close

Apa Yang Terjadi Jika Kucing Makan Cicak ? Ini Penjelasannya

Apa Yang Terjadi Jika Kucing Makan Cicak | Kucing merupakan hewan peliharan yang hobi berburu hewan kecil di sekitarnya. Mau itu cicak, kadal, jangkrik, kecoa, tikus dan hewan sejenisnya tak akan lepas dari sergapan hewan lucu ini.

 

Apa Yang Terjadi Jika Kucing Makan Cicak
Ilustrasi Apa Yang Terjadi Jika Kucing Makan Cicak reptilesmagazine.com

 

Karena saat kucing melihat hewan kecil untuk dimangsa, ia segera akan berlari mengejarnya. Ia akan mengejarnya hingga ia mendapatkannya. Ketika kucing berhasil menangkapnya, kucing akan menjadikannya sebagai mainan.

Bahkan sering kali hewan malang tersebut akan di jadikan makanan cemilan untuk sekedar menunda lapar sebelum sang pemilik memberikan makanan utama. Salah satu hewan yang sering di buru kucing adalah cicak.

Hewan melata yang satu ini sering kali kita temukan hinggap pada dinding di dalam ataupun di luar rumah. Saat kucing berhasil menangkap cicak kemudian memakannya, yang jadi pertanyaan apakah yang terjadi jika kucing makan cicak ?

Mari cari tahu jawabannya dengan menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.


Apa Yang Terjadi Jika Kucing Makan Cicak ?

Sewaktu kita memergoki kucing tengah makan cicak, beberapa di antara kita mungkin ada yang membiarkan kucing memakannya sampai habis ada juga yang membuang sisa tubuh cicak menjauh dari kucing. Kemudian dalam hati bertanya "apa yang terjadi bila kucing makan cicak" ?

Beberapa hal yang kemungkinan terjadi pada kucing seusai makan cicak berdasarkan pengalaman saya adalah seperti berikut ini :

1. Kucing Tak Kenapa-napa

Setelah selesai memakan cicak, banyak kucing yang tak kenapa-napa alias tetap sehat. Ini di sebabkan sistem daya tahan tubuh kucing yang memakan cicak kuat atau bisa jadi cicak yang di makan kucing adalah jenis cicak yang tak berbahaya.

Maksud jenis cicak yang tak berbahaya di sini adalah cicak yang sedang tak terjangkit parasit, bakteri maupun virus yang berbahaya. Sehingga saat kucing memakannya, tak ada pengaruh negatif yang di timbulkan pada tubuh kucing.

Meskipun kucing terlihat baik-baik saja sesudah memakan cicak namun beberapa hari setelah kucing memakan cicak sebaiknya tetap pantau kondisi kucing untuk lebih menjamin kesehatannya.

Bukan cuma cicak, ternyata kucing pun suka memburu kecoa yang di jumpainya. Lihat bahaya kucing makan kecoa dengan mengklik di sini

 

2. Kucing Sakit Perut

Hal kedua yang terjadi ketika kucing makan cicak adalah kucing mengalami sakit perut dan diare. Ini di sebabkan oleh bakteri E. Coli yang di bawa oleh cicak pada tubuhnya. Biasanya cicak tak menghasilkan bakteri ini.

Namun ia bisa menjadi pembawa bakteri ini ketika ia menyentuh kotoran hewan lain dengan tubuhnya. Itulah sebabnya mengapa saat kucing makan cicak yang telah terkontaminasi bakteri E. Coli ia bisa mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan seperti diare.

Tak hanya E. Coli, dalam cicak ternyata juga terdapat bakteri salmonella. Bakteri ini bisa menyebabkan gangguan gastoenteritis pada kucing yang memakannya. Gejala umum dari gangguan ini adalah :

  • Diare

  • Demam

  • Darah di feses

  • Mual

  • Muntah

  • Panas dingin

Kucing makan jangkrik bahaya gak sih ? Cari tahu jawabannya di sini.


3. Kucing Cacingan

Bukan hal yang asing lagi bagi kita bahwa kucing yang makan-makanan mentah akan terkena cacingan. Ini karena dalam tubuh hewan yang di makan mentah-mentah terdapat parasit yang dapat menyebabkan cacing bila tak di makan dalam keadaan matang.

Saat kucing yang memakan cicak menderita cacingan, ciri yang umum tampak pada tubuh kucing tersebut adalah fisiknya semakin kurus tetapi perut semakin buncit, nafsu makan kuat dan tak pernah kenyang saat di beri makan. 

Ciri lainnya yakni ada cacing yang keluar bersamaan dengan kotoran kucing. Cacing yang keluar dan menumpuk bersamaan kotoran kucing biasanya memiliki warna putih. Ada banyak jenis cacing yang mungkin menyerang kucing di saat mereka cacingan. Berapa di antaranya adalah : 

  • Cacing pita

  • Cacing gelang

  • Cacing tambang

  • Cacing Cambuk

 

Untuk mengatasi kucing cacingan kamu bisa menggunakan obat cacing khusus kucing, drontal ataupun combantrin cair untuk anak-anak. Cara memberikan obat cacing ke kucing dengan mudah dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.


4. Kucing Keracunan

Yang ke empat yang terjadi ke kucing adalah kucing mengalami keracunan. Hal ini bisa terjadi akibat dalam tubuh cicak ada bakteri atau parasit tertentu. Kucing keracunan bisa juga di sebabkan dari cicak itu sendiri.

Cicak yang telah memakan atau meminum racun cicak atau jenis racun lainnya secara sengaja maupun tak sengaja bisa memberikan dampak keracunan bagi kucing yang hanya menggigit tubuhnya ataupun memakan sedikit bagian tubuhnya.

Memangnya ada racun khusus cicak ? Tentu saja ada dan produk racun khusus cicak ini banyak di jual di pasaran dan toko online loh. Kita saja yang mungkin tak tahu karena tak pernah kepikiran untuk meracun cicak sebab kita merasa hewan yang satu ini tak berbahaya atau sangat mengganggu seperti tikus atau hama sejenisnya.

Ciri umum kucing yang terkena racun adalah sebagai berikut :

  • Mulut berbusa atau banyak air liur keluar dari mulut seperti busa

 

Ciri ini hampir serupa dengan kucing yang keracunan racun tikus. Jika kamu penasaran dengan ciri kucing kena racun tikus. Cirinya dapat kamu lihat di sini.

 

5. Kucing Terinfeksi Penyakit Tertentu

Kucing yang memakan cicak yang terjangkit bakteri ataupun parasit tertentu bisa menyebabkan kucing akan akan terinfeksi penyakit tertentu. Berikut ini beberapa ciri dari kucing yang mengalami infeksi penyakit tertentu :

  • Tubuh kucing nampak lemas

  • Hilangnya nafsu makan.

  • Mengalami sakit perut

  • Gatal pada sebagian atau seluruh tubuh kucing

  • Muntah-muntah

  • Perubahan perilaku dari aktif menjadi pendiam

  • Lebih sering tidur

Selain suka memakan cicak, kucing pun suka makan kadal. Bolehkah kucing makan kadal ? Simak jawabannya dengan mengklik di sini

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Sakit Karena Makan Cicak ?

Cara termudah dan paling efektif untuk mengobati kucing yang mengalami sakit sesudah makan cicak adalah dengan membawanya sesegera mungkin ke dokter hewan. Tindakan ini tentunya akan mengeluarkan sedikit biaya.

Tapi ini justru lebih baik di bandingkan kucing kita sakitnya menjadi parah kemudian mati akibat kita berusaha mengobatinya sendiri padahal kita tak tahu apakah penyebab pasti kucing mengalami sakit. Kadangkala kucing sakit bukan karena ia baru memakan cicak.

Bisa saja kucing sakit karena tertabrak kendaraan bermotor, kecelakaan, menderita panleukopeniacalici, pilek, cacingan dan sebagainya. Bagi kasus kucing keracunan, kamu dapat memberikan air kelapa sebagai pertolongan pertama sebelum membawa kucing ke dokter hewan.

Cara menggunakan air kelapa sebagai obat penawar keracunan ringan bisa kamu lihat di sini.

 

Mungkin itu saja penjelasan mengenai apa yang terjadi jika kucing makan cicak. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang kamu inginkan, menambah wawasan kamu serta bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url