close

Kenapa Kucing Jalan Sempoyongan, Berikut Penjelasannya

Kenapa Kucing Jalan Sempoyongan | Pernah tidak kucing kamu tiba-tiba jalannya sempoyongan. Lalu di benakmu kamu pasti bertanya kenapa kucing saya jalan sempoyongan ? Kenapa dia berjalan begitu ? Kok dia jadi begini ya ? Mungkin kamu pernah atau sedang mengalami hal ini.

 

Kenapa Kucing Jalan Sempoyongan,


Saya juga pernah mengalami hal itu saat kucing saya yang tadinya berjalan dengan normal,  ke esokan harinya jalannya menjadi sempoyongan. Setelah saya coba untuk memberinya obat cacing dan porsi makanan sampai ia kenyang beberapa hari kemudian pupnya ada cacing putihnya. Ternyata dugaan saya benar bahwa kucing saya cacingan. 

Kemudian ia kembali jalan dengan normal. Jika kucing saya setelah saya berikan obat cacing tetapi tidak sehat juga dan tetap berjalan sempoyongan dalam 5 hari, kemungkinan dia terkena penyakit sehingga saya harus membawanya ke dokter hewan.


Kenapa Kucing Jalan Sempoyongan Berikut Penyebabnya

Selain cacingan sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan kucing jalan sempoyongan. Umumnya kucing jalan sempoyongan di sebabkan oleh penyakit atau gangguan kesehatan. Kondisi kucing yang jalan sempoyongan tidak boleh di biarkan begitu saja karena bisa menyebabkan resiko berbahaya seperti kelumpuhan dan bahkan kematian. Berikut ini mungkin penyebab kenapa kucing jalan sempoyongan :


1. Cacingan

Kucing yang mengalami cacingan biasanya gemuk hanya di bagian perut saja ( buncit ), perutnya saat di tekan keras tidak lembut, nafsu makan tinggi namun badan bukannya gemuk malah makin kurus, kesulitan buang air besar.

Dalam kasus saya di atas, kucing jalan sempoyongan karena ia merasa tubuhnya kurang berenergi di karenakan seluruh makanan dan nutrisi yang masuk di dalam tubuh di lahap habis oleh cacing. Dalam kasus cacingan yang parah, kucing bisa muntah cacing atau kotorannya berdarah.


2. Cerebellar Hypoplasia

Salah satu penyebab kucing jalan sempoyongan adalah gangguan cerebellar hypoplasia. Gangguan ini mempengaruhi koordinasi tubuh, sistem motorik dan kesadaran spasial kucing. Ciri kucing mengalami gangguan ini adalah kucing bergerak kaku, tersentak, jalannya sempoyongan. Kebanyakan kasus gangguan ini pada kucing merupakan bawaan lahir.

Jadi jika kucing yang mengidap cerebellar hypoplasia biasanya akan terdeteksi saat kucing masih anak-anak. Namun kondisi pada tiap kucing yang menderita cerebellar hypoplasia bisa beebeda berdasarkan tingkatan gangguannya. Kucing dengan gangguan ringan hanya akan mengalami gangguan di kepala dan sempoyongan saat berjalan namun untuk gangguan berat kucing seperti lumpuh dan harus di suapi saat ia makan.

Untuk menghindari gangguan hypoplasia ini kamu hanya bisa melakukan vaksinasi pada kucing karena penyebab gangguan ini adalah virus panleukopenia. Untuk obat sendiri belum di temukan hingga saat ini

 

3. Dehidrasi

Saat kucing mengalami dehidrasi kucing bisa mengakibatkan kucing jalan sempoyongan dan seolah ia akan jatuh. Hal ini di karenakan kucing kehausan dan menjadi lemas, akibatnya kucing akan kekurangan tenaga untuk berjalan.

 

4. Stroke

Stroke bisa menjadi penyebab vascular yakni kurangnya suplai darah ke otak. Gangguan vaskular akan membuat penderitanya mengalami masalah gangguan keseimbangan akibat dari otak tidak berfungsi dengan baik.. Inilah salah satu yang membuat kenapa kucing menjadi jalan sempoyongan.

Jika gangguan ini di biarkan berlarut-larut tidak hanya membuat kucing jalan sempoyongan tetapi dapat menimbulkan efek yang lebih fatal lagi yakni kelumpuhan pada kucing, Salah satu ciri-ciri kucing yang memiliki stroke yakni kepala kucing miring dan terdapat lipatan mata.

 

5. Distemper

Penyakit distemper adalah penyakit ganas, sangat menular dan memiki resiko kematian yang tinggi. Kucing yang mengidap distemper akan mengalami gangguan neurologis yang menyebabkan keseimbangan tubuh kucing buruk. Ini lah salah satu penyebab kenapa kucing jalan sempoyongan.

 

6. Ataksia

Ataksia adalah gangguan pada sistem saraf kucing. Penyebab utamanya adalah gangguan pada otak, sistem koordinasi dan keseimbangan dalam tubuh kucing. Akibatnya, pergerakan tubuh sulit di kendalikan dan membuat kucing akan terlihat seperti  berjalan sempoyongan.

Ciri Kucing Yang Mengalami Ataksia 

  • Kucing tampak lemah.

  • Kepala kucing kerap miring.

  • Kucing melangkah dengan tinggi kaki yang lebih tinggi dari saat ia sehat

  • Tubuh Kucing Tremor.

  • Kucing Jalan Sempoyongan.

  • Bergerak seolah kurang keseimbangan dan agak ceroboh

  • Kucing sering kali muntah.

  • Mata kucing bergerak aneh.

  • Kucing berubah sikap secara tiba tiba

Jika kucing berjalan sempoyongan dan memiliki ciri seperti diatas maka sebaiknya segera ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pengobatan terbaik.


7. IVD ( Idiopathic Vestibular Disease )

IVD juga merupakan satu dari banyak penyebab kucing jalan sempoyongan. IVD merupakan gangguan pada sistem vestibular. Namun sangat sulit sekali membedakan apakah penyebab jalan kucing menjadi sempoyongan akibat IVD ataukah CVD jika kita merupakan orang awam ( bukan dokter ). 

Umumnya gejala IVD di tandai dengan kucing sering muntah-muntah, mata kucing cenderung bergerak ke samping dan kesulitan dalam bergerak. Jika kucing mengalami gangguan IVD, kita jangan terlalu cemas karena gangguan ini memiliki persentase kesembuhan yang tingi dan tak menimbulkan gangguan yang serius jika kamu membawa kucing ke dokter hewan.


8. Keracunan

Kucing yang keracunan akan merasa bahwa tubuhnya sakit dan kucing akan berjalan sempoyongan dan mulut berbusa. Kucing yang masih bisa berjalan sempoyongan atau berjalan seperti kesulitan berjalan biasanya kucing terkena keracunan ringan. Biasanya hal ini bisa di akibatkan kucing sembarangan makan sesuatu di luar rumah.

Entah itu tikus yang sudah terkena racun tikus, tanaman yang di semprot insektisida atau mungkin di racun tetangga dengan makanan beracun karena merasa tidak nyaman dengan kehadiran kucing di rumahnya. Keracunan ringan ini bisa di sembuhkan dengan air kelapa atau bisa dengan segera membawa ke dokter hewan.

Namun untuk kasus keracunan yang berat, kucing juga akan berjalan sempoyongan seperti orang mabuk. Tetapi yang membedakan adalah kucing akan segera mengalami kematian beberapa menit atau beberapa jam setelahnya walaupun kita telah berusaha memberikan pertolongan pertama dengan memberikan air kelapa.

 

9. Encephalitis Atau Ensefalitis Atau Radang Otak

Radang otak pada kucing bisa di sebabkan banyak faktor mulai dari parasit, kekebalan tubuh menurun, virus dan lain sebahagainya. Kucing yang menderita ensefalitis akan berjalan sempoyongan, kadang terjatuh dan demam. 


10. Cedera Kepala

Kucing adalah hewan yang sangat aktif dan suka bermain. Kadang kala saat bermain kepalanya bisa saja terbentur ke tembok atau terhempas ke lantai ketika kucing sedang bermain sendirian atau bermain bersama kucing lainnya. Jika cedera pada kepala parah bisa mengakibatkan kucing jalan sempoyongan dan trauma.

Jika kucing kita mengalami sempoyongan di atas satu jam setelah kepalanya terbentur atau terhempas maka kemungkinan kucing mengalami cedera yang parah. Maka sebagai pemilik lebih baik segera membawanya segera ke dokter hewan terdekat.

 

11. Feline Vestibular Disease ( FVD)

Kucing yang mengalami FVD kerap mengangkat kepalanya dan kebingungan akibat bermasalahnya sistem vestibular di telinga dalamnya. Kucing yang mengami gangguan FVD akan mengalami kesulitan dalam berdiri atau berjalan sehinga terlihat kucing seolah jalan sempoyongan.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Jalan Sempoyongan ?

Untuk cara sederhana mengobati kucing jalan sempoyongan adalah dengan membawanya ke dokter hewan agar segera mendapatkan perawatan yang tepat. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak mau pusing dan sangat sayang kepada kucing peliharaan kamu.

Untuk cara selanjutnya agak sulit sih apalagi jika kita tak ahli di bidang ini. Caranya hanya dengan menemukan sumber penyebab gangguan yang menyebabkan kucing jalan sempoyongan dan memberikan obat yang sesuai. Contohnya jika kucing keracunan maka tinggal di beri obat penawar racun.

Jika ternyata kucing jalan sempoyongan tidak bisa di sembuhkan namun masih bisa hidup tanpa adanya resiko kematian, biasanya pemilik kucing akan membuat kursi roda khusus kucing agar kucing dapat bergerak dan berjalan seperti kucing normal lainnya.

 

Kesimpulan

Kucing jalan sempoyongan bisa di sebabkan banyak hal seperti cacingan, keracunan, gangguan saraf ataupun karena penyakit. Gangguan ini akan menyebabkan kucing seperti lemah dan sempoyongan karena kesulitan berjalan. Jika di biarkan tanpa ada penanganan yang tepat bisa saja kucing kehilangan nyawanya.

Karenanya menurut pengalaman anggora kenali penyebabnya dahulu setelah itu beri obat yang tepat, tetapi jangan asal menebak penyebabnya. Namun bila dalam beberapa hari jika tidak ada perubahan dan kucingtetap berjalan sempoyongan, lebih baik segera membawa ke dokter hewan untuk di obati.

 Demikian artikel kenapa kucing jalan sempoyongan, berikut penjelasannya.Semoga memberi manfaat bagi cat lovers sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url