close

5 Alasan Kenapa Kucing Selalu Menyembunyikan Kotorannya Dalam Pasir

Kenapa Kucing Selalu Menyembu nyikan Kotorannya Dalam Pasir | Masyarakat indonesia kebanyakan menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan di rumah. Sikapnya yang ramah, tingkahnya yang lucu dan wajah menggemaskan membuat banyak orang menjatuhkan pilihannya untuk menjadikan hewan karnivora mini ini sebagai hewan peliharaan dirumah.

 

Kenapa Kucing Selalu Menyembunyikan Kotorannya Dalam Pasir
Kenapa Kucing Selalu Menyembunyikan Kotorannya Dalam Pasir

 

Selain terkenal dengan 3 perilaku di atas, kucing pun punya salah satu prilaku unik lainnya. Yakni menanam atau menyembunyikan kotorannya di dalam pasir serta tanah. Melihat salah satu prilaku uniknya ini kita mungkin bertanya kenapa gerangan kucing hobi menyembunyikan pupnya di dalam tanah ?

Dan kadangkala prilaku ini pun di jadikan bahan pertanyaan atau quiz oleh guru biologi di sekolah sd,smp bahkan di sma juga. Untuk menjawab pertanyaan ini Anggora akan memberikan jawaban sekaligus alasan mengapa kucing selalu mengubur kotorannya di dalam pasir ?


Alasan Kucing Selalu Menyembunyikan Kotorannya Dalam Pasir

Sebenarnya kucing punya alasan sendiri kenapa ia selalu menyembunyikan dan menanam kotorannya dalam pasir. Alasan tersebut antara lain :


1. Menghindari Musuh Alami

Sebagian dari kita mungkin tak menyangka bahwa tindakan remeh kucing yang hanya menguburkan pupnya ke dalam tanah ternyata bertujuan menghindari ia menarik musuh atau predator pemangsa kucing. Insting liar kucing percaya bahwa dengan menyembunyikan kotorannya, ia bisa lebih aman karena sang pemangsa tak tahu di mana ia berada.

Serta dengan itu tak ada petunjuk bagi pemangsa untuk menghantarkannya ke tempat si kucing. Kucing juga jadi lebih bisa melindungi diri mereka sendiri ataupun anak-anak mereka dari berbagai jenis ancaman yang tak mereka inginkan. Ini menyebabkan mereka bisa berumur panjang dan tak mati muda.

Kucing liar mati dirumah ? Ini 4 mitos yang benar. Lihat dengan mengklik di sini.


2. Sinyal Sosial

Dalam kotoran kucing terdapat sebuah bau unik yang hanya bisa di kenali oleh kucing. Bau ini dinamakan feromon dan di gunakan kucing untuk mengirimkan sinyal sosial dan reproduksi pada kucing lainnya. Bau ini hanya bisa di bedakan oleh kucing. Sosial signal itu bisa berupa tanda bahwa wilayah tersebut adalah wilayah kekuasaan kucing A ataupun pertanda lainnya.

Mungkin bagi kita hal ini terbilang aneh namun bagi kucing ini adalah hal yang biasa dan sangat di perlukan dalam bertahan hidup dan berkembang biak bila kucing hidup di luar ( kucing liar ).

Tahu gak sih gimana cara berkembang biak kucing ? Cara berkembang biak kucing bisa kamu baca dengan mengklik di sini.


3. Agar Tempat Yang Ia Tinggali Tak Bau

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing adalah hewan yang suka bersih-bersih diri. Inilah kenapa kucing ini dalam agama tertentu seperti islam di anggap sebagai hewan yang bersih dari kotoran alias suci. Walaupun kucing merupakan hewan, namun dalam naluri alaminya, kucing tak ingin sarang atau tempat ia tinggal berbau busuk.

Alasannya sederhana sih, karena naluri alami kucing adalah menjaga kebersihan diri dan tempat tinggalnya serta agar penciumannya yang tajam tak terganggu.

Rumah di datangi kucing kenapa sih ? Baca penyebabnya dengan mengklik di sini.


4. Menghilangkan Bau

Selain untuk menghilangkan bau agar tidak menarik predator dan pemangsanya, juga agar tidak membuat tempat tinggalnya bau. Kucing melakukan ini untuk menghilangkan bau busuk. Seperti di jelaskan di atas bahwa kucing adalah hewan yang suka kebersihan. Kucing senang sekali membersihkan dirinya agar tubuhnya tak bau dan bersih.

Hal ini berlaku juga dengan hal yang ia keluarkan dari tubuhnya. Untuk kucing rumahan, mengubur kotoran dan kencing dalam pasir bertujuan untuk menghilangkan bau yang bisa mengganggu penciuman kucing.

Bau tak sedap keluar dari tubuh kucing ? Ketahui 8 alasannya dengan mengklik di sini.


5. Kebiasaan Alami

Coba perhatikan anak kucing yang terlahir dari induk kucing rumahan. Mereka juga akan melakukan kebiasaan menanam kotorannya ke dalam pasir dalam litter box, padahal sebenarnya ini tak di butuhkan karena saat ini mereka tinggal di tempat yang aman dan jauh dari predator atau pemangsa mereka.

Lalu apa alasannya mereka tetap melakukan hal ini ? Karena ini mereka lakukan dengan meniru apa yang di lakukan induk mereka. Akibatnya kebiasaan ini menjadi kebiasaan turunan atau kebiasaan alami yang tetap ada pada kucing walaupun kucing tersebut berada di lingkungan yang super aman ( tinggal di dalam rumah manusia atau di kandang ).

Pertanda di kencingi kucing apa sih ? simak 6 arti di kencingi kucing dengan mengklik di sini.


Mungkin itu saja pembahasan singkat mengenai kenapa kucing selalu berusaha menyembunyikan kotoran dan urinnya dalam pasir dan tanah. Semoga artikel ini mampu menjawab pertanyaan sekaligus rasa penasaran kamu.Jangan lupa untuk membagikannya juga ke kerabat, pecinta kucing lainya dan sosial media kamu ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url