

Ini adalah salah satu tanda yang membuktikan bahwa kucing dapat mengenali emosi manusia lewat ekspresi wajahnya. Jika kamu mendekati kucing dengan memasang wajah cemberut, tentunya kucing yang akan kamu dekati malah akan berlari menjauhi kamu.

Ada 22 fakta loh tentang kucing, apa saja itu ? Simak penjelasannya di sini.


4. Jarang Memberi Makan Anak Kucing

Bagaimana bisa kucing jinak padamu jikalau memberi makannya saja pun kamu jarang. Ini akan membuat kamu di matanya hanyalah manusia biasa dan tak akan di anggap tuan sama sekali.


5. Kurang Sering Memanggil Namanya

Sama halnya dengan jarang mengelus kucing, jarang memanggil namanya pun akan membuat kucing merasa asing dengan kita. Akibatnya kucing jadi sulit untuk di jinakkan.

Nama anak kucing dalam bahasa jawa apa sih ? Cari tahu jawabannya di sini.


6. Kurang Sering Bermain Dengan Kucing

Penyebab lainnya kenapa anak kucing sulit di jinakkan adalah karena jarangnya kita bermain dengannya. Jangankan menganggap kita sebagai pemilik, menganggap sebagai teman pun dia akan enggan karena kurangnya kita bermain dengannya.


7. Jarang Mengelus Anak Kucing

Walaupun terlihat sepele tetapi jarang mengelus kucing bisa berdampak terhadap memori anak kucing itu sendiri. Walaupun otak kucing tak sebaik manusia namun otak kucing masih mampu mengingat siapa saja yang di anggap sebagai teman dan baik kepadanya.

Karena kamu jarang mengelus kucing maka dalam memori anak kucing kamu hanya di tandai sebagai manusia asing yang bahkan dapat di anggap sebagai musuh ketika berada di dekatnya. Inilah salah satu alasan kenapa anak kucing tak takut serta bersikap biasa terhadap pemiliknya.

Sebaliknya ia akan mengeong marah, meronta dan bahkan mencakar orang asing yang mendekatinya atau bahkan mencoba mengelus maupun memegang dirinya.

Kucing sebenarnya berasal dari mana sih ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.


8. Bukan Kita Yang Memberinya Makan

Salah satu penyebab kenapa anak kucing sulit kita jinakkan yakni kita tak sering memberinya makan malah orang lain lah yang sering memberi ia makan. Akibatnya kucing malah akan lebih jinak terhadap orang yang memberinya makan di bandingkan kita yang nerupakan pemilik aslinya.

 

Cara Menjinakan Anak Kucing

Setelah kamu tahu apa saja sebab kucing menjadi sulit di jinakkan, sekarang waktunya untuk kamu menjinakan anak kucing kecilmu yang nakal, pemarah, liar, penakut. Kamu boleh mencoba 6 cara mudah menjinakkan kucing berikut ini :

1. Berikan Nama

Cara pertama untuk dapat menjinakkan anak kucing kamu adalah dengan memberinya nama. Sebab dengan adanya nama kita dapat dengan mudah melatih dan memanggilnya. Serta seiring berjalannya waktu kucing akan terbiasa dengan nama ini.

Saat kita sering memanggil kucing dengan berulang-ulang, meskipun panggilan kita tak di balas olehnya namun lamban laun nama ini akan terekam di memori kucing. Panggillah kucing terus-terusan memakai namanya meskipun dia tak membalasmu.

Lakukan juga tindakan memanggil nama setiap harinya terutama di kala kita hendak memberi makan si kucing. Panggil namanya kemudian barulah beri ia makan. Lakukan secara sabar dan rutin, lihatlah hasilnya dalam 2 minggu atau sebulan kemudian..

Kucing yang tadinya cuek padamu, kini sewaktu kamu memanggil namanya ia akan bergegas jalan ataupun bahkan lari menuju ke arah kamu. Selain untuk menjinakan anak kucing, pemberian nama merupakan tanda kasih sayang antara pemilik dan peliharaannya

Ternyata kucing juga punya nama selain nama yang kita berikan, cari tahu nama lain kucing di sini.


2. Jalin Hubungan Dengan Anak Kucing

Setelah memberikan kucing nama, langkah selanjut adalah menjalin hubungan dengan anak kucing. Hubungan di sini adalah berupa interaksi dengan kucing seperti memberi makan, memberi minum, memandikannya, bermain dengannya atau bahkan duduk dan tidur bersamanya.

Bagi kamu yang sibuk bekerja, kamu dapat meluangkan waktu malammu untuk beristirahat dengan berinteraksi dengan kucing. Interaksinya cukup dengan memberi cemilan, ajak ia duduk dan tidur bersama dengan kamu.


3. Cukupi Makan Dan Minumnya

Dengan mencukupi makan dan minum si kucing akan membuat kucing sehat, senang dan bahagia. Ini adalah salah satu persyaratan bagi kamu yang ingin melatih ataupun menjinakkan si kucing. Kucing yang kebutuhan makan minumnya tak perlu di pikirkannya lagi akan membuat ia tak fokus ke masalah kebutuhan perutnya lagi.

Ini membuat kucing dapat dengan bebas bermain ke sana kemari, menjelajahi rumah dan yang paling penting adalah berinteraksi dengan kamu. Penuhi isi perut kucing dan banyak-banyaklah berinteraksi dengannya agar kamu dapat dengan mudah menjinakkannya.

Oh iya kalau kamu ingin memberi minum kucingmu sebaiknya jangan beri air yang belum matang ya. Soalnya air mentah bisa menimbulkan gangguan pencernaan seperti mencret. Selain itu air matang di nilai lebih menyehatkan kalau di berikan sebagai minum kucing

Bila kamu bingung makanan apa yang mesti di berikan ke kucing, kamu bisa mencoba dry food merk bolt serta maxi. Review kedua makanan ini dapat kamu lihat dengan mengklik di sini dan di sini.


4. Berikan Cemilan Memakai Tangan

Bukan hal yang umum lagi bagi pecinta kucing untuk memberi cemilan pada kucingnya di sela-sela waktu antara waktu makan utama. Cemilan berupa wet food, dry food, sosis ataupun cat food buatan sendiri biasa mereka jadikan untuk cemilan.

Tujuan pemberian cemilan bervariasi, ada yang tujuannya agar kucing cepat gemuk secara alami, ada yang tujuannya agar lebih dekat dengan kucing dan ada juga yang sekedar hobi saja sih. Apa pun tujuanya, selama ini baik untuk kamu dan si kucing tak masalah untuk terus di lakukan setiap harinya.

Oh iya cara ini juga dapat kamu lakukan untuk menjinakkan anak kucing yang kamu pelihara. Cara ini juga saya nilai merupakan cara terefektif untuk menjinakkan anak kucing dan kucing dewasa.


5. Memandikan Kucing

Kucing memang adalah salah satu dari beberapa hewan yang amat sangat membenci air. Ia akan meronta kemudian kabur sewaktu ia tahu akan di mandikan. Meskipun kucing membenci air namun mau tak mau kita mesti memaksa ia mandi.

Kita terpaksa melakukannya untuk menghilangkan mikroorganisme pengganggu sekaligus penyebab gangguan kesehatan dari bulu-bulunya. Meskipun kucing tak suka di mandikan namun sesaat setelah ia mandi ia akan merasa tubuhnya ringan dan lebih enak.

Ini tentunya akan membuat kucing senang dan lebih menyukai kita dan membuat kita lebih gampang untuk menjinakkannya.

Kapankah masa kawin kucing setelah ia melahirkan. Untuk mengetahuinya kamu bisa membacanya dengan mengklik  di sini.

 

6. Memperhatikan Kesehatan Kucing

Yang terakhir yang kamu perlu perhatikan adalah kesehatan kucing. Sebab jika kucing yang kamu hendak buat jinak tiba-tiba jatuh sakit karena kamu abai dengan kondisi kesehatannya maka seluruh usaha yang kamu lakukan selama ini akan menjadi sia-sia. 

Sewaktu kamu merasakan bahwa ada yang tak beres dengan kucing kamu seperti kucing menjadi pendiam, sering tidur dan tak mau makan maka sebaiknya bawa segera ke dokter hewan. Sebab ciri-ciri tersebut merupakan pertanda bahwa kucing kamu sedang mengalami masalah kesehatan.


Apakah Cara Di Atas Bisa Membuat Kucing Menjadi Jinak Pada Kita ?

Tentu saja 6 cara di atas pasti berhasil. Tapi tentu saja cara di atas tak akan bisa langsung instan membuat kucing kamu jinak dalam hanya waktu sehari saja. Di butuhkan waktu minimal 2 minggu, 4 minggu bahkan maksimal sebulan agar cara di atas berhasil.

Selain sabar, cara di atas pun wajib kita lakukan secara rutin agar tampak hasilnya. Berdasarkan pengalaman anggora di butuhkan setidaknya 1 hingga 2 bulan sampai anak kucing menjadi jinak dan penurut pada kita.

Wah. ternyata banyak juga hal yang perlu kita lakukan supaya kucing bisa dengan mudah kita jinakkan. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikannya juga ke kerabat, cat lovers dan sosial media kamu.

 

Tags : cara menjinakkan anak kucing, cara merawat anak kucing, cara menjinakkan anak kucing liar, cara menjinakkan anak kucing galak, cara menjinakan anak kucing kecil, cara menjinakkan anak kucing yang takut

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url