close

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Hanya Minum Saja

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Hanya Minum Saja | Kucing yang sehat dan ceria adalah sesuatu hal wajar bagi orang biasa. Tetapi bagi pecinta kucing hal ini ialah sesuatu yang menyenangkan hati. Bagaimana tidak, jikalau kucing sakit tak mau makan tentulah membuat sang majikan merasa sedih dan terasa sakit juga di hati.

 

cara-mengatasi-kucing-tidak-mau-makan-hanya-minum-saja
Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Hanya Minum Saja

 

Tak hanya itu saja, kucing sakit juga membuat kita harus memberikan perhatian lebih, melakukan perawatan ekstra dan pengawasan ketat pada si kucing. Semua itu akan kita laksanakan demi agar kucing yang tak mau makan dan sakit segera sembuh.

Lalu bagaimana jika kucing kita tak mau makan dan hanya minum saja dan bagaimanakah cara mengatasi dan mengobatinya ? Simak penjelasan selengkapnya di sini.


Pernahkah Kucing Kamu Gak Mau Makan Dan Cuma Minum Saja ?

Pastinya pernah bukan. Anggora sendiri sering mendapati kucing saya tak mau makan whiskas atau makanan lainnya dan kerjaannya hanya minum saja. Ini sering terjadi di kalangan para cat lovers. Kita pastinya akan mendapati anak kucing, kucing dewasa, kucing hamil ataupun kucing kita yang sudah tua dalam kondisi yang satu ini.

 

Apa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Dan Cuma Minum Saja ?

Banyak sih yang menjadi penyebab kenapa kucing tidak mau makan dan minum terus-terusan. Penyebab yang paling umum biasanya sakit dan sakitnya itu cenderung di bagian mulut atau tenggorokan. Rasa sakit di mulut biasanya karena sariawan, adanya duri atau tulang yang tertancap di gusi, gigi ataupun melukai lidah dan tenggorokan.

Atau mungkin adanya peradangan di tenggorokan kucing dan mulutnya akibat serangan virus ataupun bakteri. Namun kucing tak mau makan dan cuma minum aja bukan berarti kucing hanya sakit saja. Ada beberapa penyebab lain kucing hanya minum terus-terusan.

Untuk kucing hamil terkadang kucing juga hanya minum saja hal ini terjadi pada masa-masa tertentu. Kucing yang melahirkan juga tak akan mau makan sebab ia telah memakan ari-arinya atau anaknya yang terlahir cacat. Kucing yang suka keluyuran juga bisa jadi tak mau makan dan pulang cuma numpang minum saja.

Mungkin di luaran sana ia telah makan makanan sisa atau memangsa hewan seperti kadal, cicak, anak ayam, tikus dan lainnya yang membuat ia kenyang. Untuk memastikan kucing gak mau makan karena sakit atau bukan, kamu bisa cek mulutnya apakah luka atau tidak, lihat apakah kucing sering tidur, lebih pendiam dan lihat apakah kucing lemas.


Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Hanya Mau Minum Saja, Tak Mau Makan ?

Nah untuk mengatasi kondisi ini kamu bisa mengikuti beberapa cara-cara di bawah ini :


Berikan Obat Radang Dan Sariawan Khusus Kucing

Langkah pertama yakni agar kucing kembali mau makan kamu bisa memberikan kucing obat radang dan sariawan khusus kucing untuk mengobati rasa sakit di mulut dan tenggorokannya. Untuk obat ini sendiri bisa kamu temukan di petshop atau kamu bisa memesannya secara online di toko online. Harganya murah kok cuma sekitar 25 ribuan ke atas untuk pasaran harga obat ini.


Ganti Makanan Kucing Dengan Makanan Basah

Langkah kedua agar kucing kembali mau makan dengan mengganti jenis makanan. Biasanya kucing akan malas makan karena makanan yang di sajikan adalah makanan yang sakit saat menyentuh mulut dan tenggorokannya. Gantilah makanan tersebut dengan makanan jenis wet food atau makanan basah untuk memudahkan kucingmu memakan makanannya.

Atau jika kamu kurang dana maka kamu bisa menggunakan ikan atau daging yang dihaluskan dan diencerkan dengan air sebagai makanan kucing. Biasanya setelah penggantian makanan, kucing akan mulai mau makan, makanan yang kamu sajikan padanya.

 

Berikan Susu Beruang Atau Air Kelapa Muda

Langkah ketiga agar kucing mau makan lagi yakni memberikan susu beruang atau kelapa muda tiap 2 jam sekali. Susu beruang ataupun air kelapa sangat baik di berikan pada kucing yang sedang sakit. Selain dapat mengobati keracunan, kedua jenis minuman ini di nilai mampu menambah tenaga dan stamina kucing. Juga berfungsi sebagai nutrisi tambahan bagi kucing yang sedang sakit.


Berikan Kucing Vitamin

Langkah ketiga agar kucing mau makan yakni memberi vitamin. Pemberian vitamin bagi kucing bertujuan untuk membantu kucing agar tetap kuat melawan penyakitnya dan untuk memenuhi nutrisi yang tidak dia dapatkan karena kurangnya makanan yang masuk ke dalam tubuh kucing.

Berikan vitamin khusus kucing dengan mengikuti anjuran yang tertera pada label kemasan obat vitamin.


Berikan Kucing Minuman Yang Telah Di Masak

Langkah ke lima agar kucing mau makan dengan memberi minum air matang. Walaupun air liur kucing memiliki zat anti bakteri namun sebaiknya tetap memberikan kucing air minum yang telah di masak. Karena air yang mentah di dalamnya bisa terkandung bakteri ataupun parasit yang memungkinkan memperparah kondisi luka mulut ataupun peradangan yang d alami kucing.


Periksa Mulut Kucing

Langkah ke enam yakni memeriksa mulut kucing. Periksa baik-baik di bagian gusi, sela-sela gigi ataupun rogga atas mulut. Lihatlah apakah di dalam mulut kucing ada tulang ataukah duri yang tersangkut. Jika ada segera cabut dengan perlahan menggunakan pinset. 

Bila kamu kesulitan mencabutnya, kamu bisa membawanya ke dokter hewan terdekat. Biayanya murah  kok suma sekitar 50 ribuan kalau tak termasuk obat sih hehehe.


Ke Dokter Hewan

Langkah terakhir jika kucing kamu tak kunjung sembuh setelah melakukan beberapa cara di atas adalah dengan membawanya ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi kucing, memberikan obat yang tepat dan mengajarkan bagaimana cara yang tepat merawat kucing kamu yang sedang sakit.


Apa Yang Dilakukan Setelah Kucing Mau Makan Kembali ?

Setelah kucing kita sembuh, pastikan untuk terus memantau kondisinya. Lihatlah apa kucing hanya mau makan sehari saja ataukah mau terus makan setiap harinya. Jika obat masih tersisa maka lanjutkan pemberian obat sampai obat habis. Jangan menghentikan konsumsi obat walaupun kondisi kucing sudah membaik.

Lakukan juga pemeriksaan ke dokter setelah kucing sembuh untuk lebih memastikan bahwa penyakit kucing sudah benar-benar hilang.


Mungkin itu saja mengenai cara mengatasi kucing tidak mau makan dan hanya minum saja. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share ke kerabat atau ke sosial media kamu. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url