close

Kucing Anjing Dan Harimau Memiliki Kesamaan Antara Lain Struktur Gigi Dan Jenis Makanannya

Kucing Anjing Dan Harimau Memiliki Kesamaan Antara Lain Struktur Gigi Dan Jenis Makanannya | Kucing, anjing dan harimau memiliki banyak sekali kesamaan baik itu dari jumlah kaki, bentuk tubuh, struktur gigi dan jenis makanannya. Tahukah kamu bahwa ke tiga jenis hewan ini di kelompokkan dalam satu ordo yang sama ? Tahukah kamu ordo apa itu ?

 

Kucing Anjing Dan Harimau Memiliki Kesamaan Antara Lain Struktur Gigi Dan Jenis Makanannya

Nah jika kamu belum tahu kucing, anjing dan harimau di kategorikan dalam ordo apa karena kesaaman struktur gigi dan jenis makanannya maka kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk menjawab rasa ingin tahu dan jawaban atas segala pertanyaanmu.

Kucing Anjing Dan Harimau Memiliki Kesamaan Antara Lain Struktur Gigi Dan Jenis Makanannya

Seperti yang kita ketahui bahwa sistem klasifikasi makhluk hidup terbagi atas beberapa kelompok yang di bagi atas beberapa tingkat. Berikut ini pembagian dari tingkatan paling tinggi dan umum :

  1. Regnum/Kingdom (Kerajaan)

  2. Divisio (Divisi) pada tanaman, Phylum (Filum) pada hewan

  3. Classis (Kelas)

  4. Ordo (Bangsa)

  5. Familia (Suku)

  6. Genus (Marga)

  7. Species (Jenis)

Semakin ke atas maka penggolongannya akan menjadi semakin umum dan sebaliknya semakin bawah maka semakin khusus dan spesifik penggolongannya. Dalam klasifikasi makhluk hidup, peneliti akan membagi kelompok atas kesamaan sifat dan kemiripan satu hewan dengan hewan lain yang ada di dunia ini.

Lalu yang menjadi pertanyaan kucing anjing dan harimau termasuk ke dalam ordo manakah ? Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita melihat kesaman yang paling tampak dari ke 3 hewan ini lalu mengambil kesimpulan setelah melihat kesamaan dan ciri fisik kucing, anjing dan harimau.


Beberapa Kesamaan Kucing Anjing Dan Harimau

Berikut ini beberapa kesamaan kucing, anjing dan harimau :

Bentuk Fisik

Kucing, anjing dan harimau memiliki kesamaan dalam bentuk fisik. Ke tiga hewan ini termasuk golongan hewan yang berkaki empat. Dua kaki belakangnya memiliki ukuran yang lebih panjang daripada kedua kaki depannya. Kedua kaki belakang memiliki fungsi untuk menambah kecepatan saat hewan berlari dan kedua kaki depannya bisa di gunakan untuk mencengkram mangsa-mangsanya.


Memiliki Cakar Dan Taring

Kesamaan selanjutnya dari kucing, anjing dan harimau adalah sama-sama memiliki cakar dan taring. Cakar biasa mereka gunakan untuk mencengkram mangsanya sementara taringnya akan mereka gunakan untuk mengoyak dan memakan tubuh mangsanya. Semakin ke sini kamu semakin mendapatkan gambaran mengenai ke 3 hewan ini termasuk ordo apa.


Jenis Makanan

Kesamaan yang terakhir dari kucing, anjing dan harimau adalah kesamaan jenis makanan mereka yakni sama-sama pemakan daging. Lah kok begitu ? bukannya kucing ataupun anjing bisa memakan sesuatu selain daging. Pernyataan yang barusan memang benar bahwa kucing dan anjing bisa memakan makanan selain daging.

Tetapi hal tersebut hanyalah sebagai selingan bagi mereka, makanan utama mereka tetaplah daging. Makanan ini di sesuaikan dengan bentuk gigi mereka yang tajam dan kuat. Alasan lain yang memperkuat bahwa kucing dan anjing ialah hewan pemakan daging yakni kedua hewan tersebut harus memperoleh protein dari hewan ( protein hewani ) dan bukan protein sayur-sayuran ( protein nabati ).

Karena jikalau mereka terus mengkosumsi protein nabati dikhawatirkan kedua hewan ini akan menderita penyakit seperti hipertiroid yakni penyakit kelainan kelenjar pertumbuhan. Kini kamu tahukan bahwa hewan kucing, anjing dan harimau termasuk hewan ordo apa ?


Cara Berkembang Biak

Selain ketiga ke samaan di atas, ke tiga hewan ini juga memiliki kesamaan dalam cara berkembang biak yakni jenis hewan vivivar. Hewan vivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan mengandung, melahirkan dan menyusui. Ketiga hewan ini akan mengandung selama beberapa bulan, untuk kucing biasanya 2 bulanan.

Selanjutnya mereka akan melahirkan anak-anak mereka dan menyusuinya hingga sang anak di anggap telah dewasa oleh sang induk.  Sama seperti manusia, saat hendak berkembang biak pejantan dan betina akan melakukan perkawinan.


Kucing, Anjing Dan Harimau Berada Di Ordo Yang Sama

Dari penjelasan sebelumnya mengenai kesamaan bentuk fisik, sama-sama memiliki cakar dan taring, dan jenis makanan yang sama maka dapat kita simpulkan bahwa kucing, anjing dan harimau berada dalam ordo yang sama yakni di antara menyusui (mamalia) yaitu Ordo Carnivora.

 

Ordo Carnivora

Mungkin banyak di antara kita yang belum tahu bahwa ordo carnivora juga terdiri atas beberapa kelompok. Ordo Carnivora ini sendiri terbagi menjai beberapa kelompok family yakni :

  • Ailuridae ( panda merah )
  • Canidae ( anjıng, serigala, rubah dan sejenisnya )
  • Felidae ( kucing dan hewan sejenis sperti harimau, cheetah dan singa )
  • Hyaenidae ( hyena )
  • Herpestida ( musang dan sejenisnya )
  • Mustelidae ( cerpelai dan berang-berang )
  • Odobenidae ( walrus )
  • Otariidae ( singa laut, anjıng laut bertelinga, anjıng laut bulu )
  • Phocidae ( anjıng laut tanpa telinga )
  • Procyonidae ( rakun dan sejenisnya )
  • Viverridae ( luwak dan sejenisnya )
  • Ursidae ( beruang )


Kesimpulan

Kucing anjing dan harimau memiliki kesamaan antara lain bentuk tubuh, memiliki cakar dan taring, struktur gigi yang sama dan jenis makanannya. Dari kesamaan tersebut bisa kita simpulkan bahwa kucing, anjing dan harimau ada dalam satu ordo yang sama yakni oro carnivora. Selain itu ke tiga hewan ini juga termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia karena cara berkembang biaknya yakni hamil, melahirkan dan menyusui.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai pembahasan kali ini mengenai kesamaan kucing, anjing dan harimau. semoga bermanfaaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url